Apa benar engine yang dipasang terbalik menyebabkan busi (glow plug) cepat putus? Penasaran aja ketika seorang teman di komunitas memasang engine di pesawat dengan head menghadap kebawah, alasannya untuk menyembunyikan engine tersebut biar pesawat lebih bagus kelihatannya, tapi belakangan ada keluhan bahwa glow plugnya cepat sekali mati, 4 atau 5 kali flight busi sudah putus, padahal sebelumnya di engine yang sama dengan posisi engine tidak terbalik lama sekali busi baru mati, mohon pencerahan.
Wah ini pengalaman baru, saya pake engine 4 stroke di pesawat Mustang tapi sudah beberapa lama kondisinya masih bagus2 saja padahal enginenya dipasang invert (cylinder head menghadap ke bawah)... Apa karena jarang terbang ya...? Mungkin para pakar bisa jelasin nih... Atau ada teman2 lain yg punya pengalaman mengenai hal ini...?
koq aneh ya... , kami tidak menjumpai keadaan seperti itu..dg posisi pemasangan eng yang sma barangkali pengaruh fuel jg bs Pak... ketika penyimpanan sisa2 fuel numpuk ke busi
sekedar berbagi info saja ya .... pada umumnya engine pada pesawat saya dipasang inverted dan sampai saat ini normal2 saja deh tuh life time busi nya, tapi apa iya ya karena kebiasaan saya selesai main pesawat sebelum dikemas dihidupkan sampai tetes darah terakhir .... tapi yang menarik ada engine temen dipasang inverted, boro2 dipakai terbang, ganti busi setting2 tahu mati dan waktu di lihat busi nya putus tuh kawat pembaranya ...... mohon kiranya mendapatkan pencerahan dari para suhu engine glow ............
toto wrote:sekedar berbagi info saja ya .... pada umumnya engine pada pesawat saya dipasang inverted dan sampai saat ini normal2 saja deh tuh life time busi nya, tapi apa iya ya karena kebiasaan saya selesai main pesawat sebelum dikemas dihidupkan sampai tetes darah terakhir
toto wrote:sekedar berbagi info saja ya .... pada umumnya engine pada pesawat saya dipasang inverted dan sampai saat ini normal2 saja deh tuh life time busi nya, tapi apa iya ya karena kebiasaan saya selesai main pesawat sebelum dikemas dihidupkan sampai tetes darah terakhir
Busi saya pakai sdh lebih 2 tahun masih awet pada engine 55 dgn posisi terbalik pada pswt PC 9, sebelum engine dinyalakan businya dilepas dan dicuci dgn methanol atau fuel hingga endapan castor oil sdh tidak ada lalu pasang pada pemanas hingga filamen berpijar sempurna, kemudian pasang kembali businya pada engine.