Waduh terimakasih untuk para suhu yang sudah memberikan arahan dan saran, maupun yang sekedar menyapa... mohon maaf saya agak terlambat respon berhubung sedang dalam perjalanan cukup jauh. Jadi gak bisa online..

@Om Flylow, terimakasih tanggapannya.. rasanya sih settingnya udah OK karena sebelumnya (sampai habis fuel 1 galon) mesin tidak menunjukkan gejala aneh/ngadat bahkan dari pertama mulai bunyi. idle stabil, throttle dinaikin/diturunin gak ada gejala "lag".. Jadi kelihatannya memang busi (spark plug) yang bermasalah.
mungkin karena terlalu lama hidup dalam kondisi idle, jadi kondisi busi berkerak. Nah waktu saya buka dan saya semprot dengan carburator cleaner terus saya coba hidupkan lagi masih juga sama....langsung saya matikan. Dan langkah berikutnya : NGADU ke Gaero...

@Suhaimi; Terimakasih Om...hehe kabar baik tentunya..kapan2 main ke Bandung yuk...
@Zaki; terimakasih Om, saya juga masih belajar kok.. belajar dari manual book enginenya dan tentunya dari suhu2 Gaero juga..
@Toto; terimakasih pakde suhu... iya tuh sekarang engine masih dibiarin. Dan memang belum bisa dioprek, lha enginenya di Garut sayanya di Ambon...
@Christoffel; iya suhu sementara emang dibiarin dulu... Nanti kalau ada kesempatan lagi setelah ganti busi baru dicoba lagi.
@Andri_Adr; betul kelihatannya karena idle dibiarin kelamaan (habisnya kesal ditungguin terus...) jadi businya berkerak deh
@Richard; iya Om saya baru sadar bahwa filternya emang cuman yg ada di dalam tangki doang (pake clunk model "stone" dari HK) mungkin nanti saya pasang lagi filter tambahan..
Engine ini saya beli dalam kondisi tanpa spark plug, jadi spark plug saya pake keluaran RCEXL... Nanti rencana kalau sudah dipasang di pesawat mau dipasang spark plug NGK yang infonya lebih bagus..
Tapi konon engine RCGF 50 twin ini lebih cocok untuk static show aja karena powernya agak lemot, sementara beratnya hampir 2 x engine single cilynder dengan kapasitas yg sama...
Apa benar ya.....?