Pertamax Racing untuk gasoline engine

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
hilmiskydiver
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 572
Joined: 30 Dec 2011, 09:50
Location: Palembang, Depok, Nganjuk, Kediri
Contact:

Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by hilmiskydiver »

semoga tidak salah kamar

Sempat lihat produk ini di SPBU coco Jl. A yani Palembang

dokumentasi saat launching ada di link berikut


kira-kira untuk gasoline engine model, performance-nya bakal seperti apa ya??
kalau sdh ada yang nyoba, mohon review-nya
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by flylow »

sy belom pernah lihat pylon racer pake gasoline,
engine gasolin RPMnya lebih rendah daripada nitro.
kemudian ada komponen CDI juga yg menambah keterbatasan RPM tidak bisa lebih dari 12000.
pesawat2 30cc dipakein 35cc udah kelebihan power, terasanya pada saat hover aja atau vertical climbing.
kesimpulan hanya pake bensin oktan biasa atau pertamax power yg dicita2kan sudah tercapai :cup2

di spec engine juga tidak dianjurkan oktan yg terlalu tinggi (dianjurkan 87-93 saja)

tapiiiiiii penasaran juga kalo belon pernah coba, nanti deh saya cobain yah, btw di spbu mana aja yg jual di palembang?
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by Faridfadlan »

Oktan yang tinggi lebih baik untuk mencegah detonasi terutama kalau enginenya dengan ratio compresi tinggi, kalau ratio compresi rendah oktan tinggi gak ada gunanya.
User avatar
hilmiskydiver
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 572
Joined: 30 Dec 2011, 09:50
Location: Palembang, Depok, Nganjuk, Kediri
Contact:

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by hilmiskydiver »

flylow wrote:sy belom pernah lihat pylon racer pake gasoline,
engine gasolin RPMnya lebih rendah daripada nitro.
kemudian ada komponen CDI juga yg menambah keterbatasan RPM tidak bisa lebih dari 12000.
pesawat2 30cc dipakein 35cc udah kelebihan power, terasanya pada saat hover aja atau vertical climbing.
kesimpulan hanya pake bensin oktan biasa atau pertamax power yg dicita2kan sudah tercapai :cup2

di spec engine juga tidak dianjurkan oktan yg terlalu tinggi (dianjurkan 87-93 saja)

tapiiiiiii penasaran juga kalo belon pernah coba, nanti deh saya cobain yah, btw di spbu mana aja yg jual di palembang?


ternyata harganya mahal banget om...65 rb/liter
belinya juga dalam kemasan 5 liter atau 20liter
ada di SPBU coco jln. A Yani
deket Travel Ryset om
User avatar
hilmiskydiver
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 572
Joined: 30 Dec 2011, 09:50
Location: Palembang, Depok, Nganjuk, Kediri
Contact:

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by hilmiskydiver »

Faridfadlan wrote:Oktan yang tinggi lebih baik untuk mencegah detonasi terutama kalau enginenya dengan ratio compresi tinggi, kalau ratio compresi rendah oktan tinggi gak ada gunanya.



iya juga sih...
harus modif mesin untuk naikkan kompresi
User avatar
hilmiskydiver
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 572
Joined: 30 Dec 2011, 09:50
Location: Palembang, Depok, Nganjuk, Kediri
Contact:

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by hilmiskydiver »

Om FlyLow,

nyoba nanti saya kontak temen pemasaran
sapa tahu mau ngasih sample gratis
apalagi trialnya bisa ngundang media
bakal seru
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by flylow »

di jkt katanya yg literan 35rb, kalo 5 liter boleh lah kalo buat nyoba tapi kalo 20 liter mau abisnya kapan :hi3 saya aja paling 2 liter tiap minggu, itu aja udah bagi2 sama pemain gasolin yg lain. maklum oplosan saya katanya bagus (atau kalimat lain yg artinya ah males bawa mendingan nebeng aja hehe).
selama ini saya pake pertamax aja, penyebab utamanya bukan karena performance tapi alasan simple aja.
bensin biasa di mobil tahan lama baunya gak ilang2 padahal galonnya itu dibungkus beberapa lapis pake kantong plastik, tapi kalo pertamax buka jendela bentar aja hilang baunya.
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by flylow »

hilmiskydiver wrote:
Faridfadlan wrote:Oktan yang tinggi lebih baik untuk mencegah detonasi terutama kalau enginenya dengan ratio compresi tinggi, kalau ratio compresi rendah oktan tinggi gak ada gunanya.



iya juga sih...
harus modif mesin untuk naikkan kompresi


modif cylinder head rada susah, soalnya gak bisa dipapas karena rata2 semua merk cylinder sama headnya bersatu,
kalo dipapas dari bawah malah portingnya bergeser.
kemudian balik ke cerita awal, dle35ra aja buat model 30cc udah sgt berlebih powernya.
kemudian kalau nilai oktannya jauh lebih tinggi pasti pengapiannya jg harus digeser, yg ini bisa digeser2 dari cdi sensornya.
User avatar
hilmiskydiver
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 572
Joined: 30 Dec 2011, 09:50
Location: Palembang, Depok, Nganjuk, Kediri
Contact:

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by hilmiskydiver »

Kalo di jkt 35rb, harusnya di plbg lbh murah..soalnya produksinya di kilang Plaju..komponen blendingnya adlh komponen avigas..bhn bakar pesawat propeller
User avatar
Janto_JAC
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 404
Joined: 02 Jul 2013, 19:38

Re: Pertamax Racing untuk gasoline engine

Post by Janto_JAC »

Faridfadlan wrote:Oktan yang tinggi lebih baik untuk mencegah detonasi terutama kalau enginenya dengan ratio compresi tinggi, kalau ratio compresi rendah oktan tinggi gak ada gunanya.
Setuju

DLE kompresi mesinnya lebih rendah daripada 3W, karena oktan yang dibutuhkan 87-93, Pertamax 92 cukup, dikasih Pertamax Turbo 98 tidak di-"reken" oleh DLE, mix ratio 30:1

3W kompresi mesinnya lebih tinggi dari DLE, karena oktan yang dibutuhkan 98, mix ratio 50:1
Post Reply