WD4 Bi-Plane (Double Wings)

Diskusi pesawat rc elektrik
Post Reply
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

WD4 Bi-Plane (Double Wings)

Post by AgoesAurelz »

Saya hari ini iseng-iseng modif WD4 saya dengan 2 sayap (Double wings/Bi-plane)..
Mungkin ini WD pertama yg pakai double wings (karena saya browse di net belum ada)
Wing tambahan adalah wing aslinya WD4.
Bahan penyangga saya pakai coroplast. Setelah terpasang saya test dgn cara dipontang-panting ditempat, ternyata cukup kuat.. :)
CG juga sudah saya ukur, semua balanced!
WD biplane tsb belum saya terbangkan...(belum berani)
Ada beberapa hal yg perlu saya tanyakan kepada om-om senior Fixedwings disini sebelum saya maiden..
Mohon pencerahannya atas pertanyaan sbb:
1. Pemasangan sayap bagian bawah apakah harus sama dgn sayap diatasnya? atau perlu dibalik (Reverse)?
2. Aileron pada sayap bagian saya isolasi (No aileron), jadi yg aktif hanya aileron pada sayap bagian atas.. Bagaimana kira-kira reaksinya terbangnya?
3. Bagaimana karakter terbang WD setelah diberi sayap tambahan tsb? Apakah WD bisa glider lebih tenang atau malahan lebih liar?
Saya ingin membuat WD ini bisa melakukan acrobatic lebih baik dari sebelumnya, dan bila diperlukan bisa juga terbang super slow dengan stabil...hingga mendarat Harrier style..

Keterangan tambahan:
Motor+esc yg saya pakai adalah towerpro BL 2408 dgn esc 18A,
Battery li-po 3cell Flight Power 18 C (37.8amp continous 28C 58.8 max burst)
Propeler 7X6

Apakah ada hal-hal lain yg perlu diperhatikan selain hal diatas?
Terima kasih atas setiap masukannya. :)

Image
Image
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

WUIIIIIIIIIIHHHHHHHH.. mantab bgt ni om agustinus modif nya.. rapi pula,.. kalo saya si nekat aja langsung terbangin... GREAT IDEA boss... [-o<
User avatar
kucing
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 572
Joined: 20 Jan 2007, 12:04
Location: BINTARO

Post by kucing »

wahhhh....MANTAB....kreasi yg ok...saran om sayap atas aga dimajuin sedikit agar tidak brt blkg.....
User avatar
dion
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 188
Joined: 10 Oct 2007, 20:30
Location: Jogja
Contact:

Post by dion »

Gila keren abis ... ayooo di coba terbang om :)
di tunggu report nya
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Makasih om Sinto, om Ade dan om Dion... :)
Tapi kok pertanyaan saya belum ada yg nanggepin nih... :(
Modif terakhir, saya tambahin roda diameter 5cm di bagian belakang... supaya bisa rogging di rumput..
Kelihatannya sih WD4 Bi-Plane udah ready for 1st flight... tapiii hatiku masih belum sreg nerbanginnya..
Terus terang ada rasa was-was... dgn konfigurasi spt itu pswt ini bisa stabil ngga diatas nanti?... Atau malah ngga bisa mabur ?
Berat total pswt dgn batt li-po 3cell udah mencapai 900gram.. (Kalo spec asli WD4 palingan cuma 700gram..)

Mohon om-om senior fixedwings dan electrical bisa beri saya masukan sebelum WD ini diterbangin...
User avatar
kucing
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 572
Joined: 20 Jan 2007, 12:04
Location: BINTARO

Re: WD4 Bi-Plane (Double Wings)

Post by kucing »

Augustinus Aurelius wrote:
Bahan penyangga saya pakai coroplast. Setelah terpasang saya test dgn cara dipontang-panting ditempat, ternyata cukup kuat.. :)
CG juga sudah saya ukur, semua balanced!
WD biplane tsb belum saya terbangkan...(belum berani)
Ada beberapa hal yg perlu saya tanyakan kepada om-om senior Fixedwings disini sebelum saya maiden..
Mohon pencerahannya atas pertanyaan sbb:
1. Pemasangan sayap bagian bawah apakah harus sama dgn sayap diatasnya? atau perlu dibalik (Reverse)?
2. Aileron pada sayap bagian saya isolasi (No aileron), jadi yg aktif hanya aileron pada sayap bagian atas.. Bagaimana kira-kira reaksinya terbangnya?
3. Bagaimana karakter terbang WD setelah diberi sayap tambahan tsb? Apakah WD bisa glider lebih tenang atau malahan lebih liar?
Saya ingin membuat WD ini bisa melakukan acrobatic lebih baik dari sebelumnya, dan bila diperlukan bisa juga terbang super slow dengan stabil...hingga mendarat Harrier style..

Keterangan tambahan:
Motor+esc yg saya pakai adalah towerpro BL 2408 dgn esc 18A,
Battery li-po 3cell Flight Power 18 C (37.8amp continous 28C 58.8 max burst)
Propeler 7X6



Jawab :
1. Sebaiknya sayap atas lebih maju dr sayap bawah utk menghindari tail heavy kira2x maju 1/4 dr lebar sayap(karakter pesawat 2 sayap terbangnya rada melorot buntutnya)
2. sebaiknya Aileron yg bergerak pada sayap bawah...utk percobaan, jgn dua2xnya
3. harus dicoba om
4. sebaiknya dgn beban seberat itu menggunakan motor 2409-12T dgn prop 8x6...dudukan motor dinaikan sedikit.

ini cuma pendapat saya om mungkin om2x yg lain dpt menambahkan....pokoknya kreasinya Top om.... :smt023
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Thanks om Ade buat masukannya... :)
Kalo saya lihat Bi-plane ada yg sayap atasnya lebih maju, ada juga yg sayapnya rata atas dan bawah.. kira-kira perbedaan/effect terbangnya gimana?
Btw, Tadi saya tanya teman, utk Bi-Plane katanya CG di bagian sayap bawah, apa betul ya?
Soalnya kalo saya timbang berdasarkan sayap bagian bawah, pswt WD Bi-plane ini jadi ngga stabil... udah sampai geser-geser battery tetap aja ngga bisa stabil/balance.. :(
Kalo memang CG nya di sayap bagian bawah berarti WD Bi-plane ini secara teori ngga bakal bisa mabur dgn baik...
Gimana ya om, jadi pusing saya... Kayaknya saya perlu pencerahan nih...
Kalo mau Trial & Error sih bisa aja, tapi lebih bijak saya tanya-tanya dulu sebelum Maiden.. Supaya resiko bisa di minimalisir...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

1.Sayap bawah dan atas mesti sama posisi airfoilnya om,kalo berlawanan/reverse entar malah jadi tarik2an heheheh
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

iwan21 wrote:1.Sayap bawah dan atas mesti sama posisi airfoilnya om,kalo berlawanan/reverse entar malah jadi tarik2an heheheh


Posisi sayap skrng udah sama atas dan bawah..
Kalo ngukur CG Bi-plane dari sayap atas atau bawah om Iwan?
Menurut anda kira-kira karakter terbang WD dgn modifikasi tsb bagaimana?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Kalo kedua sayap sejajar dan leading edge atas bawah sama, posisi CG persis sama dg CG aslinya, kecuali sayap atas lebih maju 25 % dari sayap bawah, maka CG ada di sayap atas (Juga posisi aslinya dg leading edge sayap bawah persis di posisi CG sayap atas)

Karakter terbang ?, dicoba dulu aja deh om..., yg jelas akan lebih floating karena wing area jadi 2 x lipat dan wing loading jadi 50% heheh
Post Reply