
Heli ini merupakan heli nitro engine size 91 terbaru dari Align dengan menggunakan sistem Direct Flight Control (DFC) dimana swashplate berhubungan langsung dengan mainblade tanpa melalui mixing arm seperti pada heli flybar, yang berarti makin sedikit bagian bergerak pada rotor head, hambatan angin berkurang, putaran rotor lebih ringan dan lebih kencang.
Pada KIT ini saya menggunakan part & electronic bawaan pabrik kecuali Align BEC 2in1 yang saya ganti dengan Castle Creation BEC Pro yang mampu mensupply daya 20amp dan voltase nya bisa di sesuaikan. Saya menggunakan 6,8volt untuk seluruh servo kecuali servo rudder yang menggunakan 5,1volt stepdown. Engine menggunakan OS 105Hz-R + muffler Powerbost 105 dan fuel 30% nitro.
Paket yang ditunggu-tunggu

Canopy motif baru + dapat handuk Align


Frame model baru dan tail boom baru lebih panjang 22mm dari Trex seri 700 non DFC (DFC 800mm - non DFC 778mm)

Rotor Head DFC + 3Gx Flybarless System

Servo Align DS615 x 3pc , DS655 x 1pc, Align 2in1 BEC

Part tambahan : servo throtle DS615 1pc, glow plug extension, servo extension 8pc

Main frame

Main Gear dan autorotation gear helical

Perakitan frame, saya menggunakan loctied merah pada tiap baut supaya lebih tahan lama

Sensor governor Align

Rumah kopling dengan pinion helical


Tidak memakan waktu lama, frame pun mulai terbentuk dengan servo terpasang


Perbandingan ukuran frame yang mirip dengan T600n dan body lebih langsing


Saya memisahkan kabel signal servo dan kabel daya. Seluruh kabel signal masuk ke 3Gx sesuai jalurnya dan kabel daya dijadikan satu masuk ke BEC dengan menggunakan servo conector dari kabel extension. Saya melakukan hal ini untuk mengurangi panas di 3Gx karena harus mensuplly seluruh daya servo melalui jalur di dalamnya sekaligus membagi signal servo dan mengatur governor dan juga menjadi receiver. Dengan konfigurasi seperti ini, arus daya dan signal servo menjadi langsung dari sumbernya.



Perakitan rotorhead


Dari pengalaman sebelumnya, Trex600n saya lepas baut penahan spindle (feathering shaft) saat terbang, maka baut-baut yang ada di bersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang ada, setelah itu dberi loctied secara merata. Dari pengamatan saya, cukup banyak baut2 yang terpasang kurang kencang dan tidak menggunakan loctied. Sebaiknya seluruh baut di bongkar ulang dan diberi loctied secukupnya.




Desain tail slider baru, lebih kokoh dan presisi


Akhirnya engine nya datang juga



Cek bearing dalam, tidak ada karat, aman untuk lanjut perakitan

Dapat 2 macam head spacer, kuningan 0,2mm tembaga 0,1mm. Tergantung kadar nitro yang kita gunakan


Karena saya menggunakan 30% nitro, maka saya menggunakan 2 head spacer kuningan

Engine mounting terpasang

Velocity stack terpasang, untuk meningkatkan volume udara ke karburator, saat memasang engine cover, saya harus memotong sedikit plastik engine cover untuk menyesuaikan bentuk velocity stack ini.

Siap untuk dipasang ke frame

Servo throtle terhubung dengan karburator, posisi throtle di remote 50%

Saat setting 50% throtle, indikator karburator berada di tengah 3 garis dalam lingkaran kuning, lingkaran biru di kanan adalah posisi 0% throtle dan lingkaran merah dikanan adalah posisi 100% throtle. Hal ini penting untuk menyesuaikan settingan di remote dan posisi sebenarnya di karburator agar governor bisa bekerja lebih akurat.

Saya menggunakan LIpo Rx 2550mah untuk mengurangi bobot

Saat setting 3Gx, sudut kemiringan swashplate untuk aeleron dan elevator dibuat 8 derajat. Apabila kita ingin menambah sudut nya diatas 8 derajat, bisa dilakukan di Flight mode setting setelah selesai kalibrasi 3Gx.

Untuk glow plug saya menggunakan extension sehingga tidak menggunakan glow igniter bawaan kit. Dudukan adapter nya dibuat dari plat aluminium.

Untuk kabel ground nya saya baut ke bottom plate engine yang kebetulan sudah ada lubang baut.

Secara fisik, ukuran nya sama dengan saudara nya T700e DFC


Selesai perakitan, siap tes flight dan break in engine

Kalau ada saran2 dan masukan2 dari rekan2 sekalian, saya sangat mengharapkannya untuk menambah pengetahuan saya dan rekan2 lain juga.
Bersambung