
Plane CG Balancer : What an idea ...
Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Plane CG Balancer : What an idea ...
Kurang paham tentang cg, center of grafity. Kalau baca2 diforum, wing mempunyai cg yang dalam bentuk klasik bisa ditentukan posisinya, dengan rumus atau dihitung. Semua benda pada dasarnya memiliki titik berat (tb). Nah, apa kah untuk dpt terbang dengan benar t b pesawat harus berada didekat cg wing? Atau paling optimal tb dan cg pada satu titik. Nah pada foto2 diatas itu menentukan tb atau cg? Atau tb itu ya cg? Maaf klau pertanyaan nya rada xxxx.


- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: Plane CG Balancer : What an idea ...
anelah wrote:Kurang paham tentang cg, center of grafity. Kalau baca2 diforum, wing mempunyai cg yang dalam bentuk klasik bisa ditentukan posisinya, dengan rumus atau dihitung. Semua benda pada dasarnya memiliki titik berat (tb). Nah, apa kah untuk dpt terbang dengan benar t b pesawat harus berada didekat cg wing? Atau paling optimal tb dan cg pada satu titik. Nah pada foto2 diatas itu menentukan tb atau cg? Atau tb itu ya cg? Maaf klau pertanyaan nya rada xxxx.
Rasanya Titik Berat itu sama dengan Center of Gravity, cuma beda bahasa aja.
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Plane CG Balancer : What an idea ...
Titik berat pesawat bisa tergantung pada peletakan elektroniknya, misalnya, lipo. Sedangkan cg wing tergantung dari bentuk geometri wing itu sendiri. Gimana nih? Beda bahasa itu betul tapi maksud saya bukan itu.
Contoh:
Saya membuat pesawat wayang. Cg wing bisa ditentukan dengan hitungan atau gambar, katakanlah posisi 35% dari le wing. Maka, saya akan mengatur peletakkan elektronik2nya demikian sehingga kalau di timbang titik berat pesawat, kalau bisa, tepat pada cg wing nya.
Pertanyaan: dengan sistim tali diatas itu apakah untuk menentukan cg pesawat, atau cg wing?
Contoh:
Saya membuat pesawat wayang. Cg wing bisa ditentukan dengan hitungan atau gambar, katakanlah posisi 35% dari le wing. Maka, saya akan mengatur peletakkan elektronik2nya demikian sehingga kalau di timbang titik berat pesawat, kalau bisa, tepat pada cg wing nya.
Pertanyaan: dengan sistim tali diatas itu apakah untuk menentukan cg pesawat, atau cg wing?
- unding
- Chief Master Sergeant
- Posts: 885
- Joined: 24 Mar 2011, 22:39
- Location: Makassar
- Contact:
Re: Plane CG Balancer : What an idea ...
anelah wrote:Titik berat pesawat bisa tergantung pada peletakan elektroniknya, misalnya, lipo. Sedangkan cg wing tergantung dari bentuk geometri wing itu sendiri. Gimana nih? Beda bahasa itu betul tapi maksud saya bukan itu.
Contoh:
Saya membuat pesawat wayang. Cg wing bisa ditentukan dengan hitungan atau gambar, katakanlah posisi 35% dari le wing. Maka, saya akan mengatur peletakkan elektronik2nya demikian sehingga kalau di timbang titik berat pesawat, kalau bisa, tepat pada cg wing nya.
Pertanyaan: dengan sistim tali diatas itu apakah untuk menentukan cg pesawat, atau cg wing?
Untuk mendapatkan karakter terbang yang terbaik apabila CG (titik berat total pesawat) untuk pesawat standar apabila berada sekitar 27 - 30 % dari LE dan berimpit dgn COL (airfoil/geometri sayap)
Gambar diatas mengukur/menetapkan CG pesawat, sedangkan cg wing/COL sudah ada (airfoil sayap)
- unding
- Chief Master Sergeant
- Posts: 885
- Joined: 24 Mar 2011, 22:39
- Location: Makassar
- Contact:
Re: Plane CG Balancer : What an idea ...
Wind Raider wrote:
Metodenya sangat bagus, namun secara akurasi cara I lebih baik sebab cara II panjang tali penggantung antara depan dan belakang sayap tidak sama panjang, bahagian belakang talinya lebih panjang berarti ada penambahan berat tali, dan juga adanya gesekan tali terhadap pully (lilitan tali pada penggantung)


- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: Plane CG Balancer : What an idea ...
unding wrote:anelah wrote:Titik berat pesawat bisa tergantung pada peletakan elektroniknya, misalnya, lipo. Sedangkan cg wing tergantung dari bentuk geometri wing itu sendiri. Gimana nih? Beda bahasa itu betul tapi maksud saya bukan itu.
Contoh:
Saya membuat pesawat wayang. Cg wing bisa ditentukan dengan hitungan atau gambar, katakanlah posisi 35% dari le wing. Maka, saya akan mengatur peletakkan elektronik2nya demikian sehingga kalau di timbang titik berat pesawat, kalau bisa, tepat pada cg wing nya.
Pertanyaan: dengan sistim tali diatas itu apakah untuk menentukan cg pesawat, atau cg wing?
Untuk mendapatkan karakter terbang yang terbaik apabila CG (titik berat total pesawat) untuk pesawat standar apabila berada sekitar 27 - 30 % dari LE dan berimpit dgn COL (airfoil/geometri sayap)
Gambar diatas mengukur/menetapkan CG pesawat, sedangkan cg wing/COL sudah ada (airfoil sayap)
Persis, yang saya maksud seperti itu pak. Terima kasih. Paling susah menentukan CG Wing kalau bentuk wing tidak standard.
