Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 107
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by Irwan Bossanova »

Mohon petunjuk dan nasehat dari para suhu sekalian. Kemaren 1 kit pesawat jd korban akibat ketidakmengertian saya memilih peswat 3D yg cocok tuk engine saya dle 20cc. Rencananya sy pengen memiliki Futana 125 tuk dikawinkan dg dle 20cc. Adapun data2 tersedia sbb :

a. FUTANA 125 RC Plane
Product Specifications
Wingspan: 69.5 in (1765mm)
Overall Length: 68.5 in (1745mm)
Wing Area: 1108 sq in (71.5 sq dm)
Flying Weight: 8–8.5 lb (3.63–4.03 kg)
Engine Size: .60–1.00 2-stroke; .90–1.25 4-stroke; 20cc gas
Motor Size: E-flite Power 110 brushless motor
Radio: 4+ channel
Servos: 6 required (5 for electric)
Trim Scheme Colors: White HANU870
Spinner Size: 2.5 in (65mm) not included
Hardware Included: Yes

b. Data Engine 20CC
Output Power: 2.5 HP at 9,000 RPM
Idle Speed: 1,750 RPM
Static Thrust: 6 kg Pulling Force/100 meters altitude
5.3 kg Pulling Force/1,800 meters altitude
Displacement: 1.22cu in (20cc)
Bore and Stroke: 1.3 x 1.0" (32 x 25mm)
Compression Ratio: 10.5:1
Weight: Engine: 22.93oz.(650g)
Exhaust: 1.76oz (50g)
Ignition: 4.23oz (120g)
Total: 28.9oz (820g)
Gasoline/Oil Mixture: 30:1
Gasoline Octane Rating: 87-93
Recommended Propellers: 14x10, 15x8, 16x6, 16x8, 17x6, 18x6
(break-in prop not specified)
Ignition Battery: 4.8V min,max as marked on electronic ignition unit.
If marked 6V max, BEC required if LiPo battery used.
Newer ones may be marked 4.8V to 8.4V.
Spark Plug: CM3
Spark Plug Gap: 0.018 - 0.020"
Plug Installation Torque: 7 - 8ft-lbs

Nah mnrut bbrp uraian di forum ini tuk bisa main 3D dg engine 20cc setdknya memiliki 1,5x dari AUW/Thrust rasio. Klo thrust min.5.3kg(1800 altitude) smntara flying weight pd futana 125 mncpai 4.04 kg pd rpm 9000. Angka 4.04 jika dikali 1,5.....mncpai 6 kg. Pertanyaannya :
a. pada thrust 4.04 ini apakh plane bisa hover?
b. perhitungan flyingweinght apakah jlh dr berat kit+seluruh komponen plane?
c. Sy mncoba mnghitung dr sisa2komponen plane yg hancur diluar kit mndapat angka sbb:
- Servo (6bj)+pushroad+kabel+arm= 508 gr
- Engine+cdi+engine mount+plug+muffler+spinner3"+wood propeler(16x8)+baut prop.=1.158gr
- 2 lipo battry 2 dn 3cel = 243gr
- Ubec 2 bj = 94 gr
- RX = 14 gr
- Fuel tan 360cc+bbm=430gr
Total = 2.247gr.
Nah dg berat komponen sekian, brp berat kit pswt yg harus sy capai dan model pswt apa?
d. Apakah ada yg tidak benar cara sy membaca istilah2 diatas, shg membuat sy salah mengartikannya.
e. Secara keseluruhan futana 125 ini apa cocok dg dle 20cc bl dibuat main 3d?
f. Apa aja part yg hrus dikurngi sng bs mngurangi berat diatas?
g. Plane apa yg plg enak tuk dle 20cc ini buat 3d?
f. Kemren ada hobby rc yg nawarin Seagull Edge 540 40, nah klo dkwinkan dg engine DLE diatas apakh proporsional?

Terima kasih sebelumnya, mdhan stelah ini tdk ada lg korban peswat sy berikutnya, Amin. Mhn maaf jika pertyaannya agk panjang.
Last edited by Irwan Bossanova on 29 Sep 2014, 17:16, edited 1 time in total.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by iwan21 »

Irwan Bossanova wrote:Nah mnrut bbrp uraian di forum ini tuk bisa main 3D dg engine 20cc setdknya memiliki 1,5x dari AUW/Thrust rasio. Klo thrust min.5.3kg(1800 altitude) smntara flying weight pd futana 125 mncpai 4.04 kg pd rpm 9000. Angka 4.04 jika dikali 1,5.....mncpai 6 kg. Pertanyaannya :
a. pada thrust 4.04 ini apakh plane bisa hover?
b. perhitungan flyingweinght apakah jlh dr berat kit+seluruh komponen plane?
c. Sy mncoba mnghitung dr sisa2komponen plane yg hancur diluar kit mndapat angka sbb:
- Servo (6bj)+pushroad+kabel+arm= 508 gr
- Engine+cdi+engine mount+plug+muffler+spinner3"+wood propeler(16x8)+baut prop.=1.158gr
- 2 lipo battry 2 dn 3cel = 243gr
- Ubec 2 bj = 94 gr
- RX = 14 gr
- Fuel tan 360cc+bbm=430gr
Total = 2.247gr.
Nah dg berat komponen sekian, brp berat kit pswt yg harus sy capai dan model pswt apa?
d. Apakah ada yg tidak benar cara sy membaca istilah2 diatas, shg membuat sy salah mengartikannya.
e. Secara keseluruhan futana 125 ini apa cocok dg dle 20cc bl dibuat main 3d?
f. Apa aja part yg hrus dikurngi sng bs mngurangi berat diatas?
g. Plane apa yg plg enak tuk dle 20cc ini buat 3d?

Terima kasih sebelumnya, mdhan stelah ini tdk ada lg korban peswat sy berikutnya, Amin. Mhn maaf jika pertyaannya agk panjang.


Saya coba bantu yg saya tau aja
a. kalo flying weight pesawat 4,04 kg dan thrust motor/engine 4,04 kg juga, itu bisa utk hover aja dalam keadaan full throttle, tapi gak bisa naik vertikal
b. flying weight adalah berat pesawat beserta segala macem isinya yg dibawa terbang, termasuk fuel dalam keadaan fulltank

lainnya sata enggak faham

utk static thrust yg tertulis : pulling 6 kg pada altitude 100 m dan pulling 5,3 kg pada altitude 1800 m , maksudnya kalo kita ukur static thrust di pantai dan di pegunungan akan menghasilkan thrust berbeda pada rpm yg sama, salah satu faktor adalah kepadatan dan temperatur udara yg beda kalo beda ketinggian, jadi saya rasa angka altitude yg ditulis adalah ketinggian tempat dari permukaan laut.

demikian kira2 sedikit apa yg saya tau, silahkan dikoreksi kalo keliru
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1441
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by KBSantoso »

Sebelumnya mohon maaf jika kata2 saya ada yang keliru, mohon koreksinya.
Kalau saya lihat di youtube, ada yg menerbangkan Funtana 125 pakai DLE 20cc hover nggak ada masalah.
Flying weight itu adalah All Unit Weight, jadi berat pesawat dalam keadaan siap terbang.
Melihat spek thrust DLE 20cc max thrust 6 kg pada alt 100m sepertinya masih aman untuk hover bila AUW pesawat pada 4 kg. Artinya thrust to weight rationya 1,5.
Tapi bukan berarti pada power 66% (2/3) pesawat akan hover, karena thrust tidak selalu linear dengan power ataupun posisi throttle stick di Tx.
Jika seluruh perlengkapan komponen berat totalnya 2247gr, maka berat kit ideal harus di bawah 1753 gr. Nah, di sinilah kadang kita sulit mendapatkan berat kit kosong di spek pesawat, karena kebanyakan produsen hanya mencantumkan flying weight dan weight without battery.
Untuk diketahui pula, berat kit bisa bervariasi karena variasi dari kepadatan material kayu yang dipakai.
Menilik pengalaman saya pribadi, umumnya AUW yang real sedikit lebih berat daripada yang tercantum pada spek, mungkin karena saya menggunakan komponen yang kelas menengah, bukan seperti yang direkomendasikan (faktor budget).
Kalo boleh tau kronologi crashnya bagaimana om Irwan?

Salam
KBS
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 107
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by Irwan Bossanova »

Kronologisnya ketika take off pswt spt kkurangan power ms santoso. Shg plane nyungsep. Mnrut hitung2annya mestinya pswt msh bs flight meskipun tdk hrs terbng 3d. Oh...ya seklian ty om. Klo spek pswt hy mncantumkn weight az. Itu yg dhtung ap az. Mksh
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by iwan21 »

az apa oz om ? kalo oz = pound = lbs kan = 453 gram
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 107
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by Irwan Bossanova »

Mf om az mksdnya aja......kbiasaan nulis sm teman2 d bbm
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by iwan21 »

oooo, kalo weight doang bisa macem2 arti,
1. unit weight, artinya kita doang, kosongan
2. flying weight atau berat terbang atau all unit weight /AUW , ini artinya berat total saat terbang ( pesawat serta semua isinya)
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1441
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by KBSantoso »

Kalo dari spek hanya mencantumkan weight tanpa keterangan tambahan biasanya itu flying weight/AUW nya.
Jika ragu coba om Irwan main ke forum rcgroups.com, search kata kuncinya pesawat yg mau dibeli. Di situ banyak yg review dan bisa tanya2 (harus member).
Biasanya kalo orang luar ngitung berat pakai oz=ounce= 28,35gr dan lbs=pounds=16oz=453,6gr.

Kalo crashnya sewaktu take off bisa jadi beberapa kemungkinan sih :
- power engine ngedrop/mati
- terlalu nose heavy/elevator pada posisi down.
- posisi stick elevator di tx terbalik

Apakah sebelum take off semua kemudi sdh benar arahnya?
Karena kalo dari faktor over"weight" kemungkinan crash kecil karena posisi pesawat bukan sedang hover.
Last edited by KBSantoso on 30 Sep 2014, 17:29, edited 1 time in total.
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 304
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by richard »

Irwan Bossanova wrote:Pertanyaannya :
a. pada thrust 4.04 ini apakh plane bisa hover?
b. perhitungan flyingweinght apakah jlh dr berat kit+seluruh komponen plane?
c. Sy mncoba mnghitung dr sisa2komponen plane yg hancur diluar kit mndapat angka sbb:
- Servo (6bj)+pushroad+kabel+arm= 508 gr
- Engine+cdi+engine mount+plug+muffler+spinner3"+wood propeler(16x8)+baut prop.=1.158gr
- 2 lipo battry 2 dn 3cel = 243gr
- Ubec 2 bj = 94 gr
- RX = 14 gr
- Fuel tan 360cc+bbm=430gr
Total = 2.247gr.
Nah dg berat komponen sekian, brp berat kit pswt yg harus sy capai dan model pswt apa? >> Bisa Edge, Yak 54, Extra, MSRX, Sbach, ada banyak pilihan om. Pilih pesawat yang memang mencantumkan spesifikasi mesin 20cc gasoline.
d. Apakah ada yg tidak benar cara sy membaca istilah2 diatas, shg membuat sy salah mengartikannya.>> Menurut saya tidak ada
e. Secara keseluruhan futana 125 ini apa cocok dg dle 20cc bl dibuat main 3d? >> Kalau melihat dari spec dan gambarnya, itu pesawat memang untuk terbang 3D
f. Apa aja part yg hrus dikurngi sng bs mngurangi berat diatas? >> Untuk menghemat berat, pengurangan bisa dilakukan dengan mengganti servo dgn output torque sama tapi lebih ringan. Mengganti landing gear misalnya, dengan yang carbon, mengganti semua pusrod dengan carbon bisa mengurangi AUW.
g. Plane apa yg plg enak tuk dle 20cc ini buat 3d? >> Tidak bisa jawab om, mungkin penggemar 3D bisa bantu disini. Saya cuma pernah terbangkan Yak 50cc itupun tdk utk tujuan 3D.
f. Kemren ada hobby rc yg nawarin Seagull Edge 540 40, nah klo dkwinkan dg engine DLE diatas apakh proporsional? >> Kalau spec pswt utk eng gasoline 20cc, mestinya bisa om. Sekarang ini hampir semua produsen pesawat mencantumkan spesifikasi motor penggerak yang dibutuhkan di kemasan pesawat mereka. Tidak ada salahnya melihat2 di internet/web ulasan pesawat yang mau dibeli tsb sebelum memutuskan.


Saya bukan ahli terbang 3D dan tidak pernah pula terbang 3D.
Dari baca2 dan lihat video 3D, ada banyak persyaratan tehnis agar suatu pesawat bisa melakukan manuver 3D. Dengan setting yang pas, di youtube saya pernah lihat Piper Cub J-3 bisa melakukan manuver torque roll. Ada persyaratan (1) tehnis pesawat-radio-mesin, ada (2) latihan (di simulator dan dilapangan; saya pernah baca salah satu jawara 3D mengatakan dia terbang paling sedikit 20 jam/minggu diluar latihan simulator) dan (3) kesiapan mental untuk tidak gampang menyerah dan disiplin.

Begitu om Irwan.
Jangan menyerah om, kali ini, hanya harus lebih hati2 dan teliti dalam setting.
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 107
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: Kesesuaian Engine Dg Spek Pesawat

Post by Irwan Bossanova »

Mksh om richard.......hrs tetap semngt walau hancur...lebur.....he....he
Post Reply