Mas Nubit

kalo menurut saya Gmax lebih "merdeka" dibanding sketchup karena saya sudah familiar dengan 3DS max.
Fitur dan interface sama persis dengan 3DS max hanya saja lebih simple dan ringan, karena tidak ada fitur animasinya,
hanya untuk modelling dan texture aja
Tapi kata orang2 lebih mudah bagi pemula untuk belajar sketchup. Banyak juga kok yang pake sketchup untuk buat desain
pesawat RC, khususnya foam. Karena interfacenya sederhana, fiturnya juga tidak sebanyak Gmax.
Gmax itu fiturnya banyak sekali jadi bikin "keder" buat pemula. Tapi menurut saya banyak fitur yang sangat mempermudah modelling
di Gmax dibanding sketchup, maka itu saya bilang di atas, lebih "merdeka". Maksudnya merdeka itu bukan lebih otomatis,
tapi lebih fleksibel, banyak cara untuk membuat suatu bentuk, jadi tinggal kita mau pake step yang mana. Kalo sketchup
lebih kepada "memudahkan" tapi banyak fitur2 yang justru "melambatkan" kerja bagi kalo menurut saya. Saya sendiri
malah bingung pake sketchup
Kalo saya begini soal itung2an,
1. Tergantung jenis pesawat (slow, trainer atau sport) kebanyakan saya bikin yang 2 pertama.
2. Punya timbangan, digital lebih enak.
3. Cari motor yang sesuai dengan besar dan jenis pesawat kita. Biasanya di speknya ada berapa kv, ada thrust (gram) dan tenaga (watt).
Kalo ga ada thrust bisa kita ukur manual static thrustnya. Atau bisa dihitung static thrustnya, ada kok calculatornya kalo search di google.
Dari situ kita tau berapa gram berat final pesawat kita nanti. Amannya 1:1 atau 0,8 :1 (thrust : berat terbang)
4. Udah gitu kita hitung wing loadingnya, ada juga calculatornya di search google. Kita akan tau nanti besar sayap yang diperlukan untuk
bisa mengangkat berat pesawatnya sesuai type pesawat masing2. Semakin kecil wingloading semakin slow dan mudah terbang.
Tapi ingat juga semakin besar tambah beratnya juga.
Sayap udah diketahui, fuselage mengikuti aja besarnya sayap secara skalatis
calculator wing loading =
http://www.flyingsites.co.uk/downloads/wingloadcalc.htmcalculator static thrust =
http://personal.osi.hu/fuzesisz/strc_eng/calculator CG =
http://adamone.rchomepage.com/cg_calc.htmRPM = Kv x Volt