THR dan PIT Curve

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Iya bener soalnya pada heli CCPM diperlukan travel servo untuk membentuk pitch yang kita inginkan kalo ini saya rasa tidak berpengaruh terhadap respon cyclic heli tapi pengaruhnya pada ketinggian heli
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

Setelah sedikit utak-atik akhirnya SE bisa terbang normal seperti XL (mungkin utk ukuran SE masih belum maksimal, krn kata orang SE itu kalo disetting dg benar, lebih mantap dari Raptor50), .... Sangat sederhana ..... blade dari 315 diganti dg 325 dan di flybar dikasi pemberat ..... Swash AFR tetap +40, -40, -60 ........ PIT/THR curva tetap .... :D

Memang betul saya di Biak main Heli sendirian (dan masih pemula banget), jadi ngak ada yang bisa diajak diskusi secara langsung ........ untung ada FORUM Grage ....... sangat banyak membantu .......... :bow:
Last edited by kresna on 05 Mar 2007, 14:20, edited 1 time in total.
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 525
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

@Kresna

Whatever for the valuelah......sing penting heline muluk om.....cm cara gampang mikirnya knp default dari pabrik nilainya selalu sama 50% mungkin ada maksudnya......BTW selamat terbang dan happy flying......
User avatar
irsansaputra
Airman
Airman
Posts: 37
Joined: 13 Feb 2007, 18:19
Location: Jakarta

Post by irsansaputra »

ferry wrote:@Kresna

Whatever for the valuelah......sing penting heline muluk om.....cm cara gampang mikirnya knp default dari pabrik nilainya selalu sama 50% mungkin ada maksudnya......BTW selamat terbang dan happy flying......


Halo om Ferry, kalo tak pikir default nya semua 50% itu sebagai safety factor dari Futaba nya, at least at the first time kita setting New heli nggak langsung Binding Servo nya, saya pikir demikian. Sebab kalo TX Hitec semuanya 70% semua, jadi kalo centering servo dan travel adjustment nya belum tersetel sempurna jangan sekali2 menggerakkan baik Pitch maupun Cyclic secara penuh, kuatir mentok dan servonya sengsara.
@Reva: saya setuju Om, nilai SWAH pada Ail, Ele dan Pitch tidak harus semuanya sama. Soalnya saya perhatikan even Ail dan Ele aja pasti berbeda dikit. Kalo saya setel angka tsb tidak lihat di TX, tapi saya lihat Travel dari Servo di Heli nya secara langsung. Dengan kata lain pada menu CCPM, ada menu SWSH yang muncul kalo TX kita pilih menu CCPM (kalo di Futaba SR-3 spt om Ferry bilang). Maka jika kita ingin setel Cyclic berarti itu Ch1 dan Ch2 yang di adjust aja, kalo bicara Pitch maka Ch6 yang kita adjust. Pernah pengalaman di TX angka Ail dan Ele saya samakan namun hasil di Heli ternyata berbeda, shg manuver Rolling dan Flipping terasa pincang. Jadi setelah di ukur pada Heli secara langsung itu lebih baik, tapi kalo bisa di TX juga jangan timpang terlalu banyak. Kalo menurut saya toleransi 10% lah selisih antara Ail dan Ele. Sedangkan untuk Pitch terserah mau beda sendiri juga nggak masalah, asal ya itu jangan sampe binding deh servo2 nya.

Salam
User avatar
irsansaputra
Airman
Airman
Posts: 37
Joined: 13 Feb 2007, 18:19
Location: Jakarta

Post by irsansaputra »

Reva wrote:@Kresna

Tuh dah diterangin panjang lebar ama suhunya TREX... :))
Saya bingung kalo om kresna nanya "Picth dikasih berapa persen ya?...."
jawabannya gak ada angka pasti tergantung settingan mekanik heli....

@Irsan
Lama gak terbang di CAC nih..... kapan bawa 450ICnya?.... ayo dong demonya...


Betul, kalo settingan helinya Offset maka di TX mau diisi berapa persenpun nggak bakalan ideal kondisinya.

@Reva: Aku masih kurang sehat Om, ntar kalo udah baik saya maen ke CAC deh. Btw ZOOM 450IC aku ndak jadi Om, kemaren sama Marten mau coba jadi distributor udah ditanggapi, namun beberapa pertimbangan membuat kita mundur deh, mendingan Engine yang gede sekalian (maaf lho). Saya dengar2 di Hobby Aeromodelling Semanggi mau masukin sendiri Zoom IC he..he.. :-#
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Post by Tralala »

yoi....btw udah kasih info ke aku katanya 2 minggu lagi masuk tuh heli Zoom 450 IC.....
ddmt
trainee
trainee
Posts: 23
Joined: 08 Mar 2007, 22:14
Location: Denpasar, Bali
Contact:

Post by ddmt »

Pak Kresna, apa anda sudah melihat video curves101.wmv di CD yg saya kirim? Sekalian juga liat CCPM_part1 & CCPM_part2. Saya yg tadinya buta setting heli jadi bisa melek (biarpun cuma sedikit :))

BTW semua video bisa didownload di http://www.helifreak.com/viewtopic.php?t=12455

wim
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

ddmt wrote:Pak Kresna, apa anda sudah melihat video curves101.wmv di CD yg saya kirim? Sekalian juga liat CCPM_part1 & CCPM_part2. Saya yg tadinya buta setting heli jadi bisa melek (biarpun cuma sedikit :))

BTW semua video bisa didownload di http://www.helifreak.com/viewtopic.php?t=12455

wim


Sudah saya lihat tapi baru sekali, belum sempat memperhatikan secara detailnya .... kalau video ngakit dragonus sudah saya lihat beberapa kali, dan kayaknya sudah lumayan ngerti cara ngrakit Heli .... cuman settingan CCPM yg harus dilihat lagi.
Post Reply