purwanu wrote:ESC punya fungsi yang lain, yaitu BEC. Lihat dulu kalau BEC masih berfungsi kan masih bisa dimanfaat..
iya om, itu pemanfaatan terakhir tapi apakah ga bisa sedikit tidaknya diperbaiki supaya dia bisa jadi esc lagi ?
Kesulitan untuk memulihkan fungsinya sebagai ESC adalah mendapatkan komponen dan diperlukannya alat khusus untuk memasang komponen2 tersebut, in juga dengan asumsi kalo yang terbakar hanya MOSFETnya saja. Sedangkan ada kemungkinan komponen lain yang berukuran lebih kecil juga is dead.. Jadi menurut saya, kalau tidak punya komponen gantinya, dan tidak punya peralatannya, yaa... mending kita pelajari saja apa yang menyebabkan ESC ini rusak, jadi lain kali kita lebih hati2 supaya ESC awwwet.. Setuju???.
Setuju juga sama suhu Unding, jangan buru2 dibuang ESC atau apapun yang rusak, nantinya bisa jadi tumbal untuk memperbaiki yang lain juga...
purwanu wrote:ESC punya fungsi yang lain, yaitu BEC. Lihat dulu kalau BEC masih berfungsi kan masih bisa dimanfaat..
biasanya esc gede malah ngga ada bec nya om...
unding wrote:Biasanya kalau esc terbakar tidak semua fetnya jebol, umumnya cuma satu kelompok saja ( 1fase) saja yg terbakar atau 1/3 jumlah fet jadi masih ada 2/3 yg utuh, nah ini bisa disimpan sebagai suku cadang, kalau ada esc berikutnya yg mengalami hal yg serupa kan bisa dimanfaatkan.
brati disimpen aja ya suhu...nunggu esc yg sejenis berikutnya kebakar...biar bisa dimanfaatkan...
@all : terimakasih saran2 nya suhu2 semua, sebenernya kalo boleh jujur, saya masih ada lagi 4 esc yang sama mosfet nya yang udah rusak juga, tapi ampere nya beda, gimana kira2 ?, bisa di kanibal kah ? wkwkwkwkkww mayan ilmu ngirit
bisa kok diperbaiki... tapi harus sabar dan apakah sebanding dengan kesabaran kita memperbaikinya??? atau malah lebih mudah beli baru saja untuk mempercepat waktu
saya pernah beberapa ESC yang rusak dikanibal dikjadikan satu...tentunya juga harus dicek dulu apakah mosfet itu masih bagus /tidak... ada ESC yang memakai jenis MOSFET type N dan type P, namun ada juga yang memakai type N saja.....
untuk melihat ampere nya bisa dilihat datasheet nya di google atau di
andreas13 wrote:bisa kok diperbaiki... tapi harus sabar dan apakah sebanding dengan kesabaran kita memperbaikinya??? atau malah lebih mudah beli baru saja untuk mempercepat waktu
saya pernah beberapa ESC yang rusak dikanibal dikjadikan satu...tentunya juga harus dicek dulu apakah mosfet itu masih bagus /tidak... ada ESC yang memakai jenis MOSFET type N dan type P, namun ada juga yang memakai type N saja.....
untuk melihat ampere nya bisa dilihat datasheet nya di google atau di
Mohon maaf om botak...karena berhubung bicara soal ESC kebakar, maka sekalian nitip pertanyaan ya...boleh gak om...??? Kalo sy kasusnya beda ama om botak...seminggu yg lalu sempet ada ESC 40A yg kebakar tapi setelah ditest lg, hanya fungsi ke throtle aja yg gak berfungsi tapi ke servo malah baik2 aja dan bekerja normal semua....kira2 msih ada harapan gak ya....???
Bodyguard wrote:Mohon maaf om botak...karena berhubung bicara soal ESC kebakar, maka sekalian nitip pertanyaan ya...boleh gak om...??? Kalo sy kasusnya beda ama om botak...seminggu yg lalu sempet ada ESC 40A yg kebakar tapi setelah ditest lg, hanya fungsi ke throtle aja yg gak berfungsi tapi ke servo malah baik2 aja dan bekerja normal semua....kira2 msih ada harapan gak ya....???
Ya itu emang penyakit ESC om, kalo dibilang ESC rusak ya memang yg fungsi throttle nya yag gak jalan, kalo catuan ke rx dan servo2 kan itu dari BEC nya, bukan fungsi ESC