Direct Serv to Swashplate, Main Gear V2Rex, Contr Rod S Mod

Ruang utk perakitan heli dan pembuatan heli homemade

Moderator: chandra

User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Direct Serv to Swashplate, Main Gear V2Rex, Contr Rod S Mod

Post by Sulistiyo »

Setelah beberapa hari mikir-mikir maka bulatlah tekad untuk membedah Belt CP satu-satunya kempunyaan hingga tersisa seperti gambar berikut,
Image
jadilah Belt CP Direct Servo to Swashplate dengan frame home made,
Image
Main Gear diganti dengan mencomot main gearnya V2Rex450, pemasangan hanya menggeser dudukan motor dan melepas bushing tail driven gear set
Image
Controlling Rod set diganti dengan kaya yang digambar, pengerjaan hanya memendekan flbar Paddle Controlling Set serta merubah baljoint dari semula menghadap kedalam jadi menghadap keluar
Image
Test terbang walau kondisi gelap

Kesimpulan: Lebih enak dilihatnya dari pada sebelum Direct, Bobot Berkurang sekian gram, Responsif dan stabil (mungkin karena pake Blade 335mm), Cuman mengenai penggantian Gear ko kayaknya power agak kurang yach apakah karena Diameter main gear V2Rex450 yang lebih besar atau hal lain...??? sebenarnya Dia meter Gear makin besar yang otomatis jumlah gigi makin banyak, apakah power bertambah atau berkurang?? truss kerja motor bertambah berat taua malah tambah ringan?? RPM gimana??

Mohon koreksinya dari para leluhur... (upsss.... maksudnya Para Suhu semua...) thanks
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

=D> =D> =D> mantap om... salut.... bentar lagi kayaknya komponen hommed nya bakal meningkat lagi nih...
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Hasil karya yang luar biasa pak BTW tuh frame bisa di patenkan untuk di produksi masal tuh pak.
User avatar
oneocim
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 02 Mar 2008, 09:10

Post by oneocim »

Salam kenal, hebat nih modif direct servo to swashnya...
Pak minta gambar control link to flybarnya dong (yang ada di atas kayanya kurang ke atas dikit)
kalau emang padle flybarnya dipendekin berarti control link engga pas ditengah yah? (di poros nya flybar)..nanti kalau pas flybar miring/ciclic apa engga menekan atau menarik controlnya?
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

@Mr. Doms. He...he..he.. modal nekat om sama sedikit gambar hasil browsing... disini saya berani karena frame buatan sendiri jadi ngga ada cost kebuang jika gagal tinggal ganti lagi pake frame yang lama

@ Om Andre. Kalo untuk dipatenkan.... kayaknya ngga lah... toh masih dalam uji kelayakan terus sambil dibandingkan dengan yang asli carbon, Frame dari mika dengan tebal 1mm kayaknya masih kurang kuat, makanya saya double jadi tebal 2mm. mungkin kalo yang asli 2mm akan lebih kuat lagi cuman susah di potongnya.

@ Om Oneocim. Lam kenal juga om.... coba nanti saya upload gambarnya.... hasil dari pemotongan tersebut memang diharapkan jadi tidak pas tengah sehingga Link bisa digunakan (tidak kena main blade collet )

Truss untuk para suhu.... mohon pendapatnya dong mengenai penggantian Main Gear dari yang asli di ganti dengan yang punya V2Rex450 yang lebih besar sehubungan dengan power heli tersebut....
User avatar
oneocim
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 02 Mar 2008, 09:10

Post by oneocim »

Nah itu dia om, saya takutnya kalau engga di tengah pas nanti bermanuver, gerakan flybar ngeganggu control link lanjut ke swash,..baru perasaan sih pak he he, tapi ternyata udah tes terbang semua berjalan normal kan pak? kalau ada sekalian video terbangnya pak yang maju mundur kiri kanan gituh, kalau sukses juga berarti anggaran untuk beli control link bisa dikurangi nih.., abis kalau crashnya parah kadang main blade holder suka ngejepit control link ampe patah
Dengan main gear yang lebih besar (lebih banyak giginya) torque jadi naik (kerja motor jadi lebih ringan kalau bebannya sama) namun head speed jadi rendah, bisa ganti motor yang KV nya lebih besar atau pakai pinion motor yang lebih besar seperti yang 13 atau 15.., mungkin (mungkin yah om) bisa juga setingan expo throtle dibikin tinggi (0,50,100,100,100 buat t dan normal aja untuk p 0 25 50 75 100) biar kalau lagi terbang motor dalam kondisi full speed, kasian sih emang motornya., trus juga pak, dengan torque yang tinggi bisa dicoba pake blade yang lebih panjang 335 punya align misalnya..(saya punya pengalaman buruk pake blade align di belt cp,...suka makan tail boom kalau mendaratnya engga smooth)
User avatar
oneocim
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 02 Mar 2008, 09:10

Post by oneocim »

Nah itu dia om, saya takutnya kalau engga di tengah pas nanti bermanuver, gerakan flybar ngeganggu control link lanjut ke swash,..baru perasaan sih pak he he, tapi ternyata udah tes terbang semua berjalan normal kan pak? kalau ada sekalian video terbangnya pak yang maju mundur kiri kanan gituh, kalau sukses juga berarti anggaran untuk beli control link bisa dikurangi nih.., abis kalau crashnya parah kadang main blade holder suka ngejepit control link ampe patah
Dengan main gear yang lebih besar (lebih banyak giginya) torque jadi naik (kerja motor jadi lebih ringan kalau bebannya sama) namun head speed jadi rendah, bisa ganti motor yang KV nya lebih besar atau pakai pinion motor yang lebih besar seperti yang 13 atau 15.., mungkin (mungkin yah om) bisa juga setingan expo throtle dibikin tinggi (0,50,100,100,100 buat t dan normal aja untuk p 0 25 50 75 100) biar kalau lagi terbang motor dalam kondisi full speed, kasian sih emang motornya., trus juga pak, dengan torque yang tinggi bisa dicoba pake blade yang lebih panjang 335 punya align misalnya..(saya punya pengalaman buruk pake blade align di belt cp,...suka makan tail boom kalau mendaratnya engga smooth)
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

Thanks Om Oneocim... Terus terang memang test terbang baru sekali tapi itu dah saya test figure eight ok tuh om.....
untuk main gear setelah diganti memang waktu take off jadi lebih lambat, sebelum diganti thort belum setengah sudah take off tapi setelah di ganti harus sampe setengah... tapi putaran jadi smooth... rencana mau ganti pinion yang 13T punyanya V2Rex. kalo blade sudah pake yang carbon 335mm
Image
User avatar
oneocim
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 02 Mar 2008, 09:10

Post by oneocim »

thank kiyu om, kayanya emang dah terbukti lancar neh.., nanti ta coba pake di punya saya (engga perlu bayar hak paten kan he he)..selamat berkarya terus om...
User avatar
eja
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 308
Joined: 17 Dec 2007, 22:33
Location: cibubur
Contact:

Post by eja »

menurut saya makin besar main gear putaran blade jadi makin kecil pak..
Post Reply