F4U-5 Corsair 1200 mm

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

Post Reply
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by julescrafter »

DedDredd wrote:Penasaran saya sama karakter terbangnya yg scale, selama ini cuman maen di microsoft combat simulator 2, pesawat ini lincah banget buat lawan zero, lebih lincah dari hellcat kayaknya....


Saya juga belom explore semua kemampuannya om Ded, baru 3 kali terbang, mau 4 kali tapi sayang belum di warnain, takut nanti crash :hi3
Apalagi angin lagi ga tentu hehehe. Yang jelas sih ini pesawat karakternya sama persis sama corsair yang simulator Aerofly. Cuma kemarin rollnya ga sempurna karena flapnya masih ke bawah ga bisa naek, saya salah bikin pushrodnya, kependekan.

pesawatnya sih berasa mantab, stabil dan rigid. Bener beda sama pesawat yang pernah saya bikin sebelumnya (wilga, cessna, stearman), anehnya landingnya enak banget sama dengan stearman dulu. Mirip mustang saya dulu yang merek Durafly, wong motornya sama :hi3 hanya mustang landingnya susah, corsair ini enak banget.


iwan21 wrote:Kalo ini jelas om, power mesinnya jauh lebih gede dari hellcat maupun Zero, kalo enggak salah ini fighter singel engine dg mesin piston radial terbesar dan terkuat, dan kalo enggak salah lagi ini mesin juga di pake di bomber B-29


tul om pesawat aslinya mesinnya kuat banget, buat mutar propeller yang segede gaban.
Kemarin liat dokumenter sejarahnya ternyata alasan pesawat dibuat sayapnya bengkok itu karena propellernya.
Karena propellernya besar, pesawat perlu tinggi tapi gimana caranya supaya landing gear strutnya tidak terlalu tinggi, maka di bengkokin ke bawah lah sayapnya
agar strutnya bisa tetep pendek.


sekalian upload ulang videonya, sekarang HD

User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by julescrafter »

Udah turun semua nih om Roji flapnya :hi3

Image

Image

Image
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by iwan21 »

hahahaaha...makin mantef aja, bisa scale take off - landing kalo flapnya kumplit semua :mtp

apalagi kalo pake prop durafly yg 4 blade dan scale spinner ( :hi3 )
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by julescrafter »

iwan21 wrote:hahahaaha...makin mantef aja, bisa scale take off - landing kalo flapnya kumplit semua :mtp

apalagi kalo pake prop durafly yg 4 blade dan scale spinner ( :hi3 )


corsair asliya 3 blade om, F4U-1A ini
kalo yang 4 blade itu F4U-5 mesin lebih kuat dan 4 blade
tinggal mau ngakalin cara bikin spinner yang scale nih

Image
Image

User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by julescrafter »

Video flap turun

User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by julescrafter »

update coloring

Image

coloring pake :
- cat kayu mowilex clear, buat coatingnya (2X)
- Cat semprot diton : dark blue, light grey, flat clear
- cat semprot pilox : white
- decal : digital print kertas art paper 150 gram tempel pake double tape
User avatar
hidayat07
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 944
Joined: 14 Dec 2010, 11:19
Location: makassar

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by hidayat07 »

wow kapan yah bisa buat beginian...oh ya om Jul, untuk coating nya pake cat kayu mowilex yah om....aplikasinya pakai cat atau pake apa om...tolong penjelasan lebih detail...thanx sebelumnya om Jul.
Salam Kompak Selalu
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by julescrafter »

hidayat07 wrote:wow kapan yah bisa buat beginian...oh ya om Jul, untuk coating nya pake cat kayu mowilex yah om....aplikasinya pakai cat atau pake apa om...tolong penjelasan lebih detail...thanx sebelumnya om Jul.
Salam Kompak Selalu


jadi sebelum di cat semprot, foam dilapis dulu pake cat mowilex tadi. Cat ini bisa dipesan dengan warna khusus, bagusnya pilih warna abu2 muda, harganya sekitar 165 ribu satu kaleng sedang, jadi bisa keliatan mana yang udah di coat mana yang belum. Lapis 2 kali, cepet kering kok, setengah jam di angin2 juga udah kering. Lapisnya pake kuas.

baru abis itu bisa di cat semprot duco yang biasa, macam merek Diton, RJ London, Pylox, dll. Caranya tetep 2-3 lapis tipis sampe warnanya padat. Setelah itu kalo mau finishing yang halus lagi bisa dilapis lagi clear flat / dull lacquer. Coating dope itu bikin warna merata dan terlihat lebih halus. Cocok buat warbird. Kalo mau glossy, finishing / amplasan foam harus betul2 halus, diamplas pake amplas halus dengan air.
User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by johansipp »

julescrafter wrote:Video flap turun



om tolong liatin servo flap dan mekanisme semua bilahnya turun secara close up donk, di video gak keliatan servo dan pushrod nya :doa

switch flapnya gak dipisah aja sama landing gear oom?
soalnya kalo mo pamer on/off retrack landing gear saat low flypass, nanti flapnya mengganggu posisi pesawat terbang lurus hihihih
:gg
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: F4U-5 Corsair 1200 mm

Post by julescrafter »

flapnya mau saya matiin kayaknya, setelah di cat jadi kaku dan ga bisa balik semula lagi. Awalnya memang dipisah channelnya hanya saya mix dengan roda, biar ga ribet pas mau landing otomatis flap turun. Setelah pake flap yang full gini malah susah mendaratnya, saya stall terus 2 kali, hampir crash. Permasalahannya bukan di landingnya ga bagus, tapi aimingnya jadi susah. Kalo flap udah turun susah banget di belokin pake aileron harus pake rudder, dan saya ga mahir kalo landing/aiming runway pake rudder. Hasilnya selalu mendarat di samping air strip (kejungkal) karena agak sidewind, ga lurus searah angin air stripnya. Kalo di cibeureum mungkin saya brani, ga perlu aiming, jos landing di mana saja :hi3

Siap om coba nanti saya foto :gg
Post Reply