ya saya cuma bisa kasi saran: Practice, practice and practice.
tn wrote:...di timing nya om Ivan.., ....harus pas .., harus selaras.
latihannya harus giat banget tuh hehehehe...
Selaras Hand and Eye coordination.
Kapan saat nya correction dengan elevator dan..., termasuk ruder, dll.
Itu kuncinya...
Yg perlu dipahami, Wayang2 3D atau Aerobatic yg fully symetric wing, tidak akan turun ketika inverted.
Kehilangan ketinggian yg terjadi pada dasarnya bukan karena posisi (inverted atau Upright).
Contohnya Wayang2 3D itu umumnya mid wing dan sayapnya fully symetrical.
Untuk nge-trim atau mendapat CG yg sesuai, kita harus cruise dengan setengah (50%) power.
Kemudian di roll inverted.
Pada saat inverted.., justru ndak boleh kehilangan ketinggian (descend).
Perhatikan pada saat inverted Kalau turun artinya CG nya terlalu kedepan (Nose Heavy)...,
kalau malah climb berarti Tail Heavy.
Slightly up atau down sesuaiken dengan taste masing2 pilot.
Nah.., setelah inverted bisa level.., kalau kembali upright tetep level (ndak turun)...,
Lantas kalau di roll kenapa kok tetep turun ???
Pesawat apapun (apalagi high wing flat bottom) kalau di roll terus2an ya pasti turun.
Lha banking aja membuat pesawat turun juga kan?
Ya.., karena ada saatnya lift nya berkurang...
Kapan lift nya berkurang ?, ya contohnya saat posisi knife edge !.
Bagian dari roll itu kan ada knife edge nya juga toh...
Dll, dlsb, sehinggga kita perlu tau kapan (timing) perlu koreksi.
Ya koreksinya dengan semua.., elevator, rudder, power...
Contohnya yg dipaparkan sama oom Wind & encik Nubli itu, ya dilatih aja lah.
Saya kalau cuma roll tanpa kehilangan altitude, wuah gampang...
Cuma lantas kalau saya claim roll saya itu axial/presisi.., ya diketawain sama master2 3D.
Sebab saya cuma bisa roll tanpa turun, tapi headingnya ndak pernah bisa lurus...
Jadinya ya rolling circle...
Saya sekarang udah sampai tahap "nyerah".., ya soalnya males practice !
Sama kayak loop.., saya juga jago loop...
Tapi loop model lonjong/telur.., ndak pernah bisa bunder bola...

ujung2nya/kesimpulannya...Practice practice and paractice.
Ini dibawah cuplikan instruksi Mike Pilkenton, designernya OMP Edge-540 untuk trim CG,
Sebagai contoh, bahwa kehilangan ketinggian waktu roll, pada dasarnya bukan sebab posisi inverted.
Semoga membantu.
The plane should fly level both upright and inverted at about 3/4 throttle for ideal 3d setup. If it climbs then you are tail heavy.
This is why you are so pitch sensitive and have coupling problems. Move your CG forward.