...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

Post Reply
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by ahmadbenny »

jamespaulus wrote:Buat Pak Ahmadbenny dan rekan lainnya,
pilihan fully synthetic oil Klotz Benol atau Klotz Techniplate tolong jangan dijadikan acuan.
Klotz cuma salah satu merek dari banyak pilihan oli di pasaran.
Saya percaya banyak merek merek lain yang lebih bagus dari Klotz.
saya pakai Klotz karena personal reference saja dan saya mudah mendapatkannya.
Silakan research sendiri sesuai pertimbangan Pak Benny ( merek, harga, kualitas, dan availability di market setempat tentunya...cuma main heli ngapain beli oli jauh jauh di Texas...kecuali mungkin nanti kalau mas Benny ikut kejuaraan dunia 3D )
Mohon maaf kalau ada kesalahan. Saya sendiri masih banyak belajar.
Salam


Makasih om james do'a nya,...cuma kaya'y bagaikan langit dan bumi tuh om,lahh....wong hover ajh gak klar2 ampe skarang.... :hi3 :kabur
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by ahmadbenny »

toto wrote:sekedar sharing aja dalam rangka mencari biaya murah untuk meneruskan kegemeran hobby aero maka ceritanya dimulai bisa di baca disini ni ............ viewtopic.php?f=18&t=8611 ............ semoga bisa menginspirasi rekan2 semua dan alhamdulillah hasil eksperimennya udah keabusan ide lagi mentara merenung dulu mencari ilham apalagi yang bisa di irit .......... :ktk




salam


Waahhhh.......dpet link ilmu lagi nih dari om suhu toto,.... :mtp kapan ya saya bisa merapat ke padepokan om suhu,mo berguru tentang per Enginan aeromodelling nih.... :gg
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by toto »

ahmadbenny wrote:
Waahhhh.......dpet link ilmu lagi nih dari om suhu toto,.... :mtp kapan ya saya bisa merapat ke padepokan om suhu,mo berguru tentang per Enginan aeromodelling nih.... :gg



waduh om sangat maaf yg setinggi tinggi nya ya karena saat ini padepokan SJAC-Perjuangan sedang tidak menerima murid baru karena sedang merundingkan tentang biaya pendaftaran, uang pangkal dan biaya harian kursus selain juga lagi keabisan ide apalagi yang mau dimodifikasi ............... :hi3


hasil modifikasi terakhir yang head to head penampakannya bisa dilihat di ........... viewtopic.php?f=18&t=12722&start=10 ....... hasil waktu diterbangkan jadi bingung ngebandinginnya karena enggak enak entar sama produsen engine gasoline ........ :gg




salam
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by Budiman »

ahmadbenny wrote:
Budiman wrote:Nunggu reviewnya Om Benny dulu deh... :ktk ....cuma saya agak ragu, jika ini di-aplikasi-kan untuk heli yang membawa "beban"..


Nah,...ada lagi ni suhu kita yang muncul.... :kgt maksudnya bawa beban gmn suhu,bukanya tiap terbang emang heli bawa beban suhu... :nw


Ini "beban" yang tidak biasa bagi heli, Om...bukan "beban" yang biasa dipergunakan untuk fun fly, maksud saya...

Jika hanya menggunakan 0% nitro , mungkin layak dicoba, namun hanya sekedar terbang yang "sangat biasa" dengan tanpa mengharapkan akselerasi engine yang sebagaimana mestinya, ibaratnya seperti menerbangkan heli dg kompresi engine yang agak loyo...ya, paling apes, heli " ngeloyor" ke mana2, saat pitch diubah dari low ke high pada setiap perubahan manuver....

Menurut pendapat saya,
Pada dasarnya, heli sangat memerlukan akselerasi engine lebih intens, diakui atopun tidak...karena keperluan throtle pada heli lebih significant perubahannya, mulai dari low ke middle ke high, dan sebaliknya, terlebih pada saat hover....mungkin buat fixed wing, hal ini bukanlah menjadi permasalahan yang mendasar, mengingat fixed wing, secara manuver, telah dibantu oleh "air speed" saat melaju, sehingga konsumsi fuel secara "nature", jelas jauh lebih irit dr pada heli (walopun engine mengalami modifikasi atopun tidak)... :hmm

Saya kok lebih prefer ke arah penggunaan Gasoline engine, jika memang penghematan operational cost menjadi tujuan akhir, namun modification cost ke arah gasoline juga bukan hal yang murah, saya kira.... :ktk

Buat Om Benny, lebih baik dicoba saja dulu saran dari temen2 ini, saya rasa tidak ada jeleknya juga untuk mencoba....perkara gagal ato tidak, itu urusan belakangan,karena itu adalah resiko dari sebuah proses Research & Development...yang penting helinya selamet...
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by sahid »

Budiman wrote:Ini "beban" yang tidak biasa bagi heli, Om...bukan "beban" yang biasa dipergunakan untuk fun fly, maksud saya...

Jika hanya menggunakan 0% nitro , mungkin layak dicoba, namun hanya sekedar terbang yang "sangat biasa" dengan tanpa mengharapkan akselerasi engine yang sebagaimana mestinya, ibaratnya seperti menerbangkan heli dg kompresi engine yang agak loyo...ya, paling apes, heli " ngeloyor" ke mana2, saat pitch diubah dari low ke high pada setiap perubahan manuver....

Menurut pendapat saya,
Pada dasarnya, heli sangat memerlukan akselerasi engine lebih intens, diakui atopun tidak...karena keperluan throtle pada heli lebih significant perubahannya, mulai dari low ke middle ke high, dan sebaliknya, terlebih pada saat hover....mungkin buat fixed wing, hal ini bukanlah menjadi permasalahan yang mendasar, mengingat fixed wing, secara manuver, telah dibantu oleh "air speed" saat melaju, sehingga konsumsi fuel secara "nature", jelas jauh lebih irit dr pada heli (walopun engine mengalami modifikasi atopun tidak)... :hmm

Saya kok lebih prefer ke arah penggunaan Gasoline engine, jika memang penghematan operational cost menjadi tujuan akhir, namun modification cost ke arah gasoline juga bukan hal yang murah, saya kira.... :ktk

Buat Om Benny, lebih baik dicoba saja dulu saran dari temen2 ini, saya rasa tidak ada jeleknya juga untuk mencoba....perkara gagal ato tidak, itu urusan belakangan,karena itu adalah resiko dari sebuah proses Research & Development...yang penting helinya selamet...


Sangat setuju dengan pendapat mas Budiman diatas , Kecuali memang Mas Ahmadbeny ingin lebih jauh mendalami riset :yes

fakta dilapangan sudah banyak dari pemain heli... bahwa heli perlu fuel dengan kadar nitro yg cukup ( saya tidak menafikan fungsi pelumasan...siapapun pasti menyadari bahwa fungsi pelumasan pada engine itu nomor satu..)
sesuai dengan judul...BBM murah untuk heli NITRO...asumsi saya menurunkan kadar Nitro atau tanpa Nitro sama sekali...dan ini seiring dengan gaya terbang seorang pilot heli..( dengan meningkatnya skill pasti g akan puas dengan patroli...) biasanya pilot heli justru mngubah fuel yang dipakai agar engine helinya lebih bertenaga.

Pilihan convert ke gasser utk heli mas AhmadBeny yang sekarang menurut saya jg bukan hal yg bijaksana...( ganti frame dll ) sdh ada teman kita di forum ini yg melakukan dan kayaknya jg sudah selesai.. :cup2
saat ini yang ada dipasaran Indonesia engine gasser khusus untuk heli lkayaknya baru Z dan O yang memang performa Ok..tanpa modif apapun tapi harganya jg lumayan , ada jg bikinan tetangga seberang laut dg labl C, tapi susahnya ampun2an dlm hal setting, yg terakhir ini sejatinya eng gasser pesawat dg sedikit modif pabrikan.

kalo tidak banyak waktu untuk riset dan tidak perlu utak-atik yg "jauh" rasanya ngebreak in engine dengan kadar nitro yg rendah adalah cara yg gampang untuk menghemat belanja BBM Nitro..

Ato terbang... :mtp
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by DedDredd »

Kalo nitro koq muahal, pertamax mahal di engine(sebenarnya nggak tll banyak selisihnya Pada klas heli 700), elektrik......aduuuuuuh.... :snm dgn sangat terpaksa saya koleksi elektrik untuk 450, nitro untuk 600, dan gasser untuk 700, efeknya cuman 1....nggak prnah sempat terbsng, kbanyakan utak-atik heli....
:gg
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 124
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by Faridfadlan »

DedDredd wrote:Kalo nitro koq muahal, pertamax mahal di engine(sebenarnya nggak tll banyak selisihnya Pada klas heli 700), elektrik......aduuuuuuh.... :snm dgn sangat terpaksa saya koleksi elektrik untuk 450, nitro untuk 600, dan gasser untuk 700, efeknya cuman 1....nggak prnah sempat terbsng, kbanyakan utak-atik heli....
:gg

itu dia serunya main heli utak-atik sejam terbang semenit, seting seminggu terbang 4 menit, gesser utak utik sebulan terbang 30 menit, :hre :hre :hre
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by ahmadbenny »

DedDredd wrote:Kalo nitro koq muahal, pertamax mahal di engine(sebenarnya nggak tll banyak selisihnya Pada klas heli 700), elektrik......aduuuuuuh.... :snm dgn sangat terpaksa saya koleksi elektrik untuk 450, nitro untuk 600, dan gasser untuk 700, efeknya cuman 1....nggak prnah sempat terbsng, kbanyakan utak-atik heli....
:gg


WL 911...ada,elektrik 450....ad,nitro 600...ada,yang terahir paling berat om,entah sampai kapan..... :nw :ampun :ampun
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by DedDredd »

ahmadbenny wrote:WL 911...ada,elektrik 450....ad,nitro 600...ada,yang terahir paling berat om,entah sampai kapan..... :nw :ampun :ampun


Progressnya bisa diprediksi dari peningkatan kelas 450 ke 600.... :hmm :hi3
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 124
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: ...BBM MURAH UNTUK HELI NITRO...

Post by Faridfadlan »

DedDredd wrote:
ahmadbenny wrote:WL 911...ada,elektrik 450....ad,nitro 600...ada,yang terahir paling berat om,entah sampai kapan..... :nw :ampun :ampun


Progressnya bisa diprediksi dari peningkatan kelas 450 ke 600.... :hmm :hi3

Yang pasti racun gesser akan sampai juga di kepala dan kompromi dengan menkeu
Post Reply