Sepertinya kalau kita beli aeromodeling ada buku petunjuk yg di sertakan disana dikatakan prosedur mematikan harus armadanya dulu yg di cabut batre baru kemudian mematikan TX nya, dan saya kira ini adalah prosedure standart dari semua pabrikan terlepas dari marek apa yg di jual, jadi penting bagi kita para aeromodeler agar lebih memperhatikan prosedure tsb karena faktor keamanan baik bagi pilot maupun bagi para non pilot adalah menjadi salah satu faktor yg harus di perhatikan mengingat resiko yg dapat timbul akibat human error sangatlah fatal jadi perhatikan safety factor sesuai dgn prosedur standart penerbangan aeromodeling
danielronaldo23 wrote:Turut prihatin om deny. Saya juga sering kelupaan matiin tx deluan, untunngnya gak terjadi apa-apa.
iya om namanya juga manusia, suatu saat pasti ada lupa nya. nah yang perlu dipikirkan meskipun lupa kondisi tetap save. tapi tetep prosedur dijalanin dengan benar. contohnya kalo ngecas batere lipo, meskipun dichargernya ada fitur otomatis charger bakalan berhenti ngrecharge kalo batere udah full. tapi tetep saya pake timer. kadang di hp diset alarm. jika hanya berpedoman " jalanin prosedur rx duluan yang dimatiin " dsb2 yah namanya juga orang , apalagi saya sering lupa. kejadian deh...
contoh gampangnya helm deh, ngapain pake helm kan tinggal naik motornya aja hati2 "sesuai prosedur" tapi kenapa helm diwajibin nyampe ditilang kalo gak pake?? tentu aja meskipun udah pake helm naik motornya sesuai prosedur. jadi keduanya penting menurut saya.
muhun ath ke mah kedah ati2 kang Denny:-Dkedah tenang,tong rusuh2:-Dehh segenap saya,istri,anak,keluarga,dan garut aeromodelling club mengucapkan takobballahu minna waminkum syiamana wasyiamakum wilujeng boboran siam 1434H.M0H0N MA,AF LAHIR BATIN Kepada family beserta AEROM0DELLER SE IND0NESIA.
kayanya kang deny masih ada persepsi yg kurang pas deh terkait dengan FAIL SAFE khususnya terkait dengan penggunaannya .... coba deh cermati kembali penjelasan dari suhu christoffel dan sejauh yang saya pahami itu pemanfaatan FAIL SAFE itu di tujukan apalagi terjadi lost lock antara signal dr Tx dan signal yang diterima di Rx pada saat penerbangan dengan membuat gerakan pesawat sedemikian rupa agar tidak "nyelonong" jadi tidak dimaksudkan sebagai salah satu cara pengamanan pada saat setting system .............. mohon maaf ya kalau pengamatan saya diskusi ini salah apalagi ditambah kalau pengetahuan saya ini salah, mohon para suhu untuk dapat memberikan pencerahan ...........
@Deny: welcome to non toy world......do as you like but responsible....not their responsible.....bigger kitty bigger responsibility......wekekekeke (ketawa ah......nginget juga kebodohan jaman kegelapan dulu.....bukan ngetawain Deny yaaaaaaaaa)