Cap 232 TWM 35-50CC

Moderator: DIMAS

User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Cap 232 TWM 35-50CC

Post by farhanalfarisi »

Permisi Semua ,Kebetulan Saya ada ARF Cap 232 TWM Pesawat Gasser pertama Saya . dan alangkah baiknya bertanya sebelum terbang /maiden yang antah berantah kapan waktunya karena dana buat beli engine yang Sekarat. :shy

Kalau Udah Jadi Kayak Gini
Image

Canopy,Pilot Figure
Image

Pilot Figure (Enak banget pilotnya nerbangin pesawat sambil Baca Buku)
Image

Spek:
Wing Span : 73.0 in / 2005 mm (Kurang Lebihnya)
Wing Area : 964 sq in / 62.2 sq dm
Flying Weight : 11 lbs / 5000 Gr
Fuselage Length : 66.5 in / 1700 mm (Kurang Lebihnya)
Engine Required : 2C 1.80 cu in
Radio Required : 4 Channels, 5/6 servos


Berhubung belum beli Engine ,mau tanya : :hl

1.Lebih Aman Pakai Gasoline atau Nitro Engine ?

2.Memangnya Kalau Pakai engine Gasoline ,suka ada gangguan internal dll ?

3.Karena dana untuk beli engine Sekarat , Mau Coba Pake Yang gasoline 40/43 CC saja . Over Power ngga Ya?

4.Kembali ke point 4 , Beli enginenya Yang Merk SPE Gasoline Engine 40 cc ,kira menurut Suhu tentang Engine Product China Ini bagaimana ? , Spek Engine SPE 40CC:
Capacity:40cc
Configuration:2C single cylinder si cooled
Carburetor:Walbro pump
Ignition:CDI ignition
Power supply:4.8-6V
Weight:1460g including ignition and muffler/50.71oz!!! (G-26 is 59oz)
Maximum output:2.5KW/3.4BHP
Maximun RPM:9000
Idle RPM:1300
PETROL/GASOLINE:Unleaded 2 stroke 30:1-50:1
OIL:2stroke(synthetic is recommended)
MIX:1:30 to 1:50
Recommended oil: 2C racing oil and mix 1:50
Prop selection:18*10-22*6
Static thrust:20*8 prop>9kg

5.Karakteristik terbangnya ? berhubung setengah mati jual-jualin pesawat buat beli pesawat yang 1 ini :pyg

Atau ada rekan-rekan gaero yang punya engine Gasoline 30-50 Cc ngga pake tapi layak pake ,bisa PM :htg (Salah ngga Pak admin? , Harus di Kamar WTB Ya?)


Sekian

Terimakasih
Salam..... :thx
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by toto »

om farhan, saya coba berbagi rasa kaya gini nih :

1. pesawat nya gesit
2. kalau spek asli nya disarankan pakai engine glow 1.80cu maka secara volume setara dengan engine gasoline 30cc tapi thrust yg dihasilkan bisa jadi lebih kecil banding yg glow

nah kalau rencana dipasang engine gasoline 40cc ada kemungkinan thrust yg dihasilkan akan sama dgn engine glow 1.80cu, tapi masalahnya engine nya lebih besar jadinya lebih berat maka apabila di paksakan dengan engine 40cc maka maksimum AUW bisa jadi akan terlampaui buntut nya pesawat tidak enak lagi untuk diterbangkannya karena prinsipnya kan bagaimana mengejar agar si pesawat menjadi seringan mungkin

saran saya kalau mau pakai gasoline cukup pakai engine yg 30cc tapi kalau pengen power nya gede ya pakai glow yg 1.80cu itu dengan catatan jangan kaget kalau minum fuelnya kaya orang abis main bola aja nah untuk menekan pengeluaran maka kasih minum methanol tanpa nitro tapi kan tenaganya akan merosot kira2 akan sama dengan kalau pakai engine gasoline 30cc

nah silahkan dipertimbangkan kembali atau untuk lebih enaknya entar kita ngobrol di lapangan ya om supaya entar enggak nyesel di kemudian hari



salam
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by farhanalfarisi »

toto wrote:om farhan, saya coba berbagi rasa kaya gini nih :

1. pesawat nya gesit
2. kalau spek asli nya disarankan pakai engine glow 1.80cu maka secara volume setara dengan engine gasoline 30cc tapi thrust yg dihasilkan bisa jadi lebih kecil banding yg glow

nah kalau rencana dipasang engine gasoline 40cc ada kemungkinan thrust yg dihasilkan akan sama dgn engine glow 1.80cu, tapi masalahnya engine nya lebih besar jadinya lebih berat maka apabila di paksakan dengan engine 40cc maka maksimum AUW bisa jadi akan terlampaui buntut nya pesawat tidak enak lagi untuk diterbangkannya karena prinsipnya kan bagaimana mengejar agar si pesawat menjadi seringan mungkin

saran saya kalau mau pakai gasoline cukup pakai engine yg 30cc tapi kalau pengen power nya gede ya pakai glow yg 1.80cu itu dengan catatan jangan kaget kalau minum fuelnya kaya orang abis main bola aja nah untuk menekan pengeluaran maka kasih minum methanol tanpa nitro tapi kan tenaganya akan merosot kira2 akan sama dengan kalau pakai engine gasoline 30cc

nah silahkan dipertimbangkan kembali atau untuk lebih enaknya entar kita ngobrol di lapangan ya om supaya entar enggak nyesel di kemudian hari



salam


''supaya entar enggak nyesel di kemudian hari'' Setuju Pak :thx

Sepertinya ya pak dhe, Kalau pake gasoline yg 40 CC tentu Lebih berat enginennya , kalau saya lihat dispeknya Pak, engine SPE 40CC itu "-Displacement: 2.5 ci (40cc)" . Apa itu menjamin kalau engine 40 ccnya thrustnya kyk engine 2,5 ci ?. Terus juga Pak diSpeknya "Static thrust:20*8 prop>9kg" ,itu maksudnya Thrust si engine 40 CCnya 9 kgan pak?

Makasih Sebelumnya Pak Dhe
Maaf banyak Nanya ,takut nyesel dikemudian hari :thx :thx :pis
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by farhanalfarisi »

Tambahan Pertanyaan: :shy
6.Untuk Glow Pada mesin gasoline itu ada ukuran/tipe juga ya ? Kalau ada ,apa saja ?
7.CDI Engine gasoline bisa dipake dimana aja ? dalam artian engine yang beda merk/tipe/ukuran?

Terimakasih :thx :thx
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by toto »

spark plug engine glow berbeda dengan engine gasoline demikian pula CDI untuk engine gasoline CC kecil dan besar juga berbeda jadi bukan karena merk nya



salam
User avatar
fadliray
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 759
Joined: 09 Jun 2011, 20:22
Location: CIKEAS-CIBEUREUM / PP

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by fadliray »

farhanalfarisi wrote:Tambahan Pertanyaan: :shy
6.Untuk Glow Pada mesin gasoline itu ada ukuran/tipe juga ya ? Kalau ada ,apa saja ?
7.CDI Engine gasoline bisa dipake dimana aja ? dalam artian engine yang beda merk/tipe/ukuran?

Terimakasih


:plk :plk mangstab om farhan sdh naik kelas,sy aja msh..... :pyg
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by farhanalfarisi »

toto wrote:spark plug engine glow berbeda dengan engine gasoline demikian pula CDI untuk engine gasoline CC kecil dan besar juga berbeda jadi bukan karena merk nya



salam

Maksunya Glow pada engine gasoline ada ukuran/tipenya juga pak dhe ? kyk Glow OS kan ada NO.8,dll
Matur nuwun :thx
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by farhanalfarisi »

fadliray wrote:
farhanalfarisi wrote:Tambahan Pertanyaan: :shy
6.Untuk Glow Pada mesin gasoline itu ada ukuran/tipe juga ya ? Kalau ada ,apa saja ?
7.CDI Engine gasoline bisa dipake dimana aja ? dalam artian engine yang beda merk/tipe/ukuran?

Terimakasih


:plk mangstab om farhan sdh naik kelas,sy aja msh..... :pyg


Masih yg standart aja om ,ga kuat :htg buat anak sekolahan :pyg
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by fidaero94 »

mantap om farhan armadanya...
:plk :plk :plk
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cap 232 TWM 35-50CC

Post by farhanalfarisi »

fidaero94 wrote:mantap om farhan armadanya...
:plk :plk :plk


:pis masih yang standart aja om ,body seken ,servo standart , engine Made in china ... :htg
Post Reply