farhanalfarisi wrote::tlt

makasih suhu Pak Unding , tapi kenapa RPM,Output,dll yg 4tak kalah dari 2 tak?
Bore dan Stroke itu apa ya ?

Walaupun cc nya (volume) sama, 2 tak lebih unggul dari 4 tak sebab siklus langkah kerjanya yg berbeda. Pada mesin 2 tak langkah kerja (pembakaran) terjadi setiap 1 kali putaran shaft, sedangkan 4 tak langkah kerjanya terjadi setiap 2 kali putaran shaft, jadi jika masing2 mesin berputar pada 1000 rpm (misalnya) 2tak mengalami pembakaran (langkah kerja) sebanyak 1000 x , sedangkan 4 tak cuma 500 x jadi disinilah letak perbedaan power yg dihasilkan, tapi dari segi konsumsi bahan bakar 4 tak lebih irit.
Bore adalah diameter silinder sedangkan stroke adalah panjang langkah piston dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
Volume = (1/4 x 3.14 x Bore^2) x Stroke + Volume ruang Bakar
Perbandingan kompressi = Volume ruang bakar/Volume.
Nilai perbadingan Kompressi u/ Gasolin atau Glow adalah 1 : 7-8, sedangkan untuk diesel 1 : 16