Karena dudukan landing gear sering jebol (faktor cara landing yg belum mahir dan kondisi runway yang sangat bumpy), maka saya cari cara supaya landing gear agak awet.
Berikut metodenya :

1. Dudukan kayu diselipkan di celah fuselage yang memang memungkinkan diselipkan dua batang kayu sebagai dudukan.
(Cara sebelumnya yaitu dengan menyekrup langsung batang roda pendarat pada dudukan, menghasilkan joint yg kaku pada arah memanjang bodi pesawat, sehingga benturan tidak terserap, namun ditahan oleh sekrup, dan karena pakai kayu, otomatis kayulah yg sering jebol, sebenarnya kayu bisa diganti bahan yg lebih ulet, misalnya bahan talenan dari plastik namun lebih berat, dan pada akhirnya akan membuat batang roda menjadi bengkok).

2. Batang roda diikat pada batang landasan menggunakan karet secukupnya.
Batang roda dilubangi lebih besar dari diameter kepala sekrup supaya tidak ikut terjepit sekrup.

3. Batang landasan yg sudah terikat pada batang roda disekrup pada dudukan.
Disini batang roda hanya diikat dgn karet, bukan sekrup.
Untuk mencegah batang roda bergeser, digunakan plat penjepit.
Jumlah karet disesuaikan dengan kekuatan/berat pesawat.

Kemarin Sabtu sudah diuji,....dan ada 2 kali pendaratan yg cukup keras sampai roda tertekuk ke belakang, namun segera kembali ke posisi semula dan tidak sampai menjebolkan dudukan roda.
Energi benturan diserap sebagian besar oleh lenturan karet gelang.