Box anggur jadi CN 235

User avatar
h3lmiapt
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 445
Joined: 07 Apr 2012, 20:10
Contact:

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by h3lmiapt »

Wow keren pakde....,
Kalo kitnya aja berapa duit tuh pakde?
User avatar
agus17
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 63
Joined: 27 May 2009, 12:17
Location: SulSel

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by agus17 »

Wah.. jadi kepengen buat
User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1732
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by Bodyguard »

sutavijaya wrote:Panjang sayap 105 cm lebarnya ada dua ukuran, ujung sayap 13 cm agak ketengah 17 cm. Bagaimana cara hitungnya? beratnya 900gr. tail ga dihitung Om? Trims atas bantuannya


Misal lebar kita ambil yg 17 cm aja...
berarti Wing Area : 105 cm x 17 cm = 1785 cm (Hasil konversi ke dm2 = 17.85 dm2)
Rumus Wing Loading = AUW / Wing Area
900 gr / 17.85 dm2 = 50.42 gr/dm2
Kategori ini sebenarnya sdh masuk pada kategori pesawat sport yg wingloadingya antara 45-60 gr/dm2
seandainya wingloading dapet 25-30 Gr/dm2, tentunya pesawat bisa terbang lebih slow lagi...
Mohon maaf, sy hanya sekedar share berdasarkan teori dan pengalaman pribadi...
Jika seandainya ada kesalahan, mohon di koreksi...

Makasih...
User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1732
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by Bodyguard »

sutavijaya wrote:Panjang sayap 105 cm lebarnya ada dua ukuran, ujung sayap 13 cm agak ketengah 17 cm. Bagaimana cara hitungnya? beratnya 900gr. tail ga dihitung Om? Trims atas bantuannya


Misal lebar kita ambil yg 17 cm aja...
berarti Wing Area : 105 cm x 17 cm = 1785 cm (Hasil konversi ke dm2 = 17.85 dm2)
Rumus Wing Loading = AUW / Wing Area
900 gr / 17.85 dm2 = 50.42 gr/dm2
Kategori ini sebenarnya sdh masuk pada kategori pesawat sport yg wingloadingya antara 45-60 gr/dm2
seandainya wingloading dapet 25-30 Gr/dm2, tentunya pesawat bisa terbang lebih slow lagi...
Mohon maaf, sy hanya sekedar share berdasarkan teori dan pengalaman pribadi...
Jika seandainya ada kesalahan, mohon di koreksi...

Makasih...

Mohon maaf, krn pengaruh jaringan lelet..jadinya sy dobel quotenya...
User avatar
udinkirai
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 21 Dec 2007, 22:02
Location: padang
Contact:

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by udinkirai »

Gak ada kata lain selain mantap :mtp :mtp :mtp
User avatar
sutavijaya
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 383
Joined: 28 Jul 2012, 21:34
Location: Subang - Cirebon, Jawa Barat

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by sutavijaya »

itwilly wrote:video terbang nya yang pesawat sudah di warnai mana pak ? pengen lihat cakepnya kalau terbang............



itu lokasi kalau dari purwakarta, sebelum apa sesudah lanud ?


:mtp :mtp


mohon doa nya Om Willy, sekarang lagi bikin 5 parasut yang akan diterjunkan di pesawat ini, kebetulan buritan cargonya besar, mudah2an Om Rosgana bisa mengabadikan.

lokasi terbang 5 km dari Subang kearah timur di desa Cibogo. dapat nemu baru om buat alternatif terbang biar ga jenuh. salam buat rekan2 Purwakarta.
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by farhanalfarisi »

:kgt :kgt
AAAAA!!
Histeris liatnya suhu,cantik nian...
ngiler mode On
:ngl :ngl
User avatar
omi
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 267
Joined: 23 Sep 2007, 22:02
Location: Semarang

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by omi »

Iya suhu, kalo bisa buat kaya gini.. ga perlu beli2 lagi... hobby shop bisa tutup nih he..he...

Ada plans nya ga ya?
User avatar
agusfirmansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 334
Joined: 14 Jun 2012, 16:31
Location: Cipondoh-Tangerang
Contact:

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by agusfirmansyah »

sutavijaya wrote:Memanfaatkan limbah foam bekas box anggur import, kebetulan mudah didapat (gratis) asal mau memungutnya.
sebenarnya saya sangat ngefans sekali dengan CN235, mungkin bangga karena sudah diproduksi di dalam negri, juga sosok karakteristik bpk BJ Habibie.
Mohon maaf sebelumnya, saya belum paham cara menghitung ukuran layak sebuah pesawat, ukuran yang saya pakai hanya berdasarkan insting dengan membandingkan sebuah foto, semua ukuran fiktif. saya mohon bantuannya para senior untuk menghitung wingloading pesawat ini.
Pada saat uji perdana terbang, pesawat ini sangat stabil dan mudah diterbangkan.

Specipikasi:
wingspan 105 cm
fuselage 86 cm
2x motor BL emax thrust @600gr
2x esc 30 amp
4x servo hxt 900
2x prop 7x4
Battre Li 3s 2200 mAh
Weight 900gr termasuk battre
Wing loading 50,42 gr/dm2 (by om Bodyguard)

Bahan yang digunakan untuk sayap 1,5cm, untuk body, elevator dan stabiliser/rudder 1 cm. Kebetulan tebal foam beda-beda.

Image


Om sutavijaya penerusnya Bpk Prof. DR BJ. HABIBIE......... :mtp :mtp
User avatar
sutavijaya
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 383
Joined: 28 Jul 2012, 21:34
Location: Subang - Cirebon, Jawa Barat

Re: Box anggur jadi CN 235

Post by sutavijaya »

purwanu wrote:CN-235....

Semoga benar2 terlahir kembali...

PakDe Sutavijaya!!
Salam kenal!!
Cantik banget hasil karyanya....


Kita doa bersama om Purwa semoga gatutkaca comeback
:doa :doa :doa
Post Reply