DIY Paratrike/parabuggy

Pesawat swayasa , paralayang dan balon udara

Moderators: wa2n, christoffel

Post Reply
User avatar
jamespaulus
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 23 Feb 2012, 17:20
Location: Auckland, New Zealand

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by jamespaulus »

Om Chris, mau tanya lagi nih mengenai trike buggy nya Om Chris:
1. Distance dari sumbu roda depan ke sumbu roda belakang.
2. distance between roda belakang. (kiri-kanan).
3. dalam kondisi siap terbang (termasuk pilot sudah duduk di harness), kira kira CG nya berapa centimeter dari ground ?
(kira kira aja mas Chris, memang agak ruwet nih ngitung nya.

paratrike saya CG nya terlalu tinggi. maklum design nya lewat tengah malam menjelang subuh...
saya mau bikin ulang dengan CG serendah mungkin (Kalau roda nya besar besar, kemungkinan bisa dibuat CG nya sedikit dibawah sumbu roda. Nah ini top banget buat paratrike)
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

wah jadi nya berat sekali ya James ...

ini data trike punya saya :
1. Jarak sumbu roda depan-belakang = 125 cm (setelan untuk saya, karena ada beberapa setelan untuk postur tubuh berbeda, jarak per setelan 5 cm)
2. jarak roda belakang kiri-kanan = 100 cm
3. posisi CG dalam kondisi siap terbang incl. pilot dan fuel 5Liter : tinggi 46.4cm (dari ground), dan maju 35cm (dari sumbu roda belakang)
4. tinggi sumbu roda (setengah diameter ban) = 18 cm

tinggi CG terhadap sumbu roda nggak berpengaruh terhadap ke-stabilan, karena titik guling nya tetap di titik roda yg menyentuh ground.
Jadi yg di hitung adalah tinggi CG terhadap ground saja. (yg mempengaruhi gampang atau tidak nya trike terguling).

nb: hasil tinggi CG di atas bukan kira2 tapi di ukur beneran. pilot nya saya sendiri dan ikut di timbang waktu nyari posisi CG.
sample pengukuran di ambil dari posisi gantung normal (datar nol derajat), posisi gantung maju 5cm, dan posisi gantung maju 10cm.
lalu di ambil titik potong dari ketiga garis normal nya.
User avatar
jamespaulus
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 23 Feb 2012, 17:20
Location: Auckland, New Zealand

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by jamespaulus »

christoffel wrote:wah jadi nya berat sekali ya James ...

ini data trike punya saya :
1. Jarak sumbu roda depan-belakang = 125 cm (setelan untuk saya, karena ada beberapa setelan untuk postur tubuh berbeda, jarak per setelan 5 cm)
2. jarak roda belakang kiri-kanan = 100 cm
3. posisi CG dalam kondisi siap terbang incl. pilot dan fuel 5Liter : tinggi 46.4cm (dari ground), dan maju 35cm (dari sumbu roda belakang)
4. tinggi sumbu roda (setengah diameter ban) = 18 cm

tinggi CG terhadap sumbu roda nggak berpengaruh terhadap ke-stabilan, karena titik guling nya tetap di titik roda yg menyentuh ground.
Jadi yg di hitung adalah tinggi CG terhadap ground saja. (yg mempengaruhi gampang atau tidak nya trike terguling).

nb: hasil tinggi CG di atas bukan kira2 tapi di ukur beneran. pilot nya saya sendiri dan ikut di timbang waktu nyari posisi CG.
sample pengukuran di ambil dari posisi gantung normal (datar nol derajat), posisi gantung maju 5cm, dan posisi gantung maju 10cm.
lalu di ambil titik potong dari ketiga garis normal nya.


itu dapat posisi CG axis Z 46.4cm dari ground gimana hitung nya ?
BTW Mas Chris cari CG nya pakai 3 timbangan kan ? Datum point nya bikin berapa cm dari front wheel ?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

nggak pake timbangan, cuman di gantung.

teori dasar :
prinsipnya, saat di gantung, titik CG nya akan berada di garis berat/normal (garis tegak lurus bumi yg melewati titik gantung).
jika kita lakukan peng-gantungan pada 2 titik gantung yg berbeda, maka akan didapat dua garis berat yg berbeda pula.
titik potong ke dua garis berat tersebut adalah titik CG nya.

metodologi :
saya lakukan percobaan pada 3 titik gantung, supaya bisa memperkecil error nya (validasi).

titik pertama : 35cm maju dari sumbu roda belakang
titik kedua : 40cm
titik ketiga : 45cm
semuanya pada tinggi 82cm dari ground (karena di gantung nya di roll-bar yg memang setinggi ini).
seharusnya yg bagus apabila titik kedua di tempatkan pada sumbu roda depan.
saya cuman bisa geser sampai 10cm karena saya kan ikut duduk saat di gantung, jadi nggak mungkin terlalu miring.

karena jarak sumbu roda depan dan belakang 125cm, jadi kalau di ukur dari sumbu roda depan :
titik pertama : 125cm-35cm = 90cm
dst ...

pada saat di gantung, tinggi sumbu roda depan dan belakang di ukur dan di catat, supaya bisa di gambar garis berat nya.
setelah di dapat gambar nya, didapat juga tiga titik yg berdekatan (perpotongan garis berat ).
harus nya cuman ada satu titik, tapi karena error pengukuran akan di dapat 3 titik yg berdekatan (kalau berjauhan berarti error nya terlalu besar).
karena hanya ada 1 titik CG, maka 3 titik tadi di rata2 saja.
standart deviasinya 3.2 cm, jadi menurut saya hasilnya cukup akurat.

hehehe ... jadi ingat praktikum fisika di sma nich ...
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

Hari ini ngoprek ban.
velg, ban luar dan dalam dari artco
Image
bearing asli di lepas, ganti dengan deep-groove dari NSK.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

hasil akhir nya
Image
yg sebelah kiri semua dari ARTCO. berat nya 2050 gram.
yg sebelah kanan ban luar dan dalam diganti merek IRC (punya vespa). beratnya 3165 gram.

beda berat 1115 gram. jadi total untuk 3 ban nambah berat 3345 gram.

hasil timbang terdahulu untuk kite-buggy 14.3kg.
berarti tanpa ban beratnya 14.3kg-6.15kg=8.15kg
jadi ban menyumbang hampir separuh berat total nya.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

@om stefendy:
Image
ini trafo las (inverter) yg saya pakai. cuman 900Watt max. lha kantor saya listrik nya juga cuman 2200watt. pake ini saya masih bisa nyala computer + AC.
electrode saya pakai 1.6mm dan 2mm
dulu beli nya di AJBS surabaya, pas lagi sale, 850rb
@om stefendy :
untuk nge-las saya pakai inverter, bukan travo las.
fungsinya sebenarnya sama saja, seperti power-supply juga. jaman sekarang kan sudah nggak pakai trafo lagi, di ganti pakai switching electronic yg lebih effisien dan murah.
barang nya memang kecil, daya nya juga nggak sampai 1000watt, tapi output nya bisa sampai max 120A. cukup untuk electroda 4mm. harganya cuman 850rb waktu saya beli tahun lalu.
sebelumnya saya pakai yg trafo, kapasitas sama tapi nyedot dayanya sampai 3000 watt. lha kantor saya listrik nya cuman 2200watt, jadi sering njegleg MCB nya ...
Kawat las (electrode) yg saya pakai untuk proyek ini (frame/cage paramotor) adalah stainless steel 1.6mm dan 2.0mm, tergantung yg mau di las. Pipa stainless yg kecil (lingkaran cage) tebalnya cuman 0.8mm, jadi mesti pakai yg 1.6mm supaya bisa pakai ampere kecil sehingga nggak sampai bikin lubang pipanya. untuk pelat yg tebal (engine mount saya pakai pelat stainless 3mm) dan butuh pengelasan tebal, baru pakai electrode yg 2mm supaya bisa jalan lebih cepat.
normalnya saya pake settingan 50ampere untuk yg 1.6mm, dan 60ampere untuk yg 2.0mm, kecuali sambungan yg rapuh, saya pakai 30ampere untuk yg 1.6mm
Hasilnya bisa matang juga koq. Cuman, saya kan bukan ahli las dan tidak pernah belajar/kursus las, jadi ini hanya berdasarkan otodidak saja. mungkin saja saya keliru ... hehehe.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

simulasi saat tergantung ...
Image
Image
sekalian test CG dan down thrust ...
User avatar
jamespaulus
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 23 Feb 2012, 17:20
Location: Auckland, New Zealand

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by jamespaulus »

Om Chris,
ada engine murah nih...
kalau tertarik
http://www.radne.se/Store/Product/Produ ... tNo=3201-4
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

thanks om James ....
murah sih ... kalau sampe indo jadi berapa ya ...
soalnya kalau yg udah jelas mesin begitu, di bea cukai ngasih pajak nya suka asal aja ...
sepertinya saya lebih tertarik pake DLE aja deh. ringan, torsi nya kecil (karena high rpm) prop juga kecil.

saya lagi finishing trike nya, versi 3. sekalian sama versi gendong nya juga.
kendala ada di tangki bensin nya.
nggak ada yg cocok ukuran nya, maunya sih sekitar 6 liter, ruangan yg tersedia di bawah karburator dan muffler, PxLxT 30x10x25cm jadi mestinya maximum bisa 7.5 liter ...
Post Reply