Cara memasang Gyro dipesawat

Tentang radio , servo , gyro dan rangkaian elektronik

Moderator: widodo

User avatar
barubisaterbang
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 590
Joined: 19 Sep 2010, 09:13
Location: ciledug-tangerang

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by barubisaterbang »

Ikut menyimak..
Saya juga pernah pakai gyro untuk pesawat (dan mobil)
Gyro yang saya pakai punya esky yang tidak head lock
Hasil untuk di pesawat sangat membantu waktu sedang hover.
Hasilnya di rc car sangat memuaskan..rc baja 5b 1/5 yang 2x4 bisa dikendalikan dengan mudah.
Tapi gyro yang saya pakai tidak ada gain dan kabel yang ke rx hanya satu.
Saya juga pernah cb gyro hk tapi hasil malah aneh..belum mengerti bagaimana cara set gainnya..dan di hubung kemana kabel rx yg ada 2 itu.
Makanya saya ingin ikut menyimak, siapa tau gyro hk saya masih bisa dipakai..
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by toto »

mohon ijin saya juga ikut menyimak ....... :-k


salam
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by opikandy »

BZ123456 wrote:
Koreksi pak, gyro berbeda dengan auto pilot. Dan setahu saya....(karena saya pernah memakainya) gyro pesawat dibuat sederhana tidak heading lock. Tetapi saya juga pernah memakai gyro airplane 3 aksis yang bisa dibuat heading lock. Seperti FY 30. Nah cara ngetes bener atau tidaknya pemasangan gyro....lihat pergerakan bilah control surface yang diincar...jika rudder, geser hidung pesawat ke kiri atau ke kanan dalam keadaan horizontal (yaw) dan lihat pergerakannya. Dia harus melawan pergerakan hidung....begitu juga dengan yang lainnya....trial dan error berguna
Saya setuju dengan pendapat pak arie....jempol jauh lebih berkuasa....tapi saya juga pernah mengalami pemakaian gyro untuk landing dalam kondisi cross wind hebat...itu pesawat crabbing dengan cantik tanpa saya sentuh sama sekali stick remote....itu dengan memakai gyro heading lock 3 aksis dan accelero 3 aksis....beautifullll!



takeoff dan landing yang sempurna pada saat cross wind ini yang saya inginkan
terima kasih atas masukannya om BZ123456
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by opikandy »

toto wrote:mohon ijin saya juga ikut menyimak ....... :-k


salam


" inggih niki kulo butuh wejangan sangking padepokan suhu pakde toto
mbok bilih suhu saget nurunaken ilmunipun dateng kulo

(Ya ini saya butuh pendapat dari padepokan suhu pakde toto
siapa tahu suhu dapat menurunkan ilmunya kepada saya) :shy
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by zaki »

BZ123456 wrote:
zaki wrote:
tapi saya ga tau apakah akan pengaruh jika di pasang di pesawat .. biasaanya pesawat ada gyro tersendiri AUTOPILOT


Koreksi pak, gyro berbeda dengan auto pilot. Dan setahu saya....(karena saya pernah memakainya) gyro pesawat dibuat sederhana tidak heading lock. Tetapi saya juga pernah memakai gyro airplane 3 aksis yang bisa dibuat heading lock. Seperti FY 30. Nah cara ngetes bener atau tidaknya pemasangan gyro....lihat pergerakan bilah control surface yang diincar...jika rudder, geser hidung pesawat ke kiri atau ke kanan dalam keadaan horizontal (yaw) dan lihat pergerakannya. Dia harus melawan pergerakan hidung....begitu juga dengan yang lainnya....trial dan error berguna
Saya setuju dengan pendapat pak arie....jempol jauh lebih berkuasa....tapi saya juga pernah mengalami pemakaian gyro untuk landing dalam kondisi cross wind hebat...itu pesawat crabbing dengan cantik tanpa saya sentuh sama sekali stick remote....itu dengan memakai gyro heading lock 3 aksis dan accelero 3 aksis....beautifullll!



nah itu dia maksudnya :ok
User avatar
andreas13
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 816
Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Location: ((..(ungaran)..))

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by andreas13 »

ikut menyimak... juga

sedikit masukan ... kalau gyro dipasang di rudder apa tidak terasa aneh nanti saat kita belok pakai aileron... misal saja saat kita belok ail kekiri tanpa koreksi rudder , gyro apakah tidak malah melawan pergerakan kekanan ? :thx mohon koreksi kalau salah ... mungkin kalau dipasang di roda kemudi mungkin bisa juga :ok

kalau dulu saya pernah pasang gyro di pesawat dengan kemudi elevon .... saya pasang gyro di aileron sebelum masuk ke elevon mixer ... hasilnya kalau gain PAS pesawat jadi anteng ga miring kanan kiri... tapi kalau gain terlalu besar malah sayap pesawat seperti mengepak-ngepak seperti burung :pyg ( sama efeknya kalau pada heli ekor jadi megol-megol :pis ) saat itu gyro mode non heading lock ... ya iya lah... la gyro cuma pakai esky profesional gyro- non heading lock :ha3
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by opikandy »

andreas13 wrote:
sedikit masukan ... kalau gyro dipasang di rudder apa tidak terasa aneh nanti saat kita belok pakai aileron... misal saja saat kita belok ail kekiri tanpa koreksi rudder , gyro apakah tidak malah melawan pergerakan kekanan ? :thx mohon koreksi kalau salah ... mungkin kalau dipasang di roda kemudi mungkin bisa juga :ok


Gyro dipasang di rudder diaktifkan cm ketika takeoff dan Landing aja om
untuk menstabilkan pesawat melawan cross wind

jadi klo pesawat sudah diatas kita nonaktifkan lewat setingan salah satu ch di tx

begitu maksudnya om :thx
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by opikandy »

kira-kira rekan sahabat Grage ada yang tau berapa besaran setingan Gain dan Limit pada Gyronya?

apa perlu dicoba-coba test flight terlebih dahulu biar kita bisa tahu setingan yang paling sesuai?

karena saya takut untuk mencobanya langsung dipesawat

karena dikawatirkan pesawat bisa crash :pyg :whoaa
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by opikandy »

zaki wrote:
BZ123456 wrote:
zaki wrote:
tapi saya ga tau apakah akan pengaruh jika di pasang di pesawat .. biasaanya pesawat ada gyro tersendiri AUTOPILOT


Koreksi pak, gyro berbeda dengan auto pilot. Dan setahu saya....(karena saya pernah memakainya) gyro pesawat dibuat sederhana tidak heading lock. Tetapi saya juga pernah memakai gyro airplane 3 aksis yang bisa dibuat heading lock. Seperti FY 30. Nah cara ngetes bener atau tidaknya pemasangan gyro....lihat pergerakan bilah control surface yang diincar...jika rudder, geser hidung pesawat ke kiri atau ke kanan dalam keadaan horizontal (yaw) dan lihat pergerakannya. Dia harus melawan pergerakan hidung....begitu juga dengan yang lainnya....trial dan error berguna
Saya setuju dengan pendapat pak arie....jempol jauh lebih berkuasa....tapi saya juga pernah mengalami pemakaian gyro untuk landing dalam kondisi cross wind hebat...itu pesawat crabbing dengan cantik tanpa saya sentuh sama sekali stick remote....itu dengan memakai gyro heading lock 3 aksis dan accelero 3 aksis....beautifullll!


nah itu dia maksudnya :ok




dulu saya pernah pasanga copilot pada pesawat saya

terbang memang enak banget

kita taruh tx dirunway pun pesawat enak banget terbangnya, meskipun angin bertiup dengan kencangnya

dikarenakan kesalahan pada penempatan antena RX maka pesawat lepas kendali

dan akhirnya terbang entah kemana

dicari juga tidak ketemu

pesawat posisi level terbang mendatar

mungkin pesawat tersebut terbang lurus dan akhirnya turun sampai dengan habis batery :whoaa :whoaa :whoaa
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Cara memasang Gyro dipesawat

Post by BZ123456 »

@andreas: saya terbang biasanya memakai program mix ail to rudder. Jadi gyro dioverride.
Tapi buat yang memakai head lock, ini harus diwaspadai karena pesawat akan tendensi menuju arah yang sama....bayangkan kalau lagi manuever wiiiii. Gyro headlock saya rasa harus ditemani oleh piranti accelero sebagai penyeimbang arah dan gerakan. Jadi kalau stick sudak ditentukan arahnya pada saat landing approach...levelling pesawat dikontrol oleh accelero sedangkan heading dikontrol oleh gyro yang head lock.
Susahnya adalah kalau memakai gyro untuk menemani fpv pada saat return to home protocol. Ini yang nanti akan dilawan oleh gyro seperti yang paklik andreas pikirkan.
Saya berhenti memakai gyro salah satunya adalah bahaya malfunction seperti yang saudara2 pernah pikirken dan rasaken. Jempol dan insting lebih akurat dan woye....pesawat mahal rontok gara2 piranti murah itu biasa....tapi pesawat mahal rontok gara2 piranti mahal is unbelieveable
Terima kasih
Post Reply