EchaBakti wrote:Matap om unding, noseheavy atw krn posisi motur kurang up trush sampai pesawat condong ke arah bawah terus.
@Om BG, pesawatnya sakit gigi jadi gak bisa ribut2, makanya videonya bisu.
Harus tahu perbedaan antara efek nose/tail heavy dgn efek up/down thrust. Pada saat pesawat melayang/gliding (tanpa power) maka nose/tail heavy bisa ketahuan. Disaat ada gaya dorong/tarik motor barulah ketahuan efek up/down thrustnya.
Wah makasih banyak neh Suhu Unding,lewat postingan ini,sy dapat banyak elmu....diantaranya mengenai CG dengan penaganannya.serta fungsi trust pada motor.jika mengamati penjelasan satu2 posisi cg yg tepat akan diketahui saat pesawat gliding( tanpa\low power).sementara masalah trust posisi motor,dapat diketahui saat pesawt diberi power\up throtel.berarti meski cg sdh tepat dimana bisa terlihat level saat gliding ,namun jika posisi trust motor kurang tepat maka karakter terbang akan nose\tail heavy dan itu bisa dirasakan langsung oleh sang pilot saat menerbangkan,karena jika ini terjadi, pastilah sang pilot melakukan tindakan besaran counter elevator. Nah....... kudu kompak neh antara cg ama si trust...agar karakter trbg bisa sempurna.....demikian anggapan saya. dimohon pencerahan rekan2 bila perlu perbaikan pada kesimpulan saya ini., Salam kompak selalu
Last edited by hidayat07 on 01 Dec 2012, 07:30, edited 1 time in total.
hidayat07 wrote:Wah makasih banyak neh Suhu Unding,lewat postingan ini,sy dapat banyak elmu....diantaranya mengenai CG dengan penaganannya.serta fungsi trust pada motor.jika mengamati penjelasan satu2 posisi cg yg tepat akan diketahui saat pesawat gliding( tanpa\low power).sementara masalah trust posisi motor,dapat diketahui saat pesawt diberi power\up throtel.berarti meski cg sdh tepat dimana bisa terlihat level saat gliding ,namun posisi trust motor kurang tepat maka karakter terbang akan nose\tail heavy. Wah kudu kompak neh atara cg ama si trust...agar karakter trbg bisa sempurna.....demikian anggapan saya.mohon pencerahan rekan2 bila perlu perbaikan pada kesimpulan saya ini., Salam kompak selalu
Sebab banyak urusan keluarga jadinya kelapter Hasanuddin kesiangan, rencananya mau coba Funjet dgn battery 4 cell, didampingi oleh 2 saudaranya
Dan juga oleh temannya
Belum sempat testing Funjet, malah hujan deras turun hingga petang hari ... dan runway penuh dgn genangan air. Dari pada kecewa terpaksa saudara tuanya saja yg diterbangkan