iwan21 wrote:Pak ini Slow stick masih gress kan ?, biasanya itu massalah ada di motor GWS-EPSnya..kalo motor baru .carbon brushednya belum pas bener ama bentuk komutator yg lingkaran...biasanya sebelum dipake itu motor diidupin dulu (running test kayak engien) pake batere alkalin 1,5 Volt sebiji (langsnug aja sambung kabel ke motor dari batere, tanpa perlu ESC ), cukup buat asal muter aja...motornya di idupin sambil direndem di dalem segelas air..supaya carbon brushednya terbentuk dg sempurna dan kontaknya dijamin 100% ke komutator.. Setelah batere habis dan motor udah enggak muter lagi..dikeringin motornya dan kalo ada di semprto pake kontak cleaner..setelah itu si motor dijamin bakal berada di posisi top performancenya...gitu aja sedikit saran saya..
Om Iwan, kalo motor direndam air apakah ngak konslet/rusak ....maklum saya belum pernah melakukan"motor break in" dan baru tau kalo motor boleh dicemplungin ke air .... nanti akan saya coba.
Enggak pak, karena tegangan yg digunakan tegangan DC dari batere alkalin yg cuma 1.5 meter..tujuan direndem di air agar permukaan carbon brush yg kegesek komutator jadi halus, makin halus dan rata maka akan dijamin kontak 100% dan artinya arus yg dialirin dari ESC nantinya akan maksimal menuju ke gulungan stator tanpa rugi2 akibat panas pada kontak bruhsed dan komutator..ini bisa dilihat dg makin berkurangnya bunga api pada kontak tsb.
Dg demikian power output motor juga akan maksimal...
commutator itu bagian yg ada di kepala stator om, yg dari tembaga tempat ujung2 kawat stator di terminasi.
Bagian ini yg ditempel carbon brush.
Kalo udah sering kepake yg kemakan itu carbon brushnya, jadi enggak bisa cuma disemprot WD-40 kecuali di ganti baru...
ajo.naim wrote:Pengalaman main tamiya, brush dan commutator saya semprot WD-40, biasanya spark api jadi hilang dan motor jadi lebih maximal.
commutator tuh yang bagian mana om...??? dan klo sudah sering terpakai tuh motor....apa boleh disemprot WD-40 biar kembali seperti baru tenaganya..???
Maksud saya itu motor Tamiya Om, kalau motor brushed pesawat belum saya coba.
Commutator itu bushing tembaga yg ikut berputar dengan rotor. Commutator bergesekan dengan brush (berupa carbon ataupun berupa foil tembaga). Kalau sudah sering dipakai brush nya harus diganti karena sudah menipis.
Apa motor pesawt brushed bisa di dibongkar-bongkar? kalau bisa, trick motor mini tamiya 4wd bisa diterapkan juga
tergantung jenis motornya, ada bisa/gampang dibongkar ada yang susah.
Sy punya motor Le Mans AP29 malah bisa ganti brush tanpa harus bongkar motor, soalnya brush memang di luar motor.
kok kayaknya ss anda terlalu berat ya...dgn kondisi spt dlm gambar...bisa terbang pun namun nggak akan maksimal...saran saya bekas onderdil yang nempel di TT profile dapat di pindahin ke SS kalo perlu motornya diganti punya lonceng aja yg BL 21 pasti ngacir....
atau memang sementara di cari dulu cg nya ...1/3 lebar sayap di ukur dari depan...
pengalaman saya kalo produk GWS motor brushnya nggak perlu di break in ..kemungkinan anda dapat SS versi lama yg kapasitas motornya lebih kecil...
Tadi sore SS saya coba lagi, motor diganti dg Himak ..... luar biasa terbangnya sempurna, jauh lebih anteng dari WD kuning .... sanggup ngak kalo di kasi camera ....
TAPI .... setelah muter2 dan gaya lumba2 (angin cukup kencang), kemudian landing ...... pas mau di maburkan lagi, ternyata spur gera-nya sudah rompal (kalah sama pinion) ..... ngak jadi mabur.
KALAU kita mau langsungkan motor dg propeler (seperti WD), kira2 jenis motor ya apa namanya yg drive shaft-nya cocok dg propeler SS. (kalo lihat diManual TT G202 3D Profile EP ... ada motor yg namanya OBL outruner, tapi kayaknya ngak cocok dengan motor mount-nya SS)