The World Largest RC N250 Building

Mari bikin pesawat bersama

Moderator: MrDoms

Post Reply
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by Andri_Adr »

Update progress, sore ini saya mau finishing/sheeting wing bagian kiri dan kanan..
mudah2an besok selesai untuk wing nya (sekalian mounting and cover servo, aileron, jalur kabel untuk servo dan lampu di ujung wing)
tadi malam sudah diskusi dengan team (Suhu Susdri dan Kang Subur sang desainer), mengenai engine position, ukuran propeller, mounting, dan jarak antar shaft kedua engine..
dibagi 3 tugas, 1 bagian sheeting/finishing wing, 1 bagian engine mounting dll, 1 bagian wing mounting di fuselage..
User avatar
erfanjbr
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 20 Nov 2009, 17:05
Location: jember-magetan

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by erfanjbr »

:kgt :kgt gede banget pesawatna om...ngikut duduk manis nunggu hasilnya om :gg salam
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by Andri_Adr »

erfanjbr wrote::kgt :kgt gede banget pesawatna om...ngikut duduk manis nunggu hasilnya om :gg salam


terima kasih om erfan,
niatnya sore tadi mau ngerjakan wing sheeting..
tapi masih ada kegiatan yang harus diselesaikan, yaitu workshopnya..
jadi tertunda dulu deh pekerjaannya..
User avatar
idayats
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 102
Joined: 06 Mar 2007, 09:28
Location: KulonProgo/Jakarta
Contact:

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by idayats »

Gileee bener.. semangat semangat ..... Anggota Gaero terfocus di pesawat home made the bigest.... :mtp :mtp
User avatar
qiebar
Airman
Airman
Posts: 39
Joined: 14 May 2011, 14:58

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by qiebar »

yah keduluan....

om andri mau pake composite untuk fuselage nya?

kalo mau pake epoxy resin, saya sumbang saran. Saya pernah buat cessna 182 dg ws 2,2 meter dg fuselage epoxy resin. pengalaman saya, epoxy resin yg saya beli terlalu kental, sehingga banyak numpuk di fibercloth, sehingga rasio epoxy resin : fibercloth tidak bagus. fuselage jadi berat. idealnya 30 (resin):70 (fibercloth). mau hand layup atau vacum infusion om tekniknya? klo pake vacum infusion, cairkan dulu epoxy resinnya dg diluen, biar gampang disedot atau beli sekalian epoxy resin yg low viscosity. emang sih.. bahan kimia tersebut rata2 hargnya mahal, 1 set epoxy resin saja sampai 180rb (perkilo).. kalo mau pake hand layup, resiko untuk mendapatkan perbandingan yg tepat agak susah, kecenderungannya kelebihan...

sori klo salah komen... tetap semangat, saya tunggu undangan maidennya...
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by Andri_Adr »

qiebar wrote:yah keduluan....

om andri mau pake composite untuk fuselage nya?

kalo mau pake epoxy resin, saya sumbang saran. Saya pernah buat cessna 182 dg ws 2,2 meter dg fuselage epoxy resin. pengalaman saya, epoxy resin yg saya beli terlalu kental, sehingga banyak numpuk di fibercloth, sehingga rasio epoxy resin : fibercloth tidak bagus. fuselage jadi berat. idealnya 30 (resin):70 (fibercloth). mau hand layup atau vacum infusion om tekniknya? klo pake vacum infusion, cairkan dulu epoxy resinnya dg diluen, biar gampang disedot atau beli sekalian epoxy resin yg low viscosity. emang sih.. bahan kimia tersebut rata2 hargnya mahal, 1 set epoxy resin saja sampai 180rb (perkilo).. kalo mau pake hand layup, resiko untuk mendapatkan perbandingan yg tepat agak susah, kecenderungannya kelebihan...

sori klo salah komen... tetap semangat, saya tunggu undangan maidennya...


om qiebar..
apanya yang keduluan?
sama2 bikin n250 kita om?
:gg
kami akan membuat n250 ini full composite..mulai dari fuselage, wing dll..
yang sekarang lagi digarap itu untuk master model dan diterbangkan juga..
kami pake epoxy resin yang dipakai untuk pembuatan pesawat asli dengan ratio 10:6 (resin:catalist). harganya emang mantap 350rb/set(per kg)..
untuk fibercloth kami masih menghitung apakah menggunakan 48gr/m2 3 lapis atau WR200 1 lapis..
hitungan kasar, target berat maksimal kami masih tercapai, malah masih dibawah perkiraan.
20kg dari target 24kg flying weight.,
teknik hand layup ga akan rapi om, jadi kami pake teknik vacuum..
by the way, epoxy resin yang 180rb/set itu yang jenis apa ya?
makasih atas support-nya om
dan makasih juga atas sarannya..
proses kami masih panjang...
:yes :yes :yes
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by Andri_Adr »

idayats wrote:Gileee bener.. semangat semangat ..... Anggota Gaero terfocus di pesawat home made the bigest.... :mtp :mtp


terima kasih supportnya om idayats..
mudah2an kami berhasil..
:yes :yes
User avatar
qiebar
Airman
Airman
Posts: 39
Joined: 14 May 2011, 14:58

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by qiebar »

Iya, saya memang berencana buat N250 gaban, tp atas pertimbangan jumlah engine yg lbh banyak dan keterbatasan dana, saya buat cessna saja akhirnya....

jenis resin itu banyak, aku nggak paham semua.. ada yg epoxy, ada yg vinil dan ada polyyester... ada yg saturated dan ada yg unsaturated, masing2 ada kelebihan dan kekurangan.. yg punya aku yg epoxy resin merk eposchone. kalo yg untuk buat fiberglass boat pake yg polyester (Yukalac 157 BQN-EX-VI, hasil akhirnya keras/kuat, regas, tidak lentur, dan low viscosity, encer dan cocok utk vacuum). ini mayoritas dipakai oleh industri speedboat di indonesia yg berbahan fiber... Kalo epoxy resin, tdk pake katalis, tapi ada hardenernya, dg perbandingan 1:1. hasil akhir lentur... tp ya itu dia, kental banget. saya belum menemukan epoxy resin low viscosity seperti yg dipakai di barat sono. katakanlah seperti westsystem, atau easycomposite. bahan2 tersebut sering dipakai org utk buat fuselage pesawat RC.

Saya coba dg WR200 gr 3 lapis, kerasnya minta ampun... salah perhitungan dan terlalu berat, padahal tebalnya nggak sampai 2mm.. Rasanya cukup 1 lapis utk ukuran fuselage panjang 1,5 meter... Saran saya, lebih baik pake 3 lapis dari pada 1 lapis utk ukuran berat yg sama. artinya, 200gr x 3 lebih baik dari 600gr x 1, walaupun beratnya sama. soalnya kalo satu lapis, pori2 fibercloth banyak yg renggang, dan kerenggangan itu diisi oleh resin lebih banyak, sehingga lebih berat. itulah sebabnya tdk pernah org memakai 1 lapis saja... boros dan kurang kuat.

untk info lanjut ttg resin di inodnesia, coba kunjungi : http://www.justus.co.id/
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by Andri_Adr »

qiebar wrote:Iya, saya memang berencana buat N250 gaban, tp atas pertimbangan jumlah engine yg lbh banyak dan keterbatasan dana, saya buat cessna saja akhirnya....

jenis resin itu banyak, aku nggak paham semua.. ada yg epoxy, ada yg vinil dan ada polyyester... ada yg saturated dan ada yg unsaturated, masing2 ada kelebihan dan kekurangan.. yg punya aku yg epoxy resin merk eposchone. kalo yg untuk buat fiberglass boat pake yg polyester (Yukalac 157 BQN-EX-VI, hasil akhirnya keras/kuat, regas, tidak lentur, dan low viscosity, encer dan cocok utk vacuum). ini mayoritas dipakai oleh industri speedboat di indonesia yg berbahan fiber... Kalo epoxy resin, tdk pake katalis, tapi ada hardenernya, dg perbandingan 1:1. hasil akhir lentur... tp ya itu dia, kental banget. saya belum menemukan epoxy resin low viscosity seperti yg dipakai di barat sono. katakanlah seperti westsystem, atau easycomposite. bahan2 tersebut sering dipakai org utk buat fuselage pesawat RC.

Saya coba dg WR200 gr 3 lapis, kerasnya minta ampun... salah perhitungan dan terlalu berat, padahal tebalnya nggak sampai 2mm.. Rasanya cukup 1 lapis utk ukuran fuselage panjang 1,5 meter... Saran saya, lebih baik pake 3 lapis dari pada 1 lapis utk ukuran berat yg sama. artinya, 200gr x 3 lebih baik dari 600gr x 1, walaupun beratnya sama. soalnya kalo satu lapis, pori2 fibercloth banyak yg renggang, dan kerenggangan itu diisi oleh resin lebih banyak, sehingga lebih berat. itulah sebabnya tdk pernah org memakai 1 lapis saja... boros dan kurang kuat.

untk info lanjut ttg resin di inodnesia, coba kunjungi : http://www.justus.co.id/


uhuy..
asyik nih dapt masukkan banyak..
terima kasih suhu..
saya akan pelajari lebih dalam sebelum memebuat produk akhir N250 ini..
:mtp :mtp :mtp
saya pake epoxy resin dari nurtanio 350rb per set dengan perbandingan 10:6.
orangnya bilang itu yang dipake untuk bahan part pesawat asli.
itu termasuk epoxy resin jenis apa ya?
:gg
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: The World Largest RC N250 Building

Post by Andri_Adr »

Akhirnya hari ini bisa bebas dari kerjaan kantor..
waktunya melanjutkan pekerjaan rumah..
:gg
setelah dihampelas halus agar permukaannya rata..
mulailah proses wing sheeting
Image

Image

sheeting menggunakan sengon plywood 2mm dengan berat 1,2kg/m2
luas area wing bagian kiri ini 1.2 m2..
jadi untuk sementara total berat wing bagian kiri ini adalah 2.29kg..
Post Reply