[Ask] Kecepatan Pirouette pada Trex 450

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

[Ask] Kecepatan Pirouette pada Trex 450

Post by Syafik »

Berapa kecepatan saat heli Trex450 Anda di pirouette (putar) 360deg dg stik rudder full... saya dari pertama punya T-rex merasakan memang pirouette nya tidak bisa cepat seperti heli engine yang sering saya lihat, misal raptor50, trex600Nitro, dll padahal saya sudah upgrade tail rotor gear dan pulleynya dg part V2 dan juga tail rotor systemnya dg option V2 dimana yang saya lihat tail shaft drivenya lbh panjang tail controlnya lebih presisi dan range pergeseran slider tail controlnya lebih jauh.

Apakah dikarenakan RPM yang kurang atau penggunaan gear pinion tertentu atau batterynya?

Adakah rekan2 punya pengalaman lain, dan mungkin menggunakan heli elektrik kelas450 lainnya yang pirouette nya lebih cepat

Mohon masukan dan share pengalamannya
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Mas Syafik,

Coba ganti Gyro dan tail servonya..

salam,

Budi
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

gampang om syafik... punya saya bisa muter lebih cepet dari heli engine kok...
1. pake gyro 401 + 9254, gyro ini punya pirouett rate yg lebih daripada 240.
2. setting end point rudder pada TX maximum nilainya... kalo gak salah 150% jgn khawatir binding, binding ato tidak diatur dilimit pada GYRO bukan pada TX. ini hanya akan meningkatkan resolusi input dari tx ke Gyro aja.

Dijamin ngacir.. selamat mencoba.. jgn lupa pake in expo supaya gak terlalu susah ngendalikan rudder... salam O:)
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

masalahnya saya melihat gyro yang saya pake dan tail servo itu sudah membuat slider control tail itu sudah mentok, logikanya kalau sudah mentok kan putaran sudah maksimal... bukan fungsi respon gyro lho yang saya soroti tapi pada kondisi di geser stik rudder full baik kanan atau kiri kecenderungan heli pirouette nya tidak bisa cepat, bahkan saya coba putar sampai 4x 360deg baik kekanan maupun ke kiri juga tetep lambat...

Apakah perlu mengganti tail blade yang agak panjang atau RPM yang kurang tinggi
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

om syafik... pirouete memang dihasilkan oleh gerakan slider dan pitch. pada saat dibawah memang si gyro bisa buat sliderr mentok, karena si heli kondisi tidak berputar, jadi gyro memberikan input maksimal ke rudder untuk memerintah heli berputar makanya bisa mentok.tapi pada saat kita terbang yg mngontrol pirouet itu si gyro. maksud saya.. hampir tidak pernah atau jarang sekali si gyro membuat pirouet sampai dia bisa slide maximal pitch blade tail. maksud saya.. seberapapun kita buat rudder untuk piroute, rate nya ttp masih dalam batas kemampuan si gyro mengontrol. bukan dia melepas kontrol rudder dan lalu kita (ber-anggapan) yang menggeser slider itu. ttp ttp dalam kuasa si gyro. kata lain gyro memutar pirouet masih dalam jangkauan pirouete rate gyro (BUKaN MAXIMAL HELI). untuk itu, kita harus menambah rate pyrro digyro dgn menambah resolusi input. apa anda sudah praktekan metode ini, setahu saya pyro maximum heli sy sudah sangat gila dgn kondisi bawaan pabrik. coba anda tes dulu. baru kalo masih kurang, brarti mata anda sangat cepat untuk bisa melihat tail yg berputar sedemikian kebut... hehehe

bukti bahwa gyro mempengaruhi pyrouet rate adalah. coba anda pake gy 240.. 401.. dan 611 heli terbukti lebih cepat pyro nya pada gy 401 dan 611.. knp??? padahal secara mekanikal sama... ini dikarenakan, rate pyro dari gyro itu sendiri dan besarnya resolusi input rudder yg kita set atau berkian. ini pengertian yg saya dapatkan dari berbagai sumber dan membuktikan sendiri. salam...
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Saya juga pernah lakukan pengeturan D/R dan EXP pada rudder dengan memberikan angka maksimal (futaba), tapi pengaruhnya di respon input pironya cepat tapi saat diputar berkali2 jadi tetep aja kecepatannya. Saya kebetulan masih pake gyro 240 dg pasangan HS81, dan perbandingan dg heli temen pake BEAM dg spek gyro dan servo yang sama dan dicoba pironya ternyata lebih cepat dibanding piro trex saya... tetapi setelah diselidiki si BEAM pake pinion gearnya 13T sedangkan saya pake 11T. apakah salah satunya itu penyebabnya dan kira2 apa pengaruhnya ada di mekanikal atau kembali ke setting gyro dan servo rudder.

Dengan spek tersebut kira2 apa yang mesti saya setting lagi yach?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Post by christoffel »

om syafik ...
gampangnya begini ...
coba atv ruddernya dikurangi separuhnya dari yg sekarang (atau lebih extrem kalo bisa sampe seperempatnya), trus dicoba pirouete nya. nanti kan jadi lebih pelan ...
Setelah itu jangan lupa naikkan lagi ATV ruddernya, biar jadi cepet.

Stick rudder pada mode AVCS, menentukan kecepatan putar tail (tanpa pengaruh luar seperti side wind dll), berarti juga menentukan pirouete rate ... bukan secara langsung mempengaruhi maximum simpangan servo. (di 401 simpangan max servo diatur pada setelan limit gyro di body gyronya).
Jadi kalau ATV besar, pirouete rate juga akan besar.
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

setuju sama om christoffel... menurut saya pinion gear hampir tidak memiliki pengaruh pada pyro rate pak... ndak tau lagi deh kalo masih kurang cepet... ntar aja kalo ketemu kita jajal.. hehehe.. yg lain mana ni?? bantu donk.. [-o<
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

apakah teorinya kalau stik rudder digerakkan untuk mendapatkan tail berputar, gyro akan menahannya sehingga travel rate tail tidak bisa mentok/full? Saya pernah maksimalkan ATV pada posisi maksimal hasilnya memang pada saat piro setengah (stik rudder digeser setengahnya) terjadi respon piro cepat tapi saat di full piro hasil pironya sama aja... saya berpikiran posisi mentok slider tail menghasilkan putaran maksimal tail
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

anda bener kok pak.. memang slider yg membuat tail pyro, ttp tergantung gyro juga, apakah dia di set maximal pyro ato tidak. tapi kalo anda sudah main kan ATV atau end point sampe pol, dan blum puas juga, memang cuma ada satu cara, modif gimana caranya nambah pitch tail belakang, satu masukan lagi. ganti tail blade dgn yg memiliki bidang lebih luas juga membantu tail. kalo bisa yg carbon, biar lebih stiff alias kaku. :-s
Post Reply