selamat malam, selamat pagi suhu suhu gaero..lama banget tak bersua dan ngoprek sparepart aeromodel..
iseng iseng mau experiment pesawat terbang lagi..yang kemarin belum juga terbang dengan bagusnya dan akhirnya hancur, shaft motor bengkok dll.
mumpung habis ganti shaft motor, pengen nyoba lagi bikin pesawat dan belum tahu modelnya.
mohon pencerahan ,iseng iseng nyoba motor dikasih dudukan kayu dan dipasang propepeler, begitu dicoba memutar motor kok kalo di rasa rasa seperti ada tenaga yang memuntir jika dudukan motor dipegang ya? jika motor berputar kekiri seakan ada gaya memuntir kekiri, jika motor berputar kekanan ada gaya memuntir kekanan.
dari efek puntir tersebut apakah ada hubungannya dengan perancangan dimana motor di atur pada posisi right thrust dan down thrust apakah ini digunakan untuk mengkompensasi gaya puntir motor supaya pesawat tidak ikut berputar mengikuti gaya puntir motor plus propeler.
dari percobaan kok dirasa rasa makin panjang propeler makin kuat puntirnya yaa??
demikian terima kasih suhu suhu gaero
gaya puntir motor
Moderator: NGL
- wisnumurti
- Technical Sergeant
- Posts: 381
- Joined: 31 Dec 2009, 12:03
- Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
- Contact:
- yoyonh
- Senior Master Sergeant
- Posts: 707
- Joined: 01 Aug 2010, 23:16
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: gaya puntir motor
Maaf ya om, apa tidak kebalik ya effect puntirnya?
Karena motor itu terdiri dari rotor dan stator, jadi kalau rotor berputar ke kiri maka secara otomatis moment stator adalah kekanan CMIIW.
Karena motor itu terdiri dari rotor dan stator, jadi kalau rotor berputar ke kiri maka secara otomatis moment stator adalah kekanan CMIIW.
- wisnumurti
- Technical Sergeant
- Posts: 381
- Joined: 31 Dec 2009, 12:03
- Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
- Contact:
Re: gaya puntir motor
hehehe iya kali ya om yoyoh mungkin saya yang salah orientasi. ya pokoknya gitu deh om yang dirasa gak cuma daya dorong tapi juga gaya puntir.
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: gaya puntir motor
iya om, makanya dikasihh side thrust alias right thrust,kalo diliat dari arah belakang, utk motor yg muternya CW, atau left thrust utk motor yg muternya CCW.semua liatnya dari belakang kedepan ya
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: gaya puntir motor
iwan21 wrote:iya om, makanya dikasihh side thrust alias right thrust,kalo diliat dari arah belakang, utk motor yg muternya CW, atau left thrust utk motor yg muternya CCW.semua liatnya dari belakang kedepan ya
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini
oh ya suhu sekalian nambahin CMIIW diambil dimuka ya...hehehe....salah satu faktor untuk mengurangi torque roll (yang sering bikin pesawat muntir) selain dengan side thrust yang pernah saya baca di mbah guugle yaitu dengan menambahkan kecepatan awal (Vo) khususnya pesawat yang di handlaunch....tepatnya dengan menambah tenaga pada saat melempar pesawat itu juga dengan mengurangi throtle motor.....CMIIW lagi...


- wisnumurti
- Technical Sergeant
- Posts: 381
- Joined: 31 Dec 2009, 12:03
- Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
- Contact:
Re: gaya puntir motor
iwan21 wrote:iya om, makanya dikasihh side thrust alias right thrust,kalo diliat dari arah belakang, utk motor yg muternya CW, atau left thrust utk motor yg muternya CCW.semua liatnya dari belakang kedepan ya
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini
wah sip suhu apa kabar..hehehe sekali ketemu suhu roji ternyata enak diajak ngobrol , andaikan gaya puntir bisa di ukur dan gaya dorong bisa di ukur , apakah metode ini bisa digunakan untuk menentukan sudut right thrustnya..heheheh...lagi kepikir pesawat melintir terus soale ...mau terbang tapi cenderung yaw kekiri kalo dilihat dari belakang dan muter terus nyungsep soale heheh.,,tapi hati udah gembira dikit lah om bisa terbang ..dan posisi motor memang saya bikin lurus.
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: gaya puntir motor
wisnumurti wrote:wah sip suhu apa kabar..hehehe sekali ketemu suhu roji ternyata enak diajak ngobrol , andaikan gaya puntir bisa di ukur dan gaya dorong bisa di ukur , apakah metode ini bisa digunakan untuk menentukan sudut right thrustnya..heheheh...lagi kepikir pesawat melintir terus soale ...mau terbang tapi cenderung yaw kekiri kalo dilihat dari belakang dan muter terus nyungsep soale heheh.,,tapi hati udah gembira dikit lah om bisa terbang ..dan posisi motor memang saya bikin lurus.
Kabar baek Alhamdulillah

betul, kalo pesawat buatan pabrikan ini angkanya udah dihitung om, kalo kita bikin ya patokannya 2 sampe 3 derajat, trial n error pasnya berapa
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: gaya puntir motor
cuman sedikit curhat soal power train (belum bicara soal karakteristik pesawat loh ya) dan ini juga kalau bener loh, walau sudah di kasih right thrust tapi pada saat take off pesawat tetep mlintir ke kiri ada kemungkinan over power jadi sebagai kompensasinya kalau enggak mau ganti motor/mesin ya apalagi kalau skill throttle management nya harus lebih diasah lagi ............. kira2 gituh enggak ya suhu ......
salam

salam
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: gaya puntir motor
fajar wrote:oh ya suhu sekalian nambahin CMIIW diambil dimuka ya...hehehe....salah satu faktor untuk mengurangi torque roll (yang sering bikin pesawat muntir) selain dengan side thrust yang pernah saya baca di mbah guugle yaitu dengan menambahkan kecepatan awal (Vo) khususnya pesawat yang di handlaunch....tepatnya dengan menambah tenaga pada saat melempar pesawat itu juga dengan mengurangi throtle motor.....CMIIW lagi...![]()
mungkin ini berlaku utk motor2 ber rpm tinggi yg make propeler diameter kecil kali om, kalo motor ber rpm rendah kan otomatis torsinya gede
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: gaya puntir motor
toto wrote:cuman sedikit curhat soal power train (belum bicara soal karakteristik pesawat loh ya) dan ini juga kalau bener loh, walau sudah di kasih right thrust tapi pada saat take off pesawat tetep mlintir ke kiri ada kemungkinan over power jadi sebagai kompensasinya kalau enggak mau ganti motor/mesin ya apalagi kalau skill throttle management nya harus lebih diasah lagi ............. kira2 gituh enggak ya suhu ......![]()
salam
bisa jadi wak suhu, kalo saya sih kebanyakan pakenya motor2 pyg owernya pas2an bahkan kadang kurang
kalo wak suhu kan maennya udah mesin yg segede2 gambreng