FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
- Irwan Bossanova
- Senior Airman
- Posts: 107
- Joined: 22 Jun 2013, 16:02
FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
Om-om yg baik hatinya!!!!!! Apa sih fungsi utama high needle dn low needle lalu gimana cara nyettingnya spy pas!!!!!! maksih om
- Arya m 1991
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 05 Nov 2012, 13:09
- Location: Bandung
- Irwan Bossanova
- Senior Airman
- Posts: 107
- Joined: 22 Jun 2013, 16:02
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
spy lbh paham ms, kalo kita mau menambah atau mengurangi needle karna terlalu lean ato rich arah putarannya kemana? baik tuk high maunpun low needle. TRus 1 hal lg klo kt pke UBEC 5 volt, tp battry pke 11volt sy lihat UBEC panas, apa itu beresiko BEC terbakar? Mkasih penejlasannya, maklum msih belajar om!
- Arya m 1991
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 05 Nov 2012, 13:09
- Location: Bandung
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
Sama kaya buka / nutup sekrup, di engine kalo nutup (putar kiri) lean kalo buka rich (putar kanan)
Tp berbeda dg airbleed / setelan angin / baut ada pernya pd OS LA kalo nutup jd rich utk rpm bawahnya
Kalo engine engine'an sy ga pernah pake UBEC, langsung aja pake batre 4.8V / rangkai batre casan yg 1.2v x 4 biji = 4.8V
Tp berbeda dg airbleed / setelan angin / baut ada pernya pd OS LA kalo nutup jd rich utk rpm bawahnya
Kalo engine engine'an sy ga pernah pake UBEC, langsung aja pake batre 4.8V / rangkai batre casan yg 1.2v x 4 biji = 4.8V

- Irwan Bossanova
- Senior Airman
- Posts: 107
- Joined: 22 Jun 2013, 16:02
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
Butuh penjelasan tambahan om2>>>>para suhu. Maklum lagi belajar nyeting engine. Begini om, semua saran2 om diatas sdh cb sy jalankan tp tetap belum ketemu setting needle yg pas. Kejadiannya 1. merasa setting saat dibawah sdh pas baik hi atau lo dg mencoba semua posisi throtle (tinggi & rendah), eh...tahu2 nya sampai diatas engine mati. Katanya jg sebagian dipengaruhi oleh faktor tekanan udara yg rendah diatas. 2. Belum ketemu setting low needle, sbb mesin setelah kembali dari full throtle lgs mati, ato rpmnya masih tll tinggi shg dalam keadaan itu pswt ng mau diam alias masih berjalan klo di tanah. Nah pertanyaannya, para suhu. 1. Ciri2 settingan yg pas itu apa aja sich, 2. Bgmana cara melakukannya, 3. Apakah settingan yg pas itun selalu memkombinasikan antara hi,lo needle, dn gas engine. Maksih penjelasannya!
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
1. setting low needle dulu, nyala, digeber2 gak telat ngangkat atau batuk2. kalau telat ngangkat batuk2 coba puter arah jarum jam 1/8 puteran, hidupin lagi dan coba lagi. kalo udah dirasa enak, matiin dulu. tunggu 2-3 menit, nyalain lagi, kalo susah hidup berarti kekecilan, buka lagi dikit.
buka = kebalikan jarum jam, tutup = searah jarum jam.
2. high needle, cari rpm paling tinggi, sama prinsipnya dengan nitro hanya saja, kalo nitro begitu diputer langsung terasa bedanya, kalo gasolin puter - tunggu - baru terasa perbedaannya. kalo udah ketemu rpm paling tinggi, buka lagi 1 klik aja kira2 1/10 puteran.
kalo mati diatas ada banyak kemungkinan penyebab
1. high needle setingan gak bener. coba full throttle 1 menit, berubah gak puteran jadi tambah turun? kalo tambah turun berarti coba buka lagi 1/8
2. perhatikan airflow atau aliran udara, apakah aliran udara melalui sensor membran gak? sensor membran itu ada lubang kecil sekitar 1 mili, nah yg ini jgn sampe dilalui oleh udara dgn kecepatan tinggi. makanya setingan pesawat saya semua cowling cuma buka depan dan bawah. jadi aliran udara lari ke bawah langsung tanpa melewati sensor membran.
sensor ini menyamakan tekanan isapan bensin dengan tekanan udara luar, kalo udara bergerak kencang menurut hukum si akang bernoulli makin kencang kecepatan udara bergerak maka makin turun tekanannya, karena sensor ini ngikutin tekanan diluar maka otomatis ngisepnya jadi kurang. makanya engine jadi mati.
tapi untuk hal 1 ini saya agak ragu, karena kalau cowlingnya gak terbuka bagian belakang belasan pesawat gasolin saya gak ada yg pernah kena masalah ini.
saya lebih curiga karena setting enginenya belom bener.
3. cdinya 6 volt, tapi pake batre nimh tanpa regulator, nimh 5 cells bisa nyampe 7 volt lho, padahal cdi yg biasa cuma bisa tahan 6 volt. saya cdi versi lama pake lipo+bec 5volt. jadi gak takut kelebihan tegangan
ada bagusnya daripada meraba2 mendingan posting aja:
1. foto cowlingnya kiri, kanan, atas bawah
2. video + suara; geber2 0-100% secara cepat 10x, dari 0 - 100% secara lambat dinaikin sedikit2, idle, full throttle 100% selama 1 menit 10 detik
kalo ada hal diatas itu saya bisa analisa lebih jauh.
lebih bagus lagi kalo punya rpm meter jadi ketahuan muternya berapa cepet.
kemudian sebutkan juga
cdi brp volt? pake batre apa? propeller brp? campuran bensin brp?
1 hal lagi soal needle, kalo low dirubah = high ikutan berubah, kalo high dirubah low gak ikutan berubah.
setingan yg bener adalah kombinasi keduanya, setelah setingan end point throttle yg udah yakin bener
jangan lupa data2 tadi tolong disebutkan
buka = kebalikan jarum jam, tutup = searah jarum jam.
2. high needle, cari rpm paling tinggi, sama prinsipnya dengan nitro hanya saja, kalo nitro begitu diputer langsung terasa bedanya, kalo gasolin puter - tunggu - baru terasa perbedaannya. kalo udah ketemu rpm paling tinggi, buka lagi 1 klik aja kira2 1/10 puteran.
kalo mati diatas ada banyak kemungkinan penyebab
1. high needle setingan gak bener. coba full throttle 1 menit, berubah gak puteran jadi tambah turun? kalo tambah turun berarti coba buka lagi 1/8
2. perhatikan airflow atau aliran udara, apakah aliran udara melalui sensor membran gak? sensor membran itu ada lubang kecil sekitar 1 mili, nah yg ini jgn sampe dilalui oleh udara dgn kecepatan tinggi. makanya setingan pesawat saya semua cowling cuma buka depan dan bawah. jadi aliran udara lari ke bawah langsung tanpa melewati sensor membran.
sensor ini menyamakan tekanan isapan bensin dengan tekanan udara luar, kalo udara bergerak kencang menurut hukum si akang bernoulli makin kencang kecepatan udara bergerak maka makin turun tekanannya, karena sensor ini ngikutin tekanan diluar maka otomatis ngisepnya jadi kurang. makanya engine jadi mati.
tapi untuk hal 1 ini saya agak ragu, karena kalau cowlingnya gak terbuka bagian belakang belasan pesawat gasolin saya gak ada yg pernah kena masalah ini.
saya lebih curiga karena setting enginenya belom bener.
3. cdinya 6 volt, tapi pake batre nimh tanpa regulator, nimh 5 cells bisa nyampe 7 volt lho, padahal cdi yg biasa cuma bisa tahan 6 volt. saya cdi versi lama pake lipo+bec 5volt. jadi gak takut kelebihan tegangan
ada bagusnya daripada meraba2 mendingan posting aja:
1. foto cowlingnya kiri, kanan, atas bawah
2. video + suara; geber2 0-100% secara cepat 10x, dari 0 - 100% secara lambat dinaikin sedikit2, idle, full throttle 100% selama 1 menit 10 detik
kalo ada hal diatas itu saya bisa analisa lebih jauh.
lebih bagus lagi kalo punya rpm meter jadi ketahuan muternya berapa cepet.
kemudian sebutkan juga
cdi brp volt? pake batre apa? propeller brp? campuran bensin brp?
1 hal lagi soal needle, kalo low dirubah = high ikutan berubah, kalo high dirubah low gak ikutan berubah.
setingan yg bener adalah kombinasi keduanya, setelah setingan end point throttle yg udah yakin bener
jangan lupa data2 tadi tolong disebutkan
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
Kalau semua setting engine diatas masih mati kemungkinan tidak tertutup engine kepanasan akibat flow udara tidak optimal untuk melepas panas ... Terus ada yg beranggapan dengan terbang tanpa cowling membuat engine dingin, hal ini belum tentu tercapai loh kembali lagi karena flow udara nya juga menjadi tidak "linear"
Mohon maaf kalau penjelasan saya diatas tidak tepat apalagi kalau salah maka untuk ini mohon koreksinya dari para suhu
Salam
Mohon maaf kalau penjelasan saya diatas tidak tepat apalagi kalau salah maka untuk ini mohon koreksinya dari para suhu
Salam
- Irwan Bossanova
- Senior Airman
- Posts: 107
- Joined: 22 Jun 2013, 16:02
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
Maaf para suhu, ntar gmbr dn video nyusul. Sbg info tmbhan ; 1.cdi dn RX msg2 pke UBEC 5volt, battry cdi dn rx pke turnigy 1300 mah, 20c, 7,4volt, 2. Engine ng pke cowling, 3.settting hi dn lo ketika dbwh/darat mnrut sy sdh enak sbb ketika sy mainkan dr low ke high throtle bgt pl sebalikmya dh enak. Bahkan ktka sy tancap ke rpm tinggi trus ke rpm rendah engine dlm wktu sktar 15menit ok aja. Namun sy jadi bingung ktk pswt mulai airbone pswt menukik keatas sekitar 2 menit mati diatas, pernah jg main sktr 8 menit mati jg diatas. 4. Pernah jg sy alami ktk setting lo needle sy anggap pas, trus sy tancap di rpm tinggi dlm wktu sktr 5 menit ktk throtle sy turunkan lg ke posisi nol engine mati, pdhl awalnya setting di lo needle sblum tancap rpm tinggi dlm wktu lama engine ng mati. Mhn penjlsannya. Mhn maaf klo kebnykan pertnyaanya, maklum sgt awam ttg engine.
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
1. kalo gak pake cowling biasanya sensor membran kebuka dan kena airflow langsung dari propeller, ini rentan mati karena daya hisap dari membran akan berkurang.
2. pas full throttle di darat semenit lebih itu rpmnya rata apa naik turun? atau lama2 turun?
semua engine tidak direkomendasikan untuk full throttle dalam waktu lama, bahkan pylon racer aja pas belok throttlenya diturunin.
kalo saya pernah baca somewhere lupa lagi engine tidak dianjurkan untuk full throttle lebih dari 1 menit.
saran saya, coba pake cowling dengan bobokan depan yg cukup dan bawah yg cukup, kemudian coba full throttle di darat tadi, dengerin responnya, ada baiknya pake tachometer jadi gak hanya mengandalkan feeling telinga saja
sementara saya coba cari webpage modifikasi untuk carb sensor
good luck
2. pas full throttle di darat semenit lebih itu rpmnya rata apa naik turun? atau lama2 turun?
semua engine tidak direkomendasikan untuk full throttle dalam waktu lama, bahkan pylon racer aja pas belok throttlenya diturunin.
kalo saya pernah baca somewhere lupa lagi engine tidak dianjurkan untuk full throttle lebih dari 1 menit.
saran saya, coba pake cowling dengan bobokan depan yg cukup dan bawah yg cukup, kemudian coba full throttle di darat tadi, dengerin responnya, ada baiknya pake tachometer jadi gak hanya mengandalkan feeling telinga saja

sementara saya coba cari webpage modifikasi untuk carb sensor
good luck
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE
yg kiri setelah di modifikasi, yg kanan sebelum di modifikasi

lubangnya ditambahin pipa untuk selang,
selangnya ujungnya dimasukan ke fuselage, atau dimana aja yg kira2 tekanan statiknya gak terpengaruh sama propeller
lubangnya ditambahin pipa untuk selang,
selangnya ujungnya dimasukan ke fuselage, atau dimana aja yg kira2 tekanan statiknya gak terpengaruh sama propeller