Setting Katana Wayang V2 .46

Diskusi dan sharing teknik2 manuver aerobatik dan 3D

Moderator: su-31

Post Reply
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

hap! angkat lagi thread ini

jumat minggu lalu sy kontak pak hadi, dan katanya ada katana, last stock! wah...udah di pack, kemarin yang pesen belum ada kepastian. jadi dengan segala jampi jampi sy gerimis mengundang tuh pesawat miber kesini.

minggu pagi....ketar ketir...udah nyampe belum ya? pagi pagi cek ke ekspedisi...belum nyampe. ya iyalah....emang jakarta - cikampek?
senin pagi...semangat 45+2008 menyongsong pagi....namun yang nongol di ekspedisi malah printer rusak.... :(
selasa pagi...semangat gas kendor, tancap poll lagi....eeeeh....masih di antah berantah...atau jangan jangan pemilik ekspedisinya juga salah satu pilot?
rabu pagi...semangat makin kuenceng....sekenceng badai Nargis (My condolences for the victims...) sy ke ekspedisi lagi....dan dari jauuuuh...sy melihat kotak panjaaaaaaaaang nan besaaaaaaaaaaar.....HOORAAAAAAAAAAY!!!!! KATANA TIBA! HORE!! HORE!! BERHASIL!!! BERHASIL!!!

tapi setelah di buka...sy shock! tertulis jelas KATANA V2 70!! what? sy ambil meteran, ukur sana ukur sini. ternyata bener Katana V2 70. nah lho?! salah siapa ini ? bukan salah ibu mengan....eh....bukan salah saya.....

seharian sy gelisah. bukan kenapa. sy beli pesawat itu seharga 1jt, tapi dikirim V2 70. padahal jelas jelas V2 70 harganya diatas 1.5jt. otak berpikir...apa sy yang salah order, atau pak hadi memang sengaja menghadiahi sy ?

beberapa teman bilang, udah diem aja...lumayan kan? ego sy bilang, udah diem aja! tapi sy ga bisa boong kalau hati sy ga sejahtera. akhiran sy hubungi pak hadi dan ternyata memang salah kirim. :( apa boleh buat. mau kirim kembali ga mungkin krn kalah di ongkos kirim. rugi disaya, rugi di penjual.

timbul masalah lain. sy ga punya engine untuk pesawat ini :( dan sy bener bener ga punya budget ke arah engine baru lagi. :( :(

seperti nya musti nunggu sebulan - dua baru bisa maiden nih...hik hik...padahal dalam mimpi pun sudah kubayangkan menyapu tanah bak Om Wisnu.

ada yang berbaik hati mau hibah engine 70? :D nanti sy hibahkan sesuatu juga....hahahaha
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

flytosky wrote:hap! angkat lagi thread ini

jumat minggu lalu sy kontak pak hadi, dan katanya ada katana, last stock! wah...udah di pack, kemarin yang pesen belum ada kepastian. jadi dengan segala jampi jampi sy gerimis mengundang tuh pesawat miber kesini.

minggu pagi....ketar ketir...udah nyampe belum ya? pagi pagi cek ke ekspedisi...belum nyampe. ya iyalah....emang jakarta - cikampek?
senin pagi...semangat 45+2008 menyongsong pagi....namun yang nongol di ekspedisi malah printer rusak.... :(
selasa pagi...semangat gas kendor, tancap poll lagi....eeeeh....masih di antah berantah...atau jangan jangan pemilik ekspedisinya juga salah satu pilot?
rabu pagi...semangat makin kuenceng....sekenceng badai Nargis (My condolences for the victims...) sy ke ekspedisi lagi....dan dari jauuuuh...sy melihat kotak panjaaaaaaaaang nan besaaaaaaaaaaar.....HOORAAAAAAAAAAY!!!!! KATANA TIBA! HORE!! HORE!! BERHASIL!!! BERHASIL!!!

tapi setelah di buka...sy shock! tertulis jelas KATANA V2 70!! what? sy ambil meteran, ukur sana ukur sini. ternyata bener Katana V2 70. nah lho?! salah siapa ini ? bukan salah ibu mengan....eh....bukan salah saya.....

seharian sy gelisah. bukan kenapa. sy beli pesawat itu seharga 1jt, tapi dikirim V2 70. padahal jelas jelas V2 70 harganya diatas 1.5jt. otak berpikir...apa sy yang salah order, atau pak hadi memang sengaja menghadiahi sy ?

beberapa teman bilang, udah diem aja...lumayan kan? ego sy bilang, udah diem aja! tapi sy ga bisa boong kalau hati sy ga sejahtera. akhiran sy hubungi pak hadi dan ternyata memang salah kirim. :( apa boleh buat. mau kirim kembali ga mungkin krn kalah di ongkos kirim. rugi disaya, rugi di penjual.

timbul masalah lain. sy ga punya engine untuk pesawat ini :( dan sy bener bener ga punya budget ke arah engine baru lagi. :( :(

seperti nya musti nunggu sebulan - dua baru bisa maiden nih...hik hik...padahal dalam mimpi pun sudah kubayangkan menyapu tanah bak Om Wisnu.

ada yang berbaik hati mau hibah engine 70? :D nanti sy hibahkan sesuatu juga....hahahaha


Horeeeeee ......... nambah satu lagi neh komunitas wayang, entar kalo udah idup saya jamin enggak pengen megang pesawat lain deh ..... :-k :-k :-k .... tapi ya jangan gitu ya om ... [-X [-X [-X ......... nah ini cuman saran aja sambil nunggu engine kalo memang rencana pengen meliak-liukan itu pesawat maka mulai sekarang pelan-pelan lakukan beberapa penguatan pada struktur dan bagian mana serta langkah2nya bisa di search di forum internasional (maaf saya lupa di forum mana), selamat mencoba .............. dan keep sabar ya om [-o< [-o< [-o<
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

dapet engine ASP 2stroke .91, harga di sekitaran 1.350.000. mahal ga ya?

servo pakai 3003 kuat ga ya om?
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 563
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Napa ngga pake 4 c aja van ??
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

dana ga ada bro. terpaksa tuh musti lego OS 55AX gw yang baru seumur jagung.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

flytosky wrote:dapet engine ASP 2stroke .91, harga di sekitaran 1.350.000. mahal ga ya?

servo pakai 3003 kuat ga ya om?



sayang pakai kalo dipasangin sama engine 2c entar enggak optimal untuk bisa ngolah si pesawatnya itu sendiri, saya setuju dengan sarannya bang Yudha tambahin dikit lagi dapat kok malah dapat Magnum 4c nya, coba aja direct call ke mas Agung yang di Surabaya soalnya kemarin mas Coy dapatnya juga disitu sekalian sama propellernya yang seri Wide (W), selamat mencoba om

kalo pakai 3003 kayanya kurang awet begitu juga speednya tidak ngejar nantinya kalo udah mau godek-godek, kalo soal speed masih bisa ditoleransikan dan masih bisa dalam kontrol, nah tapi kalo sampai servonya yang jebol tidak tertutup kemungkinan pesawatnya crash kalo udah gini sayangkan, maka untuk itu saya sarankan khusus untuk servo rudder gunakan yang high tourqe (memperkecil kemungkinan jebol dan digital untuk menambah respon), yang saya pakai saat ini murmer kok dan sampai saat ini masih berfungsi sesuai speknya (semoga ...) [-o< [-o< [-o< ) padahal pesawat itu sdh digeber seperti terlihat pada foto2 yg telah diposting. yang saya pakai merk Royal tersedia di plaza semanggi jkt
Last edited by toto on 08 May 2008, 14:17, edited 1 time in total.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

di pak agung ada magnum 4C 70. nurut yang jual nih pesawat, dipasang engine segitu, power nya pas pasan.

jadi mabok katana nih. hahahaha...

btw, servo yang cucok musti yang berapa ya? sy cuman ada servo 3003 futaba
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

Waduh laku keras ya kalo gitu magnumnya kelas di tengah, tapi sabar aja om pasti dapet second maupun brand new atau pesen aja melalui mas Agung info nanti saya PM aja ya.

khususnya utk rudder (kalau ail dan elev masih boleh lah tapi kalo bisa minimal 3001) Futaba 3003 tidak saya rekomendasikan dikarenakan bukan ball bearing dan gear setnya plastik jadi sangat rentan jebol apalagi pesawatnya kelas 70, nah untuk itu servo murmer dengan torsi besar dan metal gear selama ini yg saya ketemukan dan tersedia di indonesia dan sudah saya gunakan adalah Royal DS1020MG yang sampai saat ini masih okay dan tambahan untuk throttle saya pakai mini servo HS81MG karena kuat kena getaran seperti sudah teruji pemakain di heli sebagai servo rudder selain itu juga turut menyumbang mengurangi bobot pesawat nantinya.

Sementara berburu engine dan servo pelan2 melakukan penguatan struktur dulu biar nanti pada penerbangannya sudah tidak ragu, pekerjaan yg dilakukan oleh simbahnya CnC yaitu suhu SU-31 pada Katana3D '46 saya adalah

1. penguatan dilakukan pada bagian2 fuselage, elevator, dudukan engine dan landing gear
2. reposisi baterai, fuel tank dan posisi engine pada mountingnya untuk mendapatkan perkiraan awal posisi CG dan Balance yang tepat tanpa
menempelkan timah pemberat secuilpun
3. merubah sedikit posisi engine untuk mendapatkan thrust yang paling optimal

Berdasarkan hasil pengamatan stabilitas pesawat selama maiden kemudian masuk lagi ke workshop untuk dilakukan perubahan2 lagi seperti yang telah diuraikan pada butir no.2 dan 3. di atas, dan pesawat dirasakan "sempurna" setelah 2 kali masuk workshop. Total waktu yang dibutuhkan sampai dengan pesawat dirasakan renyah untuk diajak neko2 adalah pada minggu ke empat, hal ini tidak lain karena kita2 memang mempunyai ijin penerbangan hanya seminggu sekali pada setiap sabtu atau minggu.

Kira2 begitulah info sebagai sharing apa yang sudah kita lakukan di CnC semoga sukses dan sabar ya om saya jamin enggak nyesel kok inves itu wayang

3.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

sy ga nyesel invest wayang pak. karena dari awal saya main aero, sy sudah tertarik dengan katana ini.

mesti bertapa sejenak dulu nih buat mengumpulkan dana untuk servo.

kalau servo pakai DS1020MG semua gimana pak toto?
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

boleh aja kalo mo pakai semuanya DS1020MG, cuman kan bisa disisikan selisihnya untuk beli fuel .............. he he he .......... dan selain itu yang perlu gesit dan bebannya terbesar kan cuman di rudder ....... nah entar kalo udah masuk ke quarter scale baru deh pakai semuanya yg minimal 10kg torsinya dan ini udah mandatori ......... contohnya paling cepet 3 minggu lagi baru bisa mengudara neh ......
Post Reply