Setting Belt-CP

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

Post Reply
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

JAWABAN NYA... SIMULATOR mas... main simulator sangat membantu untuk orientasi dan belajar manuver heli. meski tidap PLEK 100% mirip, tp SANGAT2 membantu dan SANGAT2 dianjurkan. kedua, pake aja training skid untuk latihan hover pada heli anda, bisa dibeli kok di toko hobby ato buat sendiri, barangnya yg mirip batang lidi 4 biji, trus ada bola pingpong nya 4 biji juga... kalo cuma 2 biji nya salah beli..hihih.. UPss.s :-# :-# :compuf:
User avatar
wanwan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 94
Joined: 02 Apr 2008, 18:02
Location: Jakarta - Jogja
Contact:

Post by wanwan »

Terimakasih Pak Sinto,saya juga sudah memakai training skid kok,tapi berhubung simulatornya hanya pake fms pak ya maklum(ga punya kabel dongle-nya,skr pake remote esky usb)kalo di fms kan kalo hover ga geser ke kiri jadi kalo di fms hover tidak masalah (helinya betul2 anteng kalo hover,saya pake new_cp),ternyata realitanya berkata lain jadi ya maklum berhubung pemula.mungkin dari teman2x ada saran klo pake fms model yang mendekati belt-cp.
Thank's
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Halo mas wanwan... biasanya heli yang dibeli RTF kebanyakan sudah disetting default dari pabriknya kecuali yang sudah pernah dicoba2in jadi mestinya settingnya udah bagus untuk pemula kalaupun kurang2 dikit harus disetting sendiri misal kecenderungan miring ke kiri itu terus menerus bertarti swashplate kurang level dan harus di trim kanan dikit sampai level... kalau masahalnya miring karena ground effect itu semua heli karakternya gitu tidak bisa 100% diam saat lift keatas (hover)... tapi semakin besar heli akan semakin hilang efek miring2nya
User avatar
wanwan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 94
Joined: 02 Apr 2008, 18:02
Location: Jakarta - Jogja
Contact:

Post by wanwan »

oh ya mas Syafik terimakasih pencerahannya,maaf heli saya arf mas....
BTW bagaimana ya cara menggunakan pitch gauge(semoga benar namanya,yg untuk jepit baling2 terus ada angkanya),berapa angka yang hrs pas etc. berhubung beli tapi ga bisa pakenya....abis ga ada manualnya sich....ya mau ga mau nanya seniorlah....dan berharap dapat ilmu anti crash.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Pith gauge itu mengukur sudut blade... masukkan pith gauge ke blade dan dijepit supaya gak geser2... trus tentukan berapa yang diinginkan sudutnya, tapi sebelum itu kabel esc yang ke motor dicopot aja biar blade gak muter saat setting...

Contoh untuk normal flight, pada posisi stik trh posisi low (paling bawah), pitch arahkan di angka -3 terus pada tx atur angka2nya di menu pitch curve sampai menunjukkan posisi pitch sejajar dengan flybar, diusahakan flybar juga posisi horisontal... setelah itu untuk posisi stik geser ke tengah, atur sudut pitch gauge di 4 derajat trus atur nilainya di pitch curve di tx seperti cara pertama... dilanjut posisi stik atas kasih sudut 10 derajat

Ini asumsi untuk belajar hover dengan normal mode, kalau pake untuk 3D disetting di idle mode kasih pitch -10, 0, +10

demikian pak...
User avatar
wanwan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 94
Joined: 02 Apr 2008, 18:02
Location: Jakarta - Jogja
Contact:

Post by wanwan »

ok nati saya coba dirumah mas...
biar besuk sabtu bisa latihan hover seharian.....terus minggu sudah mabuuuurr (menghibur diri)
oh ya mungkin ada saran lagi mas sebelum take off.....
User avatar
dedy_r450
Captain
Captain
Posts: 1626
Joined: 28 Nov 2007, 18:56
Location: Cibinong
Contact:

Post by dedy_r450 »

wanwan wrote:ok nati saya coba dirumah mas...
biar besuk sabtu bisa latihan hover seharian.....terus minggu sudah mabuuuurr (menghibur diri)
oh ya mungkin ada saran lagi mas sebelum take off.....


Advice nya 'safety first'
Pastikan semua part dan setting dlm kondisi ok, jgn mentolerir sedikitpun hal-hal yg menurut anda sepele <seperti mur kendor, dSb> sebab bisa menimbulkan bencana.
Pastikan mengambil jaraj yg cukup antara heli dan pilotnya, juga terhadap lingkungan sekitar. pastikan jarak amannya.
Lebih bijak jika anda terbang dengan org yg telah bisa menerbangkan heli.
User avatar
ronald
trainee
trainee
Posts: 20
Joined: 21 Oct 2007, 14:11
Location: Kalimantan Tengah

Post by ronald »

Syafik wrote:Halo mas wanwan... biasanya heli yang dibeli RTF kebanyakan sudah disetting default dari pabriknya kecuali yang sudah pernah dicoba2in jadi mestinya settingnya udah bagus untuk pemula kalaupun kurang2 dikit harus disetting sendiri misal kecenderungan miring ke kiri itu terus menerus bertarti swashplate kurang level dan harus di trim kanan dikit sampai level... kalau masahalnya miring karena ground effect itu semua heli karakternya gitu tidak bisa 100% diam saat lift keatas (hover)... tapi semakin besar heli akan semakin hilang efek miring2nya



Benar mas wanwan, ini juga menurut pengalaman saya blajar hover, semakin besar ukuran helinya, sepertinya gaya drag kekiri semakin kecil. Sewaktu nerbangin heli .15 gaya drag kekiri masih terasa dikiiiit.. nerbangin raptor .50 gaya tersebut hampir gak ada, lihat punya temen2 yg elektrik kelas 450 gaya drag nya lebih kelihatan. Kuncinya ya simulator, biar jempol lebih lemes buat counter kiri kanan, gak berlebihan dan refleks jempol juga terukur.

Thx
User avatar
Ivan Rene
Posts: 2
Joined: 29 Feb 2008, 00:03
Location: JAKARTA

Re: Setting Belt-CP

Post by Ivan Rene »

budi.santoso wrote:
dedy_r450 wrote:
wanwan wrote:Haloo para suhu....dan teman2 senior semua...
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.

thank's


Mungkin menurut saya,.. ya karakter heli begitu mas,.. kalau dia geser ke kiri,.. ya aileron harus diimbangin ke kekanan secukupnya.. Klo setelah terbang dia kekanan, ya aileron di oyang lagi ke kiri secukupnya,.. begitu seterusnya.. tinggal latihan jempolnya aja mas..
BTW maksudnya di tambahain pitchnya ke kanan itu maksudnya gmn to?


Nah lho ! :-k



@ Pak Budi : hehehe......iya pak, special edition...

@ Wanwan : tambahannya adalah harus selalu sabar dalam practice...dijamin pasti hovering skill dan flight skillnya bertambah.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Setting Belt-CP

Post by Budiman »

wanwan wrote:Haloo para suhu....dan teman2 senior semua...
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.

thank's


Alo Mas Wanwan,

Main blade heli anda mestinya berputar searah jarum jam kan...menurut apa yg perna saya baca...pada saat main blade berputar itu..timbul torque yg arahnya berlawanan dari arah putar main blade...jadi ini yang menyebabkan heli sampean bergeser ke kiri sedikit..sehingga perlu di counter aeleron ke kanan sedikit pula...Nanti sedikit demi sedikit seiring dengan pertambahan jam terbang,sampean akan bisa meng-counter heli saat take-off tanpa disadari ...sehingga akan nampak heli take-off benar2 vertical lurus...
Demikian semoga bisa memberikan inspirasi.. selamat berlatih dan tetap semangat.. =P~

salam,

Budi
Post Reply