Batere + Motor + Propeler bagaimana yg benar?

Berbagi tips , trick serta cara2 reparasi pesawat

Moderator: hadi

User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Untuk motor brush seperti bawaan WD jangan lebih dari 2 Cell kalau pakai LiPo. Kalau dipaksakan dengan 3 Cell dijamin terbakar motornya.
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Ary wrote:Kalau saya biasa mulai menentukan pemilihan motor dari keperluannya daya dari pesawat yg kita punya, Ukuran yg saya gunakan adalah :

- Untuk pes sejenis trainer diperlukan daya 75 watt/pon berat pesawat.
- aerobatik 125 watt/pon berat pesawat.
- 3 D 150 watt/pon berat pesawat.

Nah dari perhitungan kebutuhan daya diatas barulah sy memilih motor dgn daya yg sesuai dgn cara melihat data spec dari pabrik pembuat motor bersangkutan..

misalnya untuk motor BL 2408-21 , motor tsb mempunyai rating daya 130watt pd prop 7X5 dgn lipo 3 sel.

Jadi usahakan selalu membebani motor sesuai rating daya nya ,dgn berpedoman pada spec pabrik motor tsb sehingga motor terbakar ,ESC jebol dan Lipo kembung bisa kita hindari......

dan usahakan mengecek pemakaian daya dari system yg kita punya dgn wattmeter atau Ampere meter.....


@Om Ary, Iwan21, Christofel... dll para suhu electrical...
Sorry ngangkat topic lama....
Saya ingin tau bagaimana cara menentukan berdasarkan perhitungannya?
Saya rasa masih banyak para aeromodeller kita yg belum jelas soal ini, dan suka main trial & error (alias main tancep dan kobong)... termasuk saya..
Post Reply