MODIFIKASI DJI F550
Moderator: aan
- beta_james
- Chief Master Sergeant
- Posts: 798
- Joined: 03 Apr 2007, 00:31
- Location: Jakarta
Re: MODIFIKASI DJI F550
Om omi....tangan yg lamanya mo dikemanakan niy...........ditunggu hibahannya.......
- omi
- Staff Sergeant
- Posts: 267
- Joined: 23 Sep 2007, 22:02
- Location: Semarang
Re: MODIFIKASI DJI F550
zaki wrote:ok om ..
1. oh iya om di menu INFO ( pd assisten ) ada kolom LINSECE / isi SERIAL NUMBER .. itu apakah di isi ?
2. u;date FIRMWARE nya mesti dalam keaddan terkonek dgn FC NAZA ya om ?
mo coba jawab :
1. sejujurnya saya juga belum tahu om, cuma saya ga isi juga...
2. Iya saat update firmware harus dalam keadaan konek ke FC NAZA
mohon maaf kalo ada salah
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: MODIFIKASI DJI F550
Omi...kapanpunyaku dirakitno wekekekeke...wingi arep tak titipno si gendut wawan....IT mu....
- omi
- Staff Sergeant
- Posts: 267
- Joined: 23 Sep 2007, 22:02
- Location: Semarang
Re: MODIFIKASI DJI F550
beta_james wrote:Om omi....tangan yg lamanya mo dikemanakan niy...........ditunggu hibahannya.......
he...he.. tangan lama n motornya masih sengaja disimpan buat ganti kalo pas lagi bosen ma lengan panjang.. untuk saat ini sih cukup puas ama lengan yang panjang.. stabil dan lebih kereenn he...he...
rencana selanjutnya mo bikin retract gear-nya
untuk flight time (Hover) :
1. 2x 4s 4000 (8000 mah ) kondisi baterai lama > 20x charge, kondisi ga kembung = 6 mnt ( makan 1880 mah/baterai --> < 50% dari baterai)
2. 2 x 3s 4000 (8000 mah) kondisi baterai baru, 1x charge = 6 mnt ( makan 2300 mah/baterai)
saya mo nanya kepada suhu2 untuk voltase yang ama buat baterai agar ga kembung brp ya?
dari hasil googling batas maksimalnya 3,3V / sel jadi kalo 3s (9,9 V) dan 4s (13,2 V)
apakah benar? mohon pencerahan suhu2 batas aman buat baterai
terima kasih
- omi
- Staff Sergeant
- Posts: 267
- Joined: 23 Sep 2007, 22:02
- Location: Semarang
Re: MODIFIKASI DJI F550
BZ123456 wrote:Omi...kapanpunyaku dirakitno wekekekeke...wingi arep tak titipno si gendut wawan....IT mu....
siap dokter, kemarin mas wawan sudah menyampaikan salam..
boleh dokter, tapi saya juga ga terlalu pengalaman dokter.. saya cuma coba2 nyari di internet dan nanya 2 suhu senior di gaero
he...he..
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: MODIFIKASI DJI F550
omi wrote:beta_james wrote:Om omi....tangan yg lamanya mo dikemanakan niy...........ditunggu hibahannya.......
he...he.. tangan lama n motornya masih sengaja disimpan buat ganti kalo pas lagi bosen ma lengan panjang.. untuk saat ini sih cukup puas ama lengan yang panjang.. stabil dan lebih kereenn he...he...
rencana selanjutnya mo bikin retract gear-nya
untuk flight time (Hover) :
1. 2x 4s 4000 (8000 mah ) kondisi baterai lama > 20x charge, kondisi ga kembung = 6 mnt ( makan 1880 mah/baterai --> < 50% dari baterai)
2. 2 x 3s 4000 (8000 mah) kondisi baterai baru, 1x charge = 6 mnt ( makan 2300 mah/baterai)
saya mo nanya kepada suhu2 untuk voltase yang ama buat baterai agar ga kembung brp ya?
dari hasil googling batas maksimalnya 3,3V / sel jadi kalo 3s (9,9 V) dan 4s (13,2 V)
apakah benar? mohon pencerahan suhu2 batas aman buat baterai
terima kasih
Pernah lihat fluktuasi voltase batt pada saat bekerja/ airborne? Kalau pernah pasti tau deh...batasan aman tidak ada....yang kita tau...LIPO tidak boleh dibawah 3V per cell karena nanti terjadi deteriorasi electric gel yang ada di dalamnya....Kalau dilihat pas air borne....voltase itu berubah-ubah sesuai demand arus yang ada...ini bisa saya contohken begini...kalau cuma cruising speed tentu saja tidak terjadi fluktuasi yang berlebihan...karena pemakaian arus hampir konstan...tapi kalau pesawat e dibuat ajrut-ajrutan...(ini biasane pemain 3D) tentu saja voltase akan berubah-ubah dengan sangat....dan perlu diingat, semakin banyak arus yang terpakai, semakin turun voltase batt....coba bayangkan kalau pas pemakaian batt tersebut mendekati akhir..ehhhh tiba-tiba pesawat harus digenjot/ trothle up dengan tiba-tiba karena gagal landing....kan itu batt bisa turun di bawah 3 volt per cell.
Oleh karenanya...saya selalu memakai batt hingga kapasitas 80% dari total..(kadang-kadang kalau batt ne mahal yo 60% saja dari total pemakaian) ini untuk menjaga batt tetep awet gak kembung...terus glegek en....
Gimana mengetahui pemakaian arus yang sudah terjadi? Saya pakai Eagle Tree...ada option untuk kasih tau berapa banyak arus yang sudah dipakai...ada alarm e kalau mendekati point yang saya inginkan...waktune medun.....
- omi
- Staff Sergeant
- Posts: 267
- Joined: 23 Sep 2007, 22:02
- Location: Semarang
Re: MODIFIKASI DJI F550
untuk monitoring voltase saya pake telemetry nya hitec aurora dok, sebelumnya dikalibrasi ma DJI biar sama.
maaf dok, berarti batas 3,3 V /sel masih aman ya, maksudnya buat baterainya biar ga kembung
Terima kasih dokter
maaf dok, berarti batas 3,3 V /sel masih aman ya, maksudnya buat baterainya biar ga kembung
Terima kasih dokter
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: MODIFIKASI DJI F550
biasane sih gitu....tapi inget pengukuran di ground dibanding saat mabur beda nggih pak dhe....
- orchiplane
- Chief Master Sergeant
- Posts: 847
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: MODIFIKASI DJI F550
share pengalaman ya om,
kalo kenyamanan batre biasanya 3.6-3.8v
kalo standar alarm diset 3.7 / 3.8v
kalo maksimum alarm di set 3.5v
dibawah 3.5 umumnya voltase batre bisa langsung drop tiba2
apalagi untuk multicopter kelas berat bisa ga kuat nahan pas mau landing
tapi mungkin ga berlaku untuk batre baru yang dipakai blm lebih dari 10 kali ya.
ini pendapat newbie ya om kalo ada yg salah harap maklum
kalo kenyamanan batre biasanya 3.6-3.8v
kalo standar alarm diset 3.7 / 3.8v
kalo maksimum alarm di set 3.5v
dibawah 3.5 umumnya voltase batre bisa langsung drop tiba2
apalagi untuk multicopter kelas berat bisa ga kuat nahan pas mau landing
tapi mungkin ga berlaku untuk batre baru yang dipakai blm lebih dari 10 kali ya.
ini pendapat newbie ya om kalo ada yg salah harap maklum

- omi
- Staff Sergeant
- Posts: 267
- Joined: 23 Sep 2007, 22:02
- Location: Semarang
Re: MODIFIKASI DJI F550
orchiplane wrote:share pengalaman ya om,
kalo kenyamanan batre biasanya 3.6-3.8v
kalo standar alarm diset 3.7 / 3.8v
kalo maksimum alarm di set 3.5v
dibawah 3.5 umumnya voltase batre bisa langsung drop tiba2
apalagi untuk multicopter kelas berat bisa ga kuat nahan pas mau landing
tapi mungkin ga berlaku untuk batre baru yang dipakai blm lebih dari 10 kali ya.
ini pendapat newbie ya om kalo ada yg salah harap maklum
ok trims om orchi, jadi disetting di 3,5 v /sel untuk descendingnya ya (turun ke bawah otomatis)
trus 3,7 v/sel buat alarm masih aman ya
