rcgf 15cc sulit di stater
- Irwan Bossanova
- Senior Airman
- Posts: 107
- Joined: 22 Jun 2013, 16:02
rcgf 15cc sulit di stater
Para master sekalian ......, keinginan sy tuk hijrah ke engine akhirnya kesampaian, ya baru nyoba gasoline rcgf 15cc. Cmn saat distater sulit banget hidupnya. katanya sih....cb dstel pengaturan 2 skrup 02 hight and low, stlah sekian lama d stater akhirnya tu mesin hidup juga. Akhirnya nyoba terbang, wah....bahagia banget!!!! nah stlah tu pswt 2 hari di diamin eh...wktu skedar mau manasin mesin lg, kembali susah lagi dihidupin......! tlg masukannya para master.........moga masalah ini segera berakhir......! mksh banget...pertolongannya>>>>!sekedar info sy dah cb manggil montir spd motor tp blom dpt jg formula nya, sbb sy pikir sistem kerja engine pswt ya hampir sm dg sistem kerja spd motor/////////.
- Irwan Bossanova
- Senior Airman
- Posts: 107
- Joined: 22 Jun 2013, 16:02
Re: rcgf 15cc sulit di stater
Tambahan para master 1. gmn sih langkah2 ngidupin rcgf 15cc yg bener, dn apakah saat stater harus dipancing dg chuk. 2.Brp setting idle/2 (skrup pengatur angin high and low nya yg py posisi sejajar) yg pas,maaf sy tulis krn tkut salah istilah. 3. Klo pswt lama ng dipke misal 1-2minggu apa harus disetting lg cara ngipinnya ?
- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: rcgf 15cc sulit di stater
maaf om..prosedur awal emang harus di chuk,supaya bbm mengalir dari tangki ke karbu.
coba cari manual rcgf 15cc om...buat dibaca2 biar tambah manteb setting enginenya
sebenarnya engine gasolin itu juga mirip-mirip sepeda motor..beda di carbu.kalau ditempat om irwan ada orang yang punya mesin gergaji, tanya saja bagai mana cara settingnya...karena engine ini ada kesamaannya.
coba cari manual rcgf 15cc om...buat dibaca2 biar tambah manteb setting enginenya
sebenarnya engine gasolin itu juga mirip-mirip sepeda motor..beda di carbu.kalau ditempat om irwan ada orang yang punya mesin gergaji, tanya saja bagai mana cara settingnya...karena engine ini ada kesamaannya.
- ahmadbenny
- Chief Master Sergeant
- Posts: 925
- Joined: 06 Jul 2012, 20:58
- Location: Cipondoh - Tangerang
Re: rcgf 15cc sulit di stater
Yang pasti engine gassoline pada saat dingin kalo mo di star,aktifin cuk itu wajib hukumnya om.....



- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: rcgf 15cc sulit di stater
Sama seperti engine glow kalau terakhir main fuel enggak abis terbakar biasanya terjadi penyumpelan di carbu nah kalau di engine spark umumnya bisa jadi membuat lengket membran di carbu ... Ini baru salah satu kemungkinan loh ya karena bisa jadi tidak terlepas dari sejarah waktu melakukan pemerawanan sang engine alias saat break'in nya
Mohon maaf ya kalau perkiraan saya ini salah maklum masih belajar nih
Salam
Mohon maaf ya kalau perkiraan saya ini salah maklum masih belajar nih
Salam
- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: rcgf 15cc sulit di stater
toto wrote:Sama seperti engine glow kalau terakhir main fuel enggak abis terbakar biasanya terjadi penyumpelan di carbu nah kalau di engine spark umumnya bisa jadi membuat lengket membran di carbu ... Ini baru salah satu kemungkinan loh ya karena bisa jadi tidak terlepas dari sejarah waktu melakukan pemerawanan sang engine alias saat break'in nya
Mohon maaf ya kalau perkiraan saya ini salah maklum masih belajar nih
Salam
suhunya gasolin udah turun gunung nih om...masalah yang saya biru


- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: rcgf 15cc sulit di stater
Waduh mbok yanom suhu panji jangan bikin heboh gituh dong saya tuh beneran kok masih belajar dan ini juga cuman dari liat2 an baca2 doang kok terus cuman dikit2 aja prakteknya bersama mentor saya E7J a.k.a pak Wisnu .... Jadi saya disini cuman turut belajar menantikan suhu2 gasoline turun goenoeng ....
Salam

Salam
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: rcgf 15cc sulit di stater
2 putaran biasanya kebesaran, coba 1 3/4 alias 1,75 puteran
cara ngidupin engine gasolin,
1. choke tutup + ignition mati +throttle diatas idle dikiiit sekali, di "prime" alias priming, diputer2 sambil diintip bensin masuk karbu sampe gelembung udaranya habis.
2. choke tutup + ignition hidup +throtte diatas idle dikiiit sekali, engkol sampe"batuk"
3. choke buka +ignition hidup +throttle diatas idle, engkol sampe hidup. jangan di gas dulu sampe 30 detik, baru boleh coba full throttle.
nah sekarang kalau sudah hidup cari idlenya, coba kejut2 throttle dari idle ke 60%,
kalo respon telat dan terbatuk2, berarti kebesaran, puter low needle searah jarum jam 1/10 puteran (dikit2)
coba lagi, sampe ketemu respon yg enak.
untuk high needle, full throttle sampe ketemu puteran paling tinggi kira2 sama seperti nyeting high needle nitro.
hanya saja gasolin responnya lebih telat, jadi puter dikit2 sekitar 1/10 putaran sambil tunggu perubahannya,
kalau sudah ketemu rpm paling tinggi, balikin lagi berlawanan arah jarum jam sedikit aja 1/12 puteran supaya tidak terlalu "lean"
kalau sudah ketemu idlenya, langkah2 ngidupin diatas yg "throttle diatas idle sedikit" diganti menjadi "throttle idle"
gasolin tidak seperti nitro, idle aja bisa hidup tanpa harus digas2.
kelirumologi:
1. choke tutup terlalu lama diputer2 tanpa hidupkan ignition, mengakibatkan kebanyakan bensin di silinder head akhirnya berkerak di busi dan ruang bakarnya.
2. baru hidup sudah digas2 seperti engine nitro, ini menyebabkan cepet rusak.
3. makin banyak campuran oli makin bagus, salah, busi berkerak dan basah kemudian cepet mati.
kemudian 1 hal lagi:
buka businya, lihat merknya DLA atau DLE bukan? jika ya, tolong bawa ke TPA kemudian lempar ke tumpukan sampah
DLA + DLE engines bagus, tapi businya sebagian besar adalah sampah, daripada nanti terbang lagi enak2 mati mendingan langsung ganti.
saya bukan menyampaikan pesan sponsor, yg reliable adalah merk RCEXL dan NGK (siapa gak kenal NGK).
ada yg berpengalaman busi DLE dan DLA bagus? ada bbrp, tapi silakan saja pertaruhkan pesawat anda demi 50-150rb lebih untuk ngemodal busi yg lebih bagus
cara ngidupin engine gasolin,
1. choke tutup + ignition mati +throttle diatas idle dikiiit sekali, di "prime" alias priming, diputer2 sambil diintip bensin masuk karbu sampe gelembung udaranya habis.
2. choke tutup + ignition hidup +throtte diatas idle dikiiit sekali, engkol sampe"batuk"
3. choke buka +ignition hidup +throttle diatas idle, engkol sampe hidup. jangan di gas dulu sampe 30 detik, baru boleh coba full throttle.
nah sekarang kalau sudah hidup cari idlenya, coba kejut2 throttle dari idle ke 60%,
kalo respon telat dan terbatuk2, berarti kebesaran, puter low needle searah jarum jam 1/10 puteran (dikit2)
coba lagi, sampe ketemu respon yg enak.
untuk high needle, full throttle sampe ketemu puteran paling tinggi kira2 sama seperti nyeting high needle nitro.
hanya saja gasolin responnya lebih telat, jadi puter dikit2 sekitar 1/10 putaran sambil tunggu perubahannya,
kalau sudah ketemu rpm paling tinggi, balikin lagi berlawanan arah jarum jam sedikit aja 1/12 puteran supaya tidak terlalu "lean"
kalau sudah ketemu idlenya, langkah2 ngidupin diatas yg "throttle diatas idle sedikit" diganti menjadi "throttle idle"
gasolin tidak seperti nitro, idle aja bisa hidup tanpa harus digas2.
kelirumologi:
1. choke tutup terlalu lama diputer2 tanpa hidupkan ignition, mengakibatkan kebanyakan bensin di silinder head akhirnya berkerak di busi dan ruang bakarnya.
2. baru hidup sudah digas2 seperti engine nitro, ini menyebabkan cepet rusak.
3. makin banyak campuran oli makin bagus, salah, busi berkerak dan basah kemudian cepet mati.
kemudian 1 hal lagi:
buka businya, lihat merknya DLA atau DLE bukan? jika ya, tolong bawa ke TPA kemudian lempar ke tumpukan sampah

DLA + DLE engines bagus, tapi businya sebagian besar adalah sampah, daripada nanti terbang lagi enak2 mati mendingan langsung ganti.
saya bukan menyampaikan pesan sponsor, yg reliable adalah merk RCEXL dan NGK (siapa gak kenal NGK).
ada yg berpengalaman busi DLE dan DLA bagus? ada bbrp, tapi silakan saja pertaruhkan pesawat anda demi 50-150rb lebih untuk ngemodal busi yg lebih bagus

- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: rcgf 15cc sulit di stater
oh iya resep 1 lagi, biasanya plat bulet choke itu ada lubang mendingan disoder aja lubangnya, supaya bensinya pada waktu choke gampang kesedot.
soalnya kalau diengkol tangan tanpa ngintip selang bensin biasanya penyakit paling utama adalah bensin gak naik ke karbu karena gelembung udara.
soalnya kalau diengkol tangan tanpa ngintip selang bensin biasanya penyakit paling utama adalah bensin gak naik ke karbu karena gelembung udara.
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: rcgf 15cc sulit di stater
ini ada link utk modifikasi choke yg jelas dgn gambarnya dan sangat rapi penampakannya:
http://www.grosbeakrc.ca/hangar/pulse125/modifications/chokeplate.html
saya gak punya kesabaran untuk bikin rapi seperti itu,
jadinya disolder asal nutup aja udah puas
http://www.grosbeakrc.ca/hangar/pulse125/modifications/chokeplate.html
saya gak punya kesabaran untuk bikin rapi seperti itu,
jadinya disolder asal nutup aja udah puas
