Dalam pembicaraan dilapangan,sering dibicarakan, mesin Gasoline lebih hemat daripada mesin Nitro.
Seberapa hemat?
Bersama ini saya coba hitung seberapa hemat antara terbang Gasoline vs Nitro.
Adapun perhitungannya adalah sebagai berikut:
DLE 55 cc 2 Stroke Gasoline:
DLE 55 cc, 10 menit terbang dengan 19 manuver yg sama dan angin hampir 0 pada pagi hari, konsumsi bahan bakarnya = 250 cc.
Pertamax 1L = Rp. 9.000
Oli Motul 800 Line Road Racing 1L = Rp. 330.000. 1 cc = Rp. 330.000/1.000 = Rp. 330. Mix ratio 30:1, maka butuh 33 cc x Rp. 330 = Rp. Rp. 10.890
Pertamax 1L + Oli Motul 800 Line Road Racing 33 cc = Rp. 9.000 + Rp. 10.890 = Rp. 19.890
1 kali terbang = 250 cc = ¼ x Rp. 19.890 = Rp. 4.973 atau dibulatkan Rp. 5.000
6 kali terbang (60 menit di udara/terbang) = 6 x Rp. 5.000 = Rp. 30.000
OS140RX 2 Stroke Nitro:
Kalau OS140RX (kira" 23 cc), 10 menit terbang dengan 19 manuver yang sama dan angin hampir 0 pada pagi hari, konsumsi bahan bakarnya = 250 cc juga
Cool Power 15%, 1 galon = 3,78L = Rp. 800.000
Fuel Cool Power 1 cc = Rp. 800.000/3.780 cc = Rp. 211.64/cc dibulatkan menjadi Rp. 212/cc
1 kali terbang = 250 cc = 250 x Rp 212 = Rp. 53.000
6 kali terbang (60 menit di udara/terbang) = 6 x Rp. 53.000 = Rp. 318.000
Kesimpulan:
Gasoline 55 cc vs Nitro 23 cc beda kira" 10 kali lebih hemat Gasoline dibandingkan Nitro, padahal kapasitas mesin Nitro 1/2 kali lebih kecil dari Gasoline
Boros Nitro
Hemat Gasoline
Gasoline juara
Tinggal bandingkan dengan baterei 10s 45c 5000 mAh merk Gen Ace, harganya Rp. 3.400.000. Kalau bisa di-charge sampai dengan 680 kali dan baru rusak batereinya, sama hematnya dengan Gasoline, kalau bisa di-charge hanya 65 kali dan baterei sudah rusak, maka sama borosnya dengan Nitro (hitungan kasar seperti tukang daging dipasar

Kita lihat nanti , baru main Electric Power
Tolong koreksi kalau ada yang salah, kurang tepat atau jika ada tambahan informasi lain.
Semoga bermanfaat
Salam aeromodelling