antara engine nitro dn gasoline

Berbagi tips , trick serta cara2 reparasi pesawat

Moderator: hadi

User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by Arya m 1991 »

Cukup dg fuel 0% nitro 4:1, yg penting bisa main glow engine dg fuel murah meriah, hehehe
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 124
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by Faridfadlan »

Jadi bingung yang ditanyakan Nitro dan Gasoline, kog jadi engine dan electric ........ :hmm :hmm
User avatar
Listya Nugroho
trainee
trainee
Posts: 14
Joined: 20 Oct 2012, 18:32
Location: Yogyakarta

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by Listya Nugroho »

Arya m 1991 wrote:Cukup dg fuel 0% nitro 4:1, yg penting bisa main glow engine dg fuel murah meriah, hehehe


bener itu om, saya juga pernah pake trik itu, tapi saya make buat kalau terbang santai, seperti kalau terbang trainer. Kalau untuk aerobatik sayang, power yang dihasilkan masih kurang.
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by ahmadbenny »

Yang saya bingung TS nya kmana nih..... :hmm ap lgi k HS bli engine nitro sama gassoline..... :gg :kabur
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by Arya m 1991 »

Listya Nugroho wrote:
Arya m 1991 wrote:Cukup dg fuel 0% nitro 4:1, yg penting bisa main glow engine dg fuel murah meriah, hehehe


bener itu om, saya juga pernah pake trik itu, tapi saya make buat kalau terbang santai, seperti kalau terbang trainer. Kalau untuk aerobatik sayang, power yang dihasilkan masih kurang.


Yupp sekedar terbang patroli aja, yg penting bisa menikmati penerbangan dg engine,, hehehe
User avatar
muchtar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 252
Joined: 25 Feb 2008, 12:48
Location: indramayu
Contact:

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by muchtar »

ahmadbenny wrote:Yang saya bingung TS nya kmana nih..... :hmm ap lgi k HS bli engine nitro sama gassoline..... :gg :kabur


Iya nih mestinya Kembali Ke LAPTOP,......
jadi kesimpulannya apa nih?........
Kalau pendapat saya: ....Buat pemula seperti saya
Engine Nitro lebih simpel, tapi itu Nitro (BBM) yang dijual di Indo. mesti Impor dan yang pastinya bikin harga lebih mahal,.

Engine Gassoline Agak ruwet, dengan spec yg sama ,..harga enggin itu sendiri lebih mahal dibandingkan nitro Enggine. tapi perawatan dan BBm nya lebih murah


sekarang tinggal kita yg menentukan : ,.... :ktk
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by Andri_Adr »

izin menyimak om..
dan berbagi pengalaman..

saya setelah sekian lama pake nitro, skr udah mulai beralih ke gasser..
tidak sesuai dengan yang dibayangkan, ternyata engine gasoline lebih mudah, murah, powerfull, suaranya merdu..
dan pastinya kalo dah pake engine gasoline, pesawatnya gede-gede..

salam,
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by toto »

Sedikit berbagi informasi tapi belum tentu bener loh ya :

1. Apapun engine nya baik glow atau spark performance yg dihasilkan berawal dari saat break'in dan memang utk mendapatkan hasil yg optimal hasil break'in untuk engine spark memerlukan waktu dan step yg lebih lama dan banyak dibandingkan engine glow

2. Pada engine spark begitu broken'in atau selesai br3ak'in dan setting sudah ketemu praktis setiap akan terbang tidak lagi memerlukan resetting dibandingkan dgn engine glow yg setiap awal penerbangan memerlukan setting diantara seperti mengangkat posisi pesawat jadi vertikal pakai di koclak2 segala. Engine spark yang pasti memerlukan sedikit setting ulang bila lokasi terbang memiliki beda ketinggian yg relatif berbeda banyak dr lokasi penerbangan sebelumnya

3. Mengingat power yg dihasilkan oleh engine spark kira2 3/4 dr engine glow untuk volume engine yg sama maka patut dipertimbangkan apabila ingin mengkonversi powertrain drpesawat yg tadi nya pakai engine glow utk di diganti pakai engine spark biar nanti hasilnya enggak under power

4. Pesawat terkecil yg akan dipasangkan dengan engine spark di rekomendasikan tidak lebih kecil pesawat kelas 60 dengan engine gas 15cc tapi alangkah lebih optimal kelas 90
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 671
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by topankaltim »

toto wrote:Sedikit berbagi informasi tapi belum tentu bener loh ya :

2. Pada engine spark begitu broken'in atau selesai br3ak'in dan setting sudah ketemu praktis setiap akan terbang tidak lagi memerlukan resetting dibandingkan dgn engine glow yg setiap awal penerbangan memerlukan setting diantara seperti mengangkat posisi pesawat jadi vertikal pakai di koclak2 segala. Engine spark yang pasti memerlukan sedikit setting ulang bila lokasi terbang memiliki beda ketinggian yg relatif berbeda banyak dr lokasi penerbangan sebelumnya



Halo Pakde Suhu Toto..boleh ya tanya sedikit tentang lokasi dengan ketinggian yang berbeda dengan lokasi semula..yang disetting ulang bagian engine spark bagian apanya dan biar bagaimana ya Suhu? kok saya belum dapat dikasih ilmunya ya Pakde Suhu..

matur nuwun

salam dari murid di Kaltim
User avatar
Maria Nindhya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 04 Jul 2012, 14:45
Location: Bunderan HI Jakarta

Re: antara engine nitro dn gasoline

Post by Maria Nindhya »

:hmm klu saya.. engine gasoline atau nitro... tetep pake methanol.. abis blm ada CL pake gasoline.. he.. he.. :kabur
Post Reply