Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

User avatar
TrexZation
trainee
trainee
Posts: 17
Joined: 13 Mar 2007, 14:09
Location: Surabaya

Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons

Post by TrexZation »

Bisa menjelaskan apa arti,perbedaan dan fungsi dari flaps, airbrake dan spoilerons?

Sy ingin agar pesawat dapat mengerem saat di landasan karena kurang panjang, jd fungsi mana yg harus saya programkan di remote?

trims
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

FLAP= supaya speed pesawat rendah tapi masih ada lift untuk angkat pswt
AIRBRAKE =DIVE BRAKE=rem udara= pd pswt asli untuk mengurangi kecepatan waktu terbang
SPOILERON=spoiler= airbrake tapi cenderung untuk menghilangkan lift
mungkin lebih baik flap krn landing speed lebih pelan dan waktu takeoff lebih cepat airborne
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

Apakah harus pake pesawat jenis tertentu/khusus utk bisa mengaktifkan menu2 itu ..... pesawat trainner bisa ngak?
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

bisa aja om, pswt trainer kan aileronnya type" barndoor"=sepanjang sayap. ambil saja seukuran 1/4 pj aileron yg deket fuse,tambah satu servo, kalo ukuran psw eng .25 servo standart dah cukup, take off dan landing bisa tambah cepat dan terbangnya bisa agak slow
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

eh jangan lupa, masang flapnya harus kanan kiri.
kalo spoiler yang pakai biasanya pswt layang/glider
User avatar
TrexZation
trainee
trainee
Posts: 17
Joined: 13 Mar 2007, 14:09
Location: Surabaya

Post by TrexZation »

@nightfox, klo flap itu berarti ailerons kebawah dan elevator kebawah ato ailerons kebawah elev keatas? Lantas fungsi nya di flap dulu di udara utk mengerem baru landing ato landing baru di flap supaya gak overshoot?
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

night fox wrote:bisa aja om, pswt trainer kan aileronnya type" barndoor"=sepanjang sayap. ambil saja seukuran 1/4 pj aileron yg deket fuse,tambah satu servo, kalo ukuran psw eng .25 servo standart dah cukup, take off dan landing bisa tambah cepat dan terbangnya bisa agak slow


Maksudnya aileronnya dipotong menjadi 2 (yg sebagian berfungsi sbg aileron, yg sebagian lagi sebagai flap .... (seolah2 aileronnya double dimasing2 sisi)
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

atau kalo radionya ada program mix, cari yang namanya FLAPERON, tapi servo aileron harus dua masing masing satu.
kaloELEVON = utk pswt delta/ flyingwing = elevator aileron
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Katana46 saya aileronya mempunyai dua fungsi yaitu aileron dan flap, karena katana dimasing masing aileron sudah memakai servo sendiri2 tinggal kita tancapkan masing2 pada receiver di channel 1 dan channel 6, radio saya pakai 9CHP yang diset pada Flaperon lalu setting Flap diaktifkan maka jadilah Katana yang memakai Flap. Unjuk kerjanya lumayan bagus terutama saat mau landing sangat sangat membantu mengurangi kecepatan tanpa kehilangan daya angkat.
User avatar
TrexZation
trainee
trainee
Posts: 17
Joined: 13 Mar 2007, 14:09
Location: Surabaya

Post by TrexZation »

Pak Jai, di katana nya itu klo flap aktif aileron kebawah elevator ke arah mana?atas ato bawah? kenapa saya baca2 koq ada yg elevator ke atas yah? jd terbalik dgn arah nya aileron??? bingung jadinya???
Post Reply