Pak Syafik,
Kalau bikin lagi, saya usulkan wing planformnya dibalik. Yang melengkung (elips) wing tip bagian depan. Kalau seperti sekarang, tip vortex (pusaran di tip) akibat sudut tajam dan perbedaan tekanan yang mendadak besar sehingga induce drag besar. Pada kondisi tertentu juga perubahan vortex kiri dan kanan bisa mengurang stabilitas.
Tapi kalau tujuannya memang mau bikin yang lain dari yang lain, gak masalah. Karena powernya juga berlebih.
NGL wrote:Pak Syafik, Kalau bikin lagi, saya usulkan wing planformnya dibalik. Yang melengkung (elips) wing tip bagian depan. Kalau seperti sekarang, tip vortex (pusaran di tip) akibat sudut tajam dan perbedaan tekanan yang mendadak besar sehingga induce drag besar. Pada kondisi tertentu juga perubahan vortex kiri dan kanan bisa mengurang stabilitas. Tapi kalau tujuannya memang mau bikin yang lain dari yang lain, gak masalah. Karena powernya juga berlebih.
Thanks pak, mulanya mikirnya memang demikian sekaligus dari sudut artistiknya memang rounded wing ada di depan tapi waktu motong gak lihat posisi akhirnya kepotong aja... dan akhirnya ya sudah terlanjur.. apa sekalian dipotong lengkung juga yang depan juga ya biar full rounded wing tipnya...
Syafik wrote:Thanks pak, mulanya mikirnya memang demikian sekaligus dari sudut artistiknya memang rounded wing ada di depan tapi waktu motong gak lihat posisi akhirnya kepotong aja... dan akhirnya ya sudah terlanjur.. apa sekalian dipotong lengkung juga yang depan juga ya biar full rounded wing tipnya...
Kalau mau gampang ya dibuat full rounded sekalian. Atau mau dibiarkan sebenarnya antik juga sih pak. Yang penting pada bagian sudut tip cukup kaku, sehingga tidak melendut pada saat load besar (akibat maneuver ataupun sudut serang besar) atau lendutan kira dan kanan cukup simetri.
Saat terbang dengan manuver tajam atau sudut besar, bila stabilitas gak masalah berarti masih ok.