spesifikasi:
-tx jr propo 6210 6ch
-rx air technic 6ch
yang mau saya tanyakan adalah apabila mau mengaktifkan flaperon apakah Y cable(harness) tidak diperlukan?? mengingat prinsip y cable khan kerjanya berbanding terbalik.
Kemudian bagaimana caranya bila kita tetap ingin fungsi aileron,rudder,dan elevator berjalan seperti biasa ditambah lagi dengan kerja flap yang mengharuskan aileron berkerja sinergis (sepadan) pada pesawat WD, karena dari siang mpe sore saya otak2ik mpe mumet (untung wd ma txnya gak gua lempar hehehehe)
mohon ijin kepada para suhu yang ahli di bidang jr khususnya 6210 memberikan sedikit clue (banyak apalagi...) buat newbie seperti saya ini buat ngeset tx dan rxnya sehingga dicapai hasil seperti yang saya sebutkan diatas.
atas segala bantuan dan petuah-petuahnya saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya.
______________________
*memang dunia aeromodelling adalah dunia yang penuh racun dan candu sehingga menimbulkan efek "nagih" bagi para penggemarnya
[ASK] settingan flaperon buat WD
Moderator: widodo
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
tambahan dari hasil otak-atik saya seharian saya mencoba menarik kesimpulan (mohon penilaian dari para suhu mengenai kebenarannya), bahwa apabila flaperon diaktifkan maka fungsi belok dengan menggunakan aileron jadi nonaktif dan untuk manuver belok dititikberatkan hanya pada rudder saja, sedangkan aileron hanya berfungsi sebagai flap saja.
______________________
*memang dunia aeromodelling adalah dunia yang penuh racun dan candu sehingga menimbulkan efek "nagih" bagi para penggemarnya
______________________
*memang dunia aeromodelling adalah dunia yang penuh racun dan candu sehingga menimbulkan efek "nagih" bagi para penggemarnya
- rpramusinto
- Senior Airman
- Posts: 125
- Joined: 26 Jan 2007, 00:48
- Location: Bekasi
- Contact:
SALAH OM... seharus nya justru yg namanya FLAPERON mixing itu menjadikan satu fungsi FLAP dan AILERON...jadi Aileron tetap berfungsi sementara juga bisa sebagai FLAP. kalau di JR PCM9X II sih kita harus input wing type di system menu dengan "FLAPERON" bukannya "NORMAL". maka otomatis ailern dipakai sebagai flap juga oleh system. juga colok ch 2 ke aileron kanan dan ch 6 ke aileron kiri pada RX. jgn pake "Y" harness. jgn lupa juga ASSIGN switch flap ke switch yg kita inginkan, saran saya gunakan variable switch/trim jgn pake switch yg memiliki 2 atau 3 posisi. karena kita ingin mengaktifkan flap secara proporsional tergantung kebutuhan, bukan sekedar FLAP "oN" atau FLAP "OFF"... demikian om fajar semoga membantu... 

- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
sekedar Info, fungsi flap sebenarnya untuk membantu meningkatkan gaya angkat (lift) pada pesawat. namun mengingat WD adalah pesawat trainer yang punya glide ratio sangat baik (terlalu baik malah), rasanya flap tidak diperlukan sama sekali. hehehe....
kalau memang ingin menggunakan flap, mungkin masukan ini bisa berguna. untuk take off configuration, posisi flap (terhadap sayap) sebaiknya berkisar antara 5' - 15'. kalau landing sebaiknya 15' - 30' (45' untuk pesawat kelas berat)
kalau memang ingin menggunakan flap, mungkin masukan ini bisa berguna. untuk take off configuration, posisi flap (terhadap sayap) sebaiknya berkisar antara 5' - 15'. kalau landing sebaiknya 15' - 30' (45' untuk pesawat kelas berat)
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
rpramusinto wrote:SALAH OM... seharus nya justru yg namanya FLAPERON mixing itu menjadikan satu fungsi FLAP dan AILERON...jadi Aileron tetap berfungsi sementara juga bisa sebagai FLAP. kalau di JR PCM9X II sih kita harus input wing type di system menu dengan "FLAPERON" bukannya "NORMAL". maka otomatis ailern dipakai sebagai flap juga oleh system. juga colok ch 2 ke aileron kanan dan ch 6 ke aileron kiri pada RX. jgn pake "Y" harness. jgn lupa juga ASSIGN switch flap ke switch yg kita inginkan, saran saya gunakan variable switch/trim jgn pake switch yg memiliki 2 atau 3 posisi. karena kita ingin mengaktifkan flap secara proporsional tergantung kebutuhan, bukan sekedar FLAP "oN" atau FLAP "OFF"... demikian om fajar semoga membantu...
sedikit yang membuat saya bingung om di rx air technic saya khan ada 6 slot dengan urutan sebagai berikut (berdasarkan no urut yang tertera pada rx): no.6.buat esc, no.5 buat elevator,no.4 buat rudder,dan no.3 buat aileron (dengan y harness) dan di buku petunjuknya sendiri dikatakan bahwa servo pada aileron kiri tempatkan pada slot no.1 dan untuk servo kanan di slot untuk aileron, saya udah aktifkan juga flaperon di system mode seblumnya, namun ketika saya aktifkan flap, yang bereaksi hanyalah rudder bukannya aileron....sedikit masukan aja untuk settingan di remotenya suka terbalik kalo saya ngetrim aileron yang bereaksi adalah rudder dan kalo saya ngetrim rudder yang bereaksi adalah aileron? apakah ini ada hubungannya dengan stick mode?? untuk stick mode sementara saya menggunakan stick mode no.4 karena settingan gimbalnya sesuai dengan fungsi tx pada umumnya (kalo yang lain kebolak balik, ada yang throttlenya jadi di sebelah kanan dsb.) terimakasih atas masukannya oom..
______________________
*memang dunia aeromodelling adalah dunia yang penuh racun dan candu sehingga menimbulkan efek "nagih" bagi para penggemarnya
- dedy_r450
- Captain
- Posts: 1626
- Joined: 28 Nov 2007, 18:56
- Location: Cibinong
- Contact:
fajar wrote: mengaktifkan flap
sedikit yang membuat saya bingung om di rx air technic saya khan ada 6 slot dengan urutan sebagai berikut (berdasarkan no urut yang tertera pada rx): no.6.buat esc, no.5 buat elevator,no.4 buat rudder,dan no.3 buat aileron (dengan y harness) dan di buku petunjuknya sendiri dikatakan bahwa servo pada aileron kiri tempatkan pada slot no.1 dan untuk servo kanan di slot untuk aileron, saya udah aktifkan juga flaperon di system mode seblumnya, namun ketika saya aktifkan flap, yang bereaksi hanyalah rudder bukannya aileron....sedikit masukan aja untuk settingan di remotenya suka terbalik kalo saya ngetrim aileron yang bereaksi adalah rudder dan kalo saya ngetrim rudder yang bereaksi adalah aileron? apakah ini ada hubungannya dengan stick mode?? untuk stick mode sementara saya menggunakan stick mode no.4 karena settingan gimbalnya sesuai dengan fungsi tx pada umumnya (kalo yang lain kebolak balik, ada yang throttlenya jadi di sebelah kanan dsb.) terimakasih atas masukannya oom..
______________________
*memang dunia aeromodelling adalah dunia yang penuh racun dan candu sehingga menimbulkan efek "nagih" bagi para penggemarnya
Coba ke stick mode-2
biar didapat
Gimbal vertikal kiri throttle,
horisontal kiri rudder, vertikal kanan elevator dan horisontal kanan aileron.
Nah ch2 di rx dites satu-satu dulu aja mas.
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
@fajar... wah anda pake mode 4..? wah pusing deh kalo pake mode itu... soale biasanya sy pake mode 2 aja baik buat fixedwing or rotarywing.
@Fly2sky... super duper yummy deh terbangnya... mau slow hampir spt slowstick, mau kenceng juga oke...
My WD4 specs (last modified):
Motor: Brushless Tahmazo ER2208/1100,
ESC: Thunderbird 36 (from castle creation),
Batt: Flightpower 3cell, 2100mah
Prop: 10x47 (pake extension biar engga kena tail),
Reciver Airtecnic AT-DR6 + futaba rx
Radio Futaba 7CHP
@Fly2sky... super duper yummy deh terbangnya... mau slow hampir spt slowstick, mau kenceng juga oke...
My WD4 specs (last modified):
Motor: Brushless Tahmazo ER2208/1100,
ESC: Thunderbird 36 (from castle creation),
Batt: Flightpower 3cell, 2100mah
Prop: 10x47 (pake extension biar engga kena tail),
Reciver Airtecnic AT-DR6 + futaba rx
Radio Futaba 7CHP