Mengapa body heli miring ke kanan
Moderators: Budiman, irsansaputra
- Torohafidz
- Airman
- Posts: 47
- Joined: 22 Jan 2011, 18:45
- Location: Tegal
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
Untuk bodi heli sdh balance pak, miring kekanan karena sebab akibat yg dijelaskan suhu suhu diatas...
saya menduka posisi tail rotornya
saya menduka posisi tail rotornya
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
Kalo ga salah,
Ini fenomena "tail-rotor drift"...disebabkan tail rotor tidak sama tinggi dg main rotor untuk melakukan counter- act terhadap torque yg dihasilkan oleh main rotor..solusinya adalah men-sejajarkan tinggi tail rotor dg main rotor, sehingga tail rotor akan in-line dg torque point...
Heli piroutte saat hover dan miring?....ya,mungkin balik lagi dg kenyataan fenomena "tail rotor drift", dg catatan setting up mekanis dan elektronis sudah bener ya...
Kemudian, mungkin juga ada satu hal lagi yang menjadi penyebab hal ini, yaitu angin...maksud saya, heli yang memiliki optional setting up delta ratio pada rotor headnya (heli non FBL) akan memberikan reaksi yang berbeda saat diterpa oleh angin. Ini menyangkut perbandingan reaksi flybar saat diterpa angin terhadap perubahan pitch pada main rotor yang mana perubahan pitch ini disebabkan oleh gerak mekanis flybar itu sendiri...
Konon, dengan delta ratio yang tepat, maka flybar akan menggerakkan main rotor untuk membentuk prosentase pitch yg cukup agar heli dapat melawan angin dg sendirinya, tanpa input dari Tx...
Delta ratio juga berkaitan dg flybar ratio, berat paddle, panjang pendek flybar, bentuk paddle, dan sebagainya...kalo ga salah lho ya...

Ini fenomena "tail-rotor drift"...disebabkan tail rotor tidak sama tinggi dg main rotor untuk melakukan counter- act terhadap torque yg dihasilkan oleh main rotor..solusinya adalah men-sejajarkan tinggi tail rotor dg main rotor, sehingga tail rotor akan in-line dg torque point...

Heli piroutte saat hover dan miring?....ya,mungkin balik lagi dg kenyataan fenomena "tail rotor drift", dg catatan setting up mekanis dan elektronis sudah bener ya...

Kemudian, mungkin juga ada satu hal lagi yang menjadi penyebab hal ini, yaitu angin...maksud saya, heli yang memiliki optional setting up delta ratio pada rotor headnya (heli non FBL) akan memberikan reaksi yang berbeda saat diterpa oleh angin. Ini menyangkut perbandingan reaksi flybar saat diterpa angin terhadap perubahan pitch pada main rotor yang mana perubahan pitch ini disebabkan oleh gerak mekanis flybar itu sendiri...
Konon, dengan delta ratio yang tepat, maka flybar akan menggerakkan main rotor untuk membentuk prosentase pitch yg cukup agar heli dapat melawan angin dg sendirinya, tanpa input dari Tx...
Delta ratio juga berkaitan dg flybar ratio, berat paddle, panjang pendek flybar, bentuk paddle, dan sebagainya...kalo ga salah lho ya...

- Faridfadlan
- Senior Airman
- Posts: 124
- Joined: 23 Apr 2012, 00:55
- Location: Sidoarjo
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
Torohafidz wrote:kalo saya cek cgnya sih seimbang mas toha..saya cek cg dengan mengangkat heli di head stopernya
Check CG heli tidak bisa dengan mengangkat heli pada stopper headnya tapi dengan memegang head lalu dimiringkan kalau heli tidak berputar berarti sudah tepat, check saat hover lalu coba lepaskan stick TX sesaat kalau heli tidak berguling kekiri atau kekanan juga tidak menunduk atau mendongak berarti heli sudah bener bener balance kalau sudah demikian dipastikan saat pirouete akan tetap inline, kalau enggak berarti check lagi swashplate level, blade tracking, vertikal tail.Itu kalau menurut saya, tapi untuk mensetting heli dengan kondisi yang sedemikian sempurna akan memakan waktu dan biaya, akhirnya hanya akan sibuk mensetting heli trus gak pernah terbang, kecuali kita serius akan ikut lomba F3C, mohon maaf kalau tidak berkenan.



- Torohafidz
- Airman
- Posts: 47
- Joined: 22 Jan 2011, 18:45
- Location: Tegal
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
Faridfadlan wrote:Torohafidz wrote:kalo saya cek cgnya sih seimbang mas toha..saya cek cg dengan mengangkat heli di head stopernya
Check CG heli tidak bisa dengan mengangkat heli pada stopper headnya tapi dengan memegang head lalu dimiringkan kalau heli tidak berputar berarti sudah tepat, check saat hover lalu coba lepaskan stick TX sesaat kalau heli tidak berguling kekiri atau kekanan juga tidak menunduk atau mendongak berarti heli sudah bener bener balance kalau sudah demikian dipastikan saat pirouete akan tetap inline, kalau enggak berarti check lagi swashplate level, blade tracking, vertikal tail.Itu kalau menurut saya, tapi untuk mensetting heli dengan kondisi yang sedemikian sempurna akan memakan waktu dan biaya, akhirnya hanya akan sibuk mensetting heli trus gak pernah terbang, kecuali kita serius akan ikut lomba F3C, mohon maaf kalau tidak berkenan.![]()
![]()
Untuk cg depan belakang, dengan memiringkan heli memang bisa om...tapi kalo cg kanan kiri kayaknya susah om
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
Piouette in line tidak akan perna bisa terjadi tanpa adanya koreksi input dari Tx...swashplate 0 deg level juga bukan parameter yang saya kira tepat untuk menjamin heli akan stay on the spot saat hover...
Tuning up adalah bagian yang tidak terpisahkan dari R/C heli, apapun prinsip yang akan dianut..3D atokah F3C....karena hal ini akan menentukan manuver terbang yang akan dipergunakan...jadi ini soal selera.
Mempelajari F3C tidak perlu menunggu untuk menjadi serius atopun sebaliknya...soal akurasi dan kepresisian adalah tujuannya...makan waktu?...memang, tapi itulah konsekwensi untuk mencapai tujuan tersebut....soal mahal?...tergantung dari kita sendiri...modifikasi teknis pada heli 3D agar mendekati karakter heli F3C juga bisa dilakukan dg biaya yg murah....
Kecuali, akan menjadi mahal jika kita benar2 membeli kit heli F3C...kenapa heli F3C mahal?...ya mau gimana lagi, engineering nya sangat rapi dan akurat...
Kalo saya pikir lagi, justru F3C lah yang seharusnya mesti kita pelajari dulu sebelum menerbangkan R/C heli, karena semua hal pada F3C merupakan konsep dasar dari R/C heli....
Tapi sekali lagi, ini semua soal selera...jika ingin mengetahui R/C heli lebih mendetail dan benar, belajarlah soal F3C...menurut saya lho ya...
Tuning up adalah bagian yang tidak terpisahkan dari R/C heli, apapun prinsip yang akan dianut..3D atokah F3C....karena hal ini akan menentukan manuver terbang yang akan dipergunakan...jadi ini soal selera.
Mempelajari F3C tidak perlu menunggu untuk menjadi serius atopun sebaliknya...soal akurasi dan kepresisian adalah tujuannya...makan waktu?...memang, tapi itulah konsekwensi untuk mencapai tujuan tersebut....soal mahal?...tergantung dari kita sendiri...modifikasi teknis pada heli 3D agar mendekati karakter heli F3C juga bisa dilakukan dg biaya yg murah....
Kecuali, akan menjadi mahal jika kita benar2 membeli kit heli F3C...kenapa heli F3C mahal?...ya mau gimana lagi, engineering nya sangat rapi dan akurat...
Kalo saya pikir lagi, justru F3C lah yang seharusnya mesti kita pelajari dulu sebelum menerbangkan R/C heli, karena semua hal pada F3C merupakan konsep dasar dari R/C heli....
Tapi sekali lagi, ini semua soal selera...jika ingin mengetahui R/C heli lebih mendetail dan benar, belajarlah soal F3C...menurut saya lho ya...

- Torohafidz
- Airman
- Posts: 47
- Joined: 22 Jan 2011, 18:45
- Location: Tegal
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
[color=#FFFF00][/color]
Pencerahan dr suhu budiman lengkap sekali...terima kasih om, tapi karena msh newbi sy harus berulang ulang bacanya...(banyak istilah yg blm faham)
intinya kontrol input dr tx itu wajib
salam..
Budiman wrote:Piouette in line tidak akan perna bisa terjadi tanpa adanya koreksi input dari Tx...swashplate 0 deg level juga bukan parameter yang saya kira tepat untuk menjamin heli akan stay on the spot saat hover...
Tuning up adalah bagian yang tidak terpisahkan dari R/C heli, apapun prinsip yang akan dianut..3D atokah F3C....karena hal ini akan menentukan manuver terbang yang akan dipergunakan...jadi ini soal selera.
Mempelajari F3C tidak perlu menunggu untuk menjadi serius atopun sebaliknya...soal akurasi dan kepresisian adalah tujuannya...makan waktu?...memang, tapi itulah konsekwensi untuk mencapai tujuan tersebut....soal mahal?...tergantung dari kita sendiri...modifikasi teknis pada heli 3D agar mendekati karakter heli F3C juga bisa dilakukan dg biaya yg murah....
Kecuali, akan menjadi mahal jika kita benar2 membeli kit heli F3C...kenapa heli F3C mahal?...ya mau gimana lagi, engineering nya sangat rapi dan akurat...
Kalo saya pikir lagi, justru F3C lah yang seharusnya mesti kita pelajari dulu sebelum menerbangkan R/C heli, karena semua hal pada F3C merupakan konsep dasar dari R/C heli....
Tapi sekali lagi, ini semua soal selera...jika ingin mengetahui R/C heli lebih mendetail dan benar, belajarlah soal F3C...menurut saya lho ya...
Pencerahan dr suhu budiman lengkap sekali...terima kasih om, tapi karena msh newbi sy harus berulang ulang bacanya...(banyak istilah yg blm faham)
intinya kontrol input dr tx itu wajib
salam..
- tonotop
- Airman First Class
- Posts: 75
- Joined: 21 Jun 2008, 21:41
- Location: Villa Galaxi, Bekasi
- Contact:
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
Coba dulu om bikin tail blade tegak lurus atau sejajar dengan main shaft, dan coba terbangkan.
- Torohafidz
- Airman
- Posts: 47
- Joined: 22 Jan 2011, 18:45
- Location: Tegal
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
tonotop wrote:Coba dulu om bikin tail blade tegak lurus atau sejajar dengan main shaft, dan coba terbangkan.
iya om tono, masih seting vertikal tail bade, dicari yg pas mungkin ga harus tegak lurus sejajar dgn main shaft mengingat heli single blade saat hover miring kanan
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
Torohafidz wrote:tonotop wrote:Coba dulu om bikin tail blade tegak lurus atau sejajar dengan main shaft, dan coba terbangkan.
iya om tono, masih seting vertikal tail bade, dicari yg pas mungkin ga harus tegak lurus sejajar dgn main shaft mengingat heli single blade saat hover miring kanan
Kalo perkiraan saya, Om...tail rotor diposisikan sedemikian rupa sehingga torque dari main rotor menjadi in-line dg thrust yg dihasilkan oleh tail rotor..baru perkiraan saja lho, Om..soalnya saya juga tidak perna me-modifikasi heli menjadi spt ini...
- Torohafidz
- Airman
- Posts: 47
- Joined: 22 Jan 2011, 18:45
- Location: Tegal
Re: Mengapa body heli miring ke kanan
ya pak budiman...walaupun blm maksimal tapi agak mendingan setelah atur posisi tail