Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat Udara

Diskusi ttg pesawat sipil / airliners dalam dan luar negeri

Moderators: NF, stefendy

Post Reply
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat Udara

Post by jerrysim »

Pernahkah teman-teman membawa batere LIPO anda dalam perjalanan menggunakan pesawat udara?
- Bagaimana cara anda membawanya, dimasukkan bagasi atau dibawa ke kabin?
- Sudah di turunkan ke storage voltage atau dalam keadaan full charge?
- Apakah kutub-kutub-nya sudah ditutup untuk menghindari korsleting?
- Diletakkan dalam lipo safe bag atau tidak?
- Di-declare (diberitahu ke petugas) atau tidak?
- Apakah petugas mengerti bahwa batere LIPO itu sensitif?

Ini menjadi pertanyaan menarik buat saya karena sampai saat ini minimal sudah terjadi dua kasus kebakaran di pesawat.

Insiden yang terakhir adalah kebakaran di kabin penumpang pesawat KLM, yang syukurnya masih di darat dan pramugari/a bisa dengan cepat memadamkan api yang timbul. Berita ini berasal dari twitter seorang penumpang. Api tersebut berasal dari sebuah tas multicopter DJI Inspire 1. Menurut saya sumber api kemungkinan besar berasal dari batere Lipo nya. Saya kira bukan multicopternya yang salah, kemungkinan besar penanganan si pemilik terhadap baterenya yang tidak benar.

Kebayang ngga kalau terjadi pas lagi terbang? :duar :nw
Kan ga asik pesawat ga nyampe tujuan gara-gara mainan.

Ini gambar insiden di pesawat KLM tersebut:
Image

Ini gambar drone yang nahas:
Image
Sumber berita: DroneFriend

Kejadian yang kedua juga masih baru setahun yang lalu.
Kira-kira beritanya begini:
Insiden terjadi di dalam ruang bagasi pesawat Fiji Airways, saat itu kejadiannya lebih parah, pesawat sudah hampir take off dari Melbourne ke Fiji. Tiba-tiba pilot menyampaikan pesan mayday karena ada asap tebal yang keluar dari ruang kargo pesawat.
Belakangan diketahui asap itu berasal dari sebuah bagasi penumpang yang di dalamnya ada batere LIPO untuk drone. Apesnya, penumpang yang membawanya adalah seorang operator drone yang berlisensi (kalo disana mungkin nerbangin pesawat RC musti pake SIM kali ye...).
Saat chek-in di terminal, si penumpang tersebut ngga mau ngaku kalau di dalamnya ada batere. Akhirnya dari 4 bagasi penumpang ybs, petugas menemukan 19 batere yang utuh dan 6-8 batere yang sudah terbakar.
Menurut badan yang berwenang, kejadian tersebut disebabkan karena batere-batere tersebut kepanasan, jadi terbakar.

Begini penampakannya:
Image

Sumber: ABC News Australia

Terus terang saya jadi ikutan kuatir nih, mengingat tingkat "kecerobohan" di Indonesia yang sepertinya (mudah-mudahan nggak sih) lebih tinggi daripada di luar negeri sono.
Saya sendiri pernah bawa quadcopter spider saya beserta segala pernak-perniknya juga batere yang saya kuwel-kuwel pake baju dan taruh di koper. Pas lewat X-ray, malah ditanyain (waktu itu remote-nya) itu buat maen apaan, lalu dia minta supaya konektor lipo dari Tx Turnigy 9x saya dicopotin dulu. (OOT; kok dia tau ya itu konektornya tersambung, apa keliatan ya dari mesin X-ray). Setelah itu eh, petugasnya malah jadi diskusi sama temannya tentang asyiknya mainan tsb. hedehhh...
Setelah baca berita-berita ini, saya jadi agak lemas deh.
Padahal kalau sampai kejadian, wah... Peng-hobby aeromodelling bisa kecepret imbasnya nih.
User avatar
Gunawan2010
trainee
trainee
Posts: 19
Joined: 03 Feb 2010, 21:40
Location: Priangan Timur

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by Gunawan2010 »

Menyimak om....
:hmm
User avatar
sutanto
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 848
Joined: 14 Feb 2013, 11:24

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by sutanto »

just info

saya juga dah bolak balik bawa quadcopter via udara, khusus untuk baterai lippo ( termasuk baterai remote) dll saya bawa ke kabin, sedangkan unit masuk bagasi, seringkali dipintu pertama lolos namun pintu kedua diperiksa, namun setelah disampaikan bahwa itu baterai untuk aeromodelling biasanya lolos namun jika masih ada beterai masih nyambung dengan unit biasanya ngak lolos, diminta untuk dicabut dulu.......................
User avatar
nubitol
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2015, 16:28

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by nubitol »

Berarti amannya walaupun sudah dilepas semua konektor dan diamankan/ditutup, harus dibawa ke cabin ya? Jadi worst case (kebakar) pun lebih cepat ketahuan dan penanganannya dibanding kalau masuk bagasi(ruang cargo)....
User avatar
affandi11
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 681
Joined: 11 Jul 2012, 09:13
Location: Tanjungpinang-Kep. Riau
Contact:

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by affandi11 »

Ikut nyimak...brrti penanganan yg bagus gmn ya um2...??
Jadi serba salah.....
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by zaki »

ikut share juga ...
2x bawa drone ke luar pulau dgn banyak batere..
sempet bertanya2 ke grup2.. tentang prosedur di pesawat ( jgn sampe udah bawa2 taunya di larang hihi )

alhamdulillah perjalanan lancar tanpa pertanyaan dan bongkar2 oleh petugas

batere sy bawa ke kabin dgn posisi storage (sekitar 3.7van) selain dingin ber AC dan bisa di awasi ... unitnya masuk ke bagasi ( phantom bisa masuk kabin )
yg punya lipo bag.. ada baiknya dipakai
yg bawa Phantom/inspire.. batere di copot dari unit
seluruh konektor di isolasi ( disisi lain saat di scan klo konektor ga di tutup bisa jadi di bongkar oleh petugas *mungkin)
jauhi dari benda2 TAJAM yg bisa menusuk batere

itulah pengalaman saya ..mohn maaf jika kurang berkenan :doa
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by jerrysim »

Setelah lihat-lihat juga di forum tetangga, ada pengalaman di Indonesia yang justru sebaliknya daripada di luar negeri (lihat peraturan FAA - US). Yaitu batere LiPo yang dibawa ke kabin, disuruh dimasukkan lagi ke bagasi.
:nw
Sebenarnya ada sih tabel Dangerous Goods (gambar dibawah) yang jadi pegangan petugas bandara disini. Cuma saya belum ketemu yang jelas. Lagian kalo pun bawa peraturan itu nanti bisa jadi adu argumen sama petugas bandara, yang biasanya tidak menyenangkan.

Kalau ga salah isinya mengatakan boleh dibawa. Tapi ya itu, masuk kabin atau masuk bagasi, ga jelas. Secara pribadi sih saya lebih tenang kalau bisa dibawa ke kabin, jadi bisa saya awasi. Kalo di bagasi kan dibanting-banting. Ntar kalo baterenya ngamuk gimana...
:mrh :duar
Tapi yang pasti beberapa aturan diatas sebaiknya dilakukan, yaitu konektor diamankan, di charge ke storage voltage (+/- 3,7v per cell), kalau bisa ditaruh dalam lipo safe bag, dst.
Yah segitu dulu berbagi infonya ya...

==================================
Tabel DG baru dapet yang seperti ini (kurang jelas):

Image
User avatar
predator
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 111
Joined: 14 Oct 2011, 22:08
Location: malang

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by predator »

Pengalaman saya asal kita declare ama pintu avsec barang gak ada masalah kok trus petugasnya pasti kasih saran harus gimana, bener kata pak guru kalo punya lipo bag mending bipake...trus kayaknya saya gak setuju kalo di bilang tingkat kecerobohan di indonesia cukup parah, karena sepanjang sayamain aeromodeling di indonesia gak pernah tuh ada pesawat sampai back to base gara2 ada lipo kebakar...itu mah bisa terjadi dimana2,kalo yang main atau pembawanya cukup bodoh sampai basic rule gak di ikuti om....play save and safety first
User avatar
andreas13
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 816
Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Location: ((..(ungaran)..))

Re: Membawa batere LIPO dlm perjalanan menggunakan Pesawat U

Post by andreas13 »

kalau menurut saya looo maaf kalau salah lipo di simpan saat dibawa dalam posisi storage itu tetap aja ganas kalau terjadi short circuit .... kalau penerbangan hanya max 1-2 hari, menurut saya lipo akan aman kalau posisi di discharge aja , karena saat lipo mAh nya mendekati habis tidak begitu ganas . maaf kalau salah mohon koreksi

dan memang sudah merupakan keharusan bahwa lipo battery memang harus dilepas dari unit elektronik , karena kebanyakan lipo terjadi short circuit gara gara rangkaian elektroniknya yang memicunya .
Post Reply