normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

User avatar
eenoph
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 66
Joined: 11 Jul 2011, 13:04
Location: Jakarta - Pondok Cabe

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by eenoph »

ijin ikutan nimbrung ya om....
kayanya utk mendarat mulus lebih gampang pake unpowered landing ato ada yg bilang baby auto. aktifin throttle hold di ketinggian kurang dari 50cm, tinggal mainin pitch aja ga perlu pake pitch negatif. biasanya lebih gampang lagi kalo ada sedikit forward speed.
kalo utk autorotation, heli 450 aga susah ngepas kan timing flare nya, kalo kecepetan - kehabisan headspeed, kalo telat - lgsg nyium bumi.... :gg
User avatar
flatnflow
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 20 Aug 2011, 19:16
Location: Subang, West Java, Indonesia
Contact:

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by flatnflow »

Budiman wrote:
flatnflow wrote:
Budiman wrote:saya kira, lamanya terbang tergantung dari manuver apa yang dilakukan...pada heli, jika lebih banyak hovering, justru akan mengkonsumsi power yang lebih besar yg berujung pada lama terbang daripada seperti melakukan forward flight...
oh jdi pitch ga terlalu berpengaruh utk lama terbang ya? emg bener juga ya suhu, semakin lama hover, perasaan waktu terbang mkin singkat,karena throttle sering tiba2 naik turun. tapi apakah wajar motor heli 450 sy selalu panas sekali setelah terbang, apakah normal pitch & throttle nya blm pas? sy pke kurva throttle 0-40-65-85-100. pitch 42-45-70-80-100.

Bisa jadi, Pak...waktu saya masi nerbangin 450, throttle curve saya set sekitar 85-86% di point ke tiga dengan pitch sekitar 5 deg positif di point yang sama. Hal ini saya terpaksa saya lakukan karena sebelumnya ESC selalu hangus atopun motor jadi panas, saat menggunakan throttle 50-65% di point yang sama dg pitch yang juga 5 deg positif, tapi saya menggunakan wooden blade 315mm ato 325mm. Wooden main blade jelas lebih berat daripada carbon. Mungkin ini akan berbeda jika saya menggunakan carbon blade.
Kemudian satu lagi, pinion pada motor juga saya ganti, saya lupa berapa teeth yang digunakan, namun penggunaan pinion yang tepat juga akan memberikan progress yang significant untuk masalah ini.
Heli saat hover, hanya mengandalkan besarnya pitch pada main blade(untuk mempertahankan altitude tertentu) yang mana ini memberikan beban tersendiri bagi ESC dan BL motor. Beban ini akan berkurang saat heli bergerak fast forward flight, karena heli dibantu oleh air speed yang dihasilkan secara alami.
Untuk autorotation, saya selalu gagal dgn 450 namun sebaliknya dengan heli kelas 50 engine, seperti T-Rex 600.
utk pinion sy lupa pake berapa, tapi motor berasa panas tdk wajar saat sudah hover 2-3 menit, utk blade sy pake carbon. terimakasih atas pencerahan nya suhu, semua masukan di atas akan saya jadikan referensi, semoga bisa terpecahkan masalah saya.
User avatar
flatnflow
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 20 Aug 2011, 19:16
Location: Subang, West Java, Indonesia
Contact:

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by flatnflow »

ipin17 wrote:
flatnflow wrote:suhu sahid bagi tips dong utk landing supaya mulus. sering liat landing autorotation kyny enak bngt tuh suhu. apakah benar, semakin kecil heli semakin kesulit melakukan autorotation saat landing.ya? utk trex 450 apakah throttle hold di set di angka 0% atau berapa ya utk autorotation? dan throttle hold pitchnya di set brp ya? mohon pencerahan
:doa


Kalau saya pake untuk autorotation di trex 450 itu untuk pitch curve (satuan sudut derajat pitch) -5 INH 50 INH 100, saya contek di manual nya, throttle hold di set 0%. Memang lebih susah main auto di heli 450, kalau saya sih sebelum ceklek switch hold saya pastikan dulu putaran main blade rpm nya maksimum dan ketinggian nya cukup lah gak terlalu tinggi banget, jadi sebelum auto saya pastikan dari idle 2 yang throttle nya flat 100%. Dari kira2 10 kali yang berhasil 6 lah, sisanya hard landing :hi3 kalo gak landing skid nya remuk ya tail gear mrotol, makanya di trex 450 auto hanya untuk jaga2 saja, nggak tau kalo di heli gede bagaimana karena belum pernah nyoba karena lebih banyak main di micro heli, 450 main nya sekali2 saja
berari saat switch t.hold di ceklek stick throttle harus diatas 50% ya pak untuk menghindari pitch -, dan kalo throttle hold di set di angka 20/30% bisa gak ya?
User avatar
flatnflow
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 20 Aug 2011, 19:16
Location: Subang, West Java, Indonesia
Contact:

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by flatnflow »

suhu ayung_bjm, apakah kurva pitch tidak boleh lebih tinggi daripada kurva throttle? settingan di tx saya kurva pitch 1 s/d 3 lebih besar daripada kurva throttle, apakah ini yang membuat motor saya panasnya tidak wajar?
User avatar
flatnflow
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 20 Aug 2011, 19:16
Location: Subang, West Java, Indonesia
Contact:

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by flatnflow »

eenoph wrote:ijin ikutan nimbrung ya om....
kayanya utk mendarat mulus lebih gampang pake unpowered landing ato ada yg bilang baby auto. aktifin throttle hold di ketinggian kurang dari 50cm, tinggal mainin pitch aja ga perlu pake pitch negatif. biasanya lebih gampang lagi kalo ada sedikit forward speed.
kalo utk autorotation, heli 450 aga susah ngepas kan timing flare nya, kalo kecepetan - kehabisan headspeed, kalo telat - lgsg nyium bumi.... :gg
makasih suhu masukan nya, yang dimaksud timing flare apa ya? maklum newbie...
User avatar
eenoph
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 66
Joined: 11 Jul 2011, 13:04
Location: Jakarta - Pondok Cabe

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by eenoph »

flatnflow wrote:
eenoph wrote:ijin ikutan nimbrung ya om....
kayanya utk mendarat mulus lebih gampang pake unpowered landing ato ada yg bilang baby auto. aktifin throttle hold di ketinggian kurang dari 50cm, tinggal mainin pitch aja ga perlu pake pitch negatif. biasanya lebih gampang lagi kalo ada sedikit forward speed.
kalo utk autorotation, heli 450 aga susah ngepas kan timing flare nya, kalo kecepetan - kehabisan headspeed, kalo telat - lgsg nyium bumi.... :gg
makasih suhu masukan nya, yang dimaksud timing flare apa ya? maklum newbie...


Anu om, itu loh yg wktu ngangkat idung (nose up) untuk ngerem sblm touch down. Utk 450 kayanya diketinggian sktr 1 meteran.
User avatar
flatnflow
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 20 Aug 2011, 19:16
Location: Subang, West Java, Indonesia
Contact:

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by flatnflow »

eenoph wrote:
flatnflow wrote:
eenoph wrote:ijin ikutan nimbrung ya om....
kayanya utk mendarat mulus lebih gampang pake unpowered landing ato ada yg bilang baby auto. aktifin throttle hold di ketinggian kurang dari 50cm, tinggal mainin pitch aja ga perlu pake pitch negatif. biasanya lebih gampang lagi kalo ada sedikit forward speed.
kalo utk autorotation, heli 450 aga susah ngepas kan timing flare nya, kalo kecepetan - kehabisan headspeed, kalo telat - lgsg nyium bumi.... :gg
makasih suhu masukan nya, yang dimaksud timing flare apa ya? maklum newbie...


Anu om, itu loh yg wktu ngangkat idung (nose up) untuk ngerem sblm touch down. Utk 450 kayanya diketinggian sktr 1 meteran.
oiya,,, iya om tau mksh ya, jadi semakin menambah kosakata aero,,, hehehhe...!!! btw nerbangin heli 450 juga om??
User avatar
ayung_bjm
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 641
Joined: 25 Jan 2007, 00:17
Location: banjarmasin
Contact:

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by ayung_bjm »

flatnflow wrote:suhu ayung_bjm, apakah kurva pitch tidak boleh lebih tinggi daripada kurva throttle? settingan di tx saya kurva pitch 1 s/d 3 lebih besar daripada kurva throttle, apakah ini yang membuat motor saya panasnya tidak wajar?


Sebaiknya sih lebih tinggi kurva throtle daripada kurva pitch karena motor perlu bekerja di rpm ideal nya supaya proses pendinginan nya berjalan normal dan daya yg diperlukan lebih efisien (bayangkan kalo motor electrik saat start trus kita tahan putarannya, pasti boros daya = panas). Kalo di motor electrik, yang penting rpm nya cukup untuk setiap beban pitch, jadi untuk gampangnya kita pakai rumus throtle > pitch
Di T450 saya pake throtle 0 - 70 - 100 dan pitch 35 - 50 - 100 jadi heli mulai hover diatas setengah stik pitch. Dengan ini rpm motor sudah cukup untuk bekerja normal mengangkat heli, andai pitchnya di naikkan full pun, rpm nya akan naik lebih tinggi juga. :ide
User avatar
pinguin6218
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 63
Joined: 09 Aug 2012, 15:36
Location: Jakarta

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by pinguin6218 »

:mtp setuju banget
User avatar
flatnflow
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 20 Aug 2011, 19:16
Location: Subang, West Java, Indonesia
Contact:

Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?

Post by flatnflow »

brarti suhu ayung cma pke 3 titik kurva ya buat pitch & throttlr nya?
Post Reply