chuck pada gasoline

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
sutanto
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 848
Joined: 14 Feb 2013, 11:24

chuck pada gasoline

Post by sutanto »

mohon petunjuk pada para suhu

:? saya baru belajar plane gasoline dan untuk menghemat pemakaian kill switct saya coba rumusan beberapa suhu lainnya untuk memasang servo pada chuck untuk mematikan mesin, apakah kira2 pengaruh ke engine gasolinennya ya, dan karena saya hanya punya remote 7c terkadang untuk menghidupkan flap dan rectract saya kekurangan slot alhasil baterai receiver atau cdi saya y dengan servo lainnya kira2 masalah ngak ya, udah dicoba terbang beberapa kali kayaknya belum nemu problem, makasih sebelumnya para suhu :?
User avatar
AnnasKaruniawan
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 358
Joined: 22 Jul 2010, 20:45
Location: Yogyakarta

Re: chuck pada gasoline

Post by AnnasKaruniawan »

bantu jawab ya suhu
kalo dulu pernah dapet info dari temen, kalo bisa utk mematikan mesin gasoline tetap pada cdi nya atau pake kill switch. soalnya kalo pake model choke atau "dicekik" karburatornya, kata temen bisa merusak membran klep nya.

mohon koreksi suhu2 yang lain.

salam
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: chuck pada gasoline

Post by toto »

sejauh ini saya utk mematikan engine gas ya pakai chuck itu enggak punya dampak apa2 terhadap engine, kenapa saya pakai chuck ya semata abis mau beli kill switch belon kesampaian .... tapi ada tapinya jangan sampai entar switchnya ke pencet atau ke ceklek pas di udara loh ........... sebagai bagian maintenance engine2 saya baik yang glow ataupun spark setiap habis main selalui fuel dihabiskan dengan cara menghidupkan engine terus kalau sisa nya masih banyak ya di sedot dulu lah sisakan sedikit dari proses ini alhasil salah satu efeknya irit busi karena kebanyakan engine dipasang inverted ...................






salam
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 124
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: chuck pada gasoline

Post by Faridfadlan »

Mohon maaf sebelumnya suhu sekalian, yang pernah saya pelajari fungsi choke pada karburator adalah memberikan campuran yang kaya pada engine yang biasanya dilakukan pada saat engine masih dingin, sebahagian orang digunakan untuk mematikan engine, karena engine akan kekurangan pasokan udara lalu mati.
Kalau masalah membran koq sepertinya gak ada, mohon maaf kalau saya salah. sekali lagi mohon maaf kalau ada yang salah.
User avatar
hulmannapit
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 714
Joined: 31 Dec 2009, 11:35
Location: Ambon&Bandung

Re: chuck pada gasoline

Post by hulmannapit »

Ikut menyimak.....tapi kok malah jadi semakin galau... :hi3
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 124
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: chuck pada gasoline

Post by Faridfadlan »

sutanto wrote:mohon petunjuk pada para suhu

:? saya baru belajar plane gasoline dan untuk menghemat pemakaian kill switct saya coba rumusan beberapa suhu lainnya untuk memasang servo pada chuck untuk mematikan mesin, apakah kira2 pengaruh ke engine gasolinennya ya, dan karena saya hanya punya remote 7c terkadang untuk menghidupkan flap dan rectract saya kekurangan slot alhasil baterai receiver atau cdi saya y dengan servo lainnya kira2 masalah ngak ya, udah dicoba terbang beberapa kali kayaknya belum nemu problem, makasih sebelumnya para suhu :?

kalau untuk mematikan mesin kan bisa menggunakan throttel cut yang di set minus jadi gak usah pakai chuck, mohon maaf kalau gak sesuai yang dimaksud.
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 304
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Re: chuck pada gasoline

Post by richard »

Paling aman dengan kill switch. Kalau slot chanel di receiver tdk cukup, buatkan switch on-off saja di fuselage.
Walaupun choke sudah tertutup sempurna, ada lobang di daun choke yg membuat mesin bisa tetap mendapat pasokan O2
User avatar
jong66
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 251
Joined: 23 Apr 2011, 15:21
Location: Salatiga nan suejuk di lerengnya Merbabu

Re: chuck pada gasoline

Post by jong66 »

Faridfadlan wrote:
sutanto wrote:mohon petunjuk pada para suhu

:? saya baru belajar plane gasoline dan untuk menghemat pemakaian kill switct saya coba rumusan beberapa suhu lainnya untuk memasang servo pada chuck untuk mematikan mesin, apakah kira2 pengaruh ke engine gasolinennya ya, dan karena saya hanya punya remote 7c terkadang untuk menghidupkan flap dan rectract saya kekurangan slot alhasil baterai receiver atau cdi saya y dengan servo lainnya kira2 masalah ngak ya, udah dicoba terbang beberapa kali kayaknya belum nemu problem, makasih sebelumnya para suhu :?

kalau untuk mematikan mesin kan bisa menggunakan throttel cut yang di set minus jadi gak usah pakai chuck, mohon maaf kalau gak sesuai yang dimaksud.

Saya juga pakai cara yg sama om, di-throttle cut.
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 124
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: chuck pada gasoline

Post by Faridfadlan »

jong66 wrote:
Faridfadlan wrote:
sutanto wrote:mohon petunjuk pada para suhu

:? saya baru belajar plane gasoline dan untuk menghemat pemakaian kill switct saya coba rumusan beberapa suhu lainnya untuk memasang servo pada chuck untuk mematikan mesin, apakah kira2 pengaruh ke engine gasolinennya ya, dan karena saya hanya punya remote 7c terkadang untuk menghidupkan flap dan rectract saya kekurangan slot alhasil baterai receiver atau cdi saya y dengan servo lainnya kira2 masalah ngak ya, udah dicoba terbang beberapa kali kayaknya belum nemu problem, makasih sebelumnya para suhu :?

kalau untuk mematikan mesin kan bisa menggunakan throttel cut yang di set minus jadi gak usah pakai chuck, mohon maaf kalau gak sesuai yang dimaksud.

Saya juga pakai cara yg sama om, di-throttle cut.

jadi gak perlu pasang servo chuck untuk matikan mesin? kalau untuk mematikan baterai CDI atau rX bisa dipasang switch pada fuselage seperti saran suhu Richard.
salam buat suhu Richard.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: chuck pada gasoline

Post by toto »

Ikut menyimak ya om ... Ini kalau saya perhatikan diskusi nya jadi bercabang deh antara pasang servo utk choke dan bagaimana mematikan engine dan bagaimana mematikan sistem spark electronic nya ....

Kalau soal pasang servo utk choke sih sebetulnya masalah selera aja apakah waktu mau mancing fuel choke di aktifkan dengan cara ngerogoh atau biar enggak ribet choke bisa diaktifkan melalui remote yg sekalian juga bisa di fungsikan untuk mematikan engine bukan untuk mematikan sistem electronic nya .... Sedangkan untuk mematikan electronic nya bisa menggunakan kill switch ataupun manual switch .... Nah kalau memiliki semua fasilitas ya kenapa enggak pasang semua system yg proper gituh loh

Jadi kalau kill switch belum kebeli opsi pilihan tinggal matikan engine remotely pakai choke atau sesudah landing pesawat di pegangin terus men switch off catu daya ke CDI .... Ada juga yg bikin pakai relay utk mematikan catu daya ke cdi yg bisa diaktifkan remotely .... Semua ini ada lah pilihan dan kreasi

Kira2 gituh deh dari saya menikuti diskusi nya dan mohon maaf apabila pandangan saya ini salah maklum masih belajar terus nih sambil nabung utk bisa meminang kill switch yg pakai FO





Salam
Post Reply