sekedar sharing aja, bisa aja kok pakai CDI DLE-111 tapi dengan catatan hall sensor nya juga harus ditukar pakai yg punya DLE juga karena dari pengalaman bersama suhu SU-31 kalau pakai hall sensor aslinya tidak akan hidup karena ada sesuatu dirangkaian kabelnya, kalau mau pakai hall sensor aslinya ada sesuatu yg harus dikerjakan lagi
dari pengalaman engine akan lebih optimal apabila menggunakan CDI independent utk setiap cylender dibandingkan dengan menggunakan CDI yang multi port tapi sekali lagi ya ada sesuatu yang harus sedikit dikerjakan dan modifikasi ini sudah dikerjakan pada engine 3W
oh iya terus kalau enggak salah 3W-240cc itu masih 2 Cyl deh tapi mohon maaf kalau saya salah loh ya karena saya lihat punya temen 3W 270cc juga masih 2 Cyl
CDI saya jajan di sdshobby.com merk pegasus
salam
ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
toto wrote:
dari pengalaman engine akan lebih optimal apabila menggunakan CDI independent utk setiap cylender dibandingkan dengan menggunakan CDI yang multi port tapi sekali lagi ya ada sesuatu yang harus sedikit dikerjakan dan modifikasi ini sudah dikerjakan pada engine 3W
oh iya terus kalau enggak salah 3W-240cc itu masih 2 Cyl deh tapi mohon maaf kalau saya salah loh ya karena saya lihat punya temen 3W 270cc juga masih 2 Cyl
CDI saya jajan di sdshobby.com merk pegasus
salam
Dle111/da100/da120 dan da yg lainnya silinder meledaknya bareng alias titik mati atasnya sama, gak alternate.
Jadi gak perlu independent cdi makanya hall sensornya cuma 1 Saya udah coba sparknya meledak bareng di busi dua2nya. Ini yg saya sadari perbedaan engine rc dengan mesin motor jadul.
Hall sensor mungkin harus ganti spt oom toto bilang, tapi coba aja dulu.
Tipikal tranducer utk hall sensor cara kerja dan vH nya sama.
Kalo os/jc/mintor asal nyambung bisa nyala.
Os konektor cewek cowoknya kebalik kalo dipakein cdi dle, jadi harus diganti kepalanya sebelah atau pake converter cowok-cowok seperti umung kabel servo.
Kalo da posisi kabelnya ketuker positif sama sinyal dibalik.
3w diatas memang bener 2 silinder spt oom toto bilang.
Makanya cepet foto aja oom dishare disini jadi kita2 gak penasaran bisa liat engine gaban

- predator
- Senior Airman
- Posts: 111
- Joined: 14 Oct 2011, 22:08
- Location: malang
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
ini gambar yang saya terima om saya belum kesana sih,karena lumayan jauh dari rumah saya
[url][URL=http://s1347.photobucket.com/user/Geoff_Sam/media/Mobile%20Uploads/20131231_015827_zps5d0421c7.jpg.html]
[/url][/url]
[url][URL=http://s1347.photobucket.com/user/Geoff_Sam/media/Mobile%20Uploads/20131231_015827_zps5d0421c7.jpg.html]

- predator
- Senior Airman
- Posts: 111
- Joined: 14 Oct 2011, 22:08
- Location: malang
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
kalo kurang terang ntar saya coba maen kesana deh para suhu...
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
2 silinder kyknya, tp nampak seperti 2 busi per silinder hehe
Kurang jelas kalo foto difoto lg
Kurang jelas kalo foto difoto lg
- predator
- Senior Airman
- Posts: 111
- Joined: 14 Oct 2011, 22:08
- Location: malang
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
iya om fly low dia persilinder ada dua busi,itu artinya pake apa ya om..... 

- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
predator wrote:iya om fly low dia persilinder ada dua busi,itu artinya pake apa ya om.....
Sama saja sebetulnya, prinsipnya nyari pembakaran yg sempurna
Kalo 4 tak biasanya percikannya beda jadi ada 2x.
Kalo 2 tak percikannya bersamaan. Mungkin karena ruang kompresi besar tapi businya kecil jadi dibikin 2 percikan api bersamaan.
Tinggal 1 lagi, itu hall sensornya ada 2 apa 1? Nampak di gambar sih cuma 1 jadi kemungkinan besar empat4nya mercik bareng jadi gak bisa pake cdi dle222.
Btw cdi yg lama hilang apa kemana?
- predator
- Senior Airman
- Posts: 111
- Joined: 14 Oct 2011, 22:08
- Location: malang
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
itulah om saya sendiri nggak tau bijimane ceritanye....berarti menurut om fly low pake yang 110 tapi 2 biji ya om,atau harus jajan ke luar nih 

- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
pake aja cdi punya DLE111 170 atau 222 sama saja.
yg penting output nya 4 biji.
DLE222 juga pake 2 buah CDI twin.
DLE111 dan DLE170 pake satu CDI twin, jadi perlu beli 2 buah.
yg penting output nya 4 biji.
DLE222 juga pake 2 buah CDI twin.
DLE111 dan DLE170 pake satu CDI twin, jadi perlu beli 2 buah.
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc
di 3W yang cc besar emang pake 2 busi per cylinder nya dimana busi ke 2 akan hidup akan aktif mulai posisi throttle tertentu .... ini juga kalau enggak salah loh ya maklum cuman denger2 aja jadi mohon maaf kalau salah ...........
om suhu flylow, yang saya maksudkan dengan independen cdi yaitu pakai single bukan pakai yang twin dan dari hasil test yg pernah dilakukan pada engine 3W milik temen hasilnya lebih optimal tapi mungkin hanya perasaan saya saja kali ya ... hal itu kita modif karena cdi aslinya rusak menggunakan masing2 pakai CDI sendiri2 untuk setiap cyl nya karena kebetulan aja nyimpen beberapa cdi baru jadi enggak pakai yg twin cdi ... sebagai uji nya digunakan tachometer dan hasilnya bisa peak rpm yg dihasilkan bisa lebih tinggi sedikit daripada menggunakan twin cdi disamping itu startnya juga lebih mudah ... tapi sekali lagi mungkin hasil eksperimen eyang su-31 itu hanya kebetulan saja karena sampai saat ini engine yg dijadikan eksperimen baru 1 buah saja jadi belum bisa dikategorikan eksperimen yg "berhasil" ....
tapi kalau enggak mau repot2 ya pakai aja twin cdi sebagaimana yang disampaikan oleh suhu christoffel dan suhu flylow ....
salam
om suhu flylow, yang saya maksudkan dengan independen cdi yaitu pakai single bukan pakai yang twin dan dari hasil test yg pernah dilakukan pada engine 3W milik temen hasilnya lebih optimal tapi mungkin hanya perasaan saya saja kali ya ... hal itu kita modif karena cdi aslinya rusak menggunakan masing2 pakai CDI sendiri2 untuk setiap cyl nya karena kebetulan aja nyimpen beberapa cdi baru jadi enggak pakai yg twin cdi ... sebagai uji nya digunakan tachometer dan hasilnya bisa peak rpm yg dihasilkan bisa lebih tinggi sedikit daripada menggunakan twin cdi disamping itu startnya juga lebih mudah ... tapi sekali lagi mungkin hasil eksperimen eyang su-31 itu hanya kebetulan saja karena sampai saat ini engine yg dijadikan eksperimen baru 1 buah saja jadi belum bisa dikategorikan eksperimen yg "berhasil" ....

tapi kalau enggak mau repot2 ya pakai aja twin cdi sebagaimana yang disampaikan oleh suhu christoffel dan suhu flylow ....

salam