Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
Listya Nugroho
trainee
trainee
Posts: 14
Joined: 20 Oct 2012, 18:32
Location: Yogyakarta

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by Listya Nugroho »

unding wrote:Menggunakan busi pijar type F pada engine 2T berpengaruh terhadap :
1. Temperatur pijar naik sebab panjang dan diameter filamen lebih besar menyebabkan engine lebih mudah distarter.
2. Dengan ukuran body yg lebih panjang maka ada bahagian (volume) yg masuk menyebabkan berkurangnya volume pada ruang bakar dan mengakibatkan nilai perbandingan komperessi bertambah.

Khusus point (2) :
Pada umumnya perbandingan kompressi untuk engine glow adalah 7 : 1, yg mana nilai perbandingan yg dimaksud adalah :
Volume total/volume ruang bakar ;
dimana
Volume total = volume silinder + volume ruang bakar

untuk engine OS 46 AX dengan volume total 7.45 cc, maka volume ruang bakar bisa diketahui dgn menggunakan rasio 7 : 1
Vol. total/Vol. ruang bkr = 7/1
Vol. ruang bkr = Vol. total/7
= 7.45/7
= 1.06 cc

sedangkan volume silinder = 7.45 - 1.06 = 6.39 cc

Bahagian busi pijar yg masuk keruang bakar "asumpsi 1.5 mm" ,sedangkan diameter busi adalah 6 mm maka volumenya adalah :
Vol. busi = 1/4 x 3.14 x 6^2 x 1.5 = 42.39 mm3
= 0.04239 cc

Volume ruang bakar yg baru = 1.06 - 0.04239 = 1.01761 cc
Volume total engine = Volume silinder + Volume ruang bakar baru
= 6.39 + 1.01761
= 7.40761 cc
Perbandingan kompressi yg baru = 7.40761/1.01761 = 7.28 : 1

Point 1 dan 2 memberikan pengaruh yg cukup besar terhadap peningkatan power, akan tetapi temperatur kerja engine juga naik yg tentunya akan mempengaruhi usia pemakaian :gg :gg , dan kemungkinan pemakaian fuel diatas 10% nitro tidak efektif lagi sebab bisa menimbulkan efek detonansi/knocking.


untuk menghindari knocking itu bagaimana ya suhu?
saya juga pengen nyoba tapi fuel yang saya punya 15%
sayau mau coba tetep 15% tanpa dicampur
selain itu busi F ini bisa dipakai untuk engine .15 tidak ya?
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by Arya m 1991 »

Mungkin pake oplos methanol + castor 4:1 aja kali yaa :ha3
User avatar
Maria Nindhya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 04 Jul 2012, 14:45
Location: Bunderan HI Jakarta

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by Maria Nindhya »

Arya m 1991 wrote:Mungkin pake oplos methanol + castor 4:1 aja kali yaa :ha3

gua banget.. :hi3
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by iwan21 »

Maria Nindhya wrote:
Arya m 1991 wrote:Mungkin pake oplos methanol + castor 4:1 aja kali yaa :ha3

gua banget.. :hi3



ditambah kopi... :cling
Image
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by Arya m 1991 »

Kira2 sama ga ya
Engine 2t dg melepas ring head gasket tp busi tetap 2t VS Engine 2t standar (blm melepas ring head gasket) dg busi 4t
:D

Kebanyakan sih temen2 yg doyan kebut tp pake fuel oplos 0% nitro pada lepas ring head utk dapet power besar

Krn sy aliran oplos setelah liat post ini ko jd tertarik, yg katanya engine 2t dg busi 4t engine mudah nyala idle lbh halus power mantap
Tp masih ragu akan penggunaannya :ha3

Teman sy pernah lupa washer businya ga di pasang dia bilang ko engine lbh mudah menyala...
Setelah sy teliti busi 2t tanpa washer dg busi 4t dg washer akan memiliki ketanggian drat yg sama... :D
Post Reply