han_solo wrote:terus gunanaya yang banyak rumus diatas itu untuk apasih suhu ?? maklum saya orang laut yang mencoba terbang, heheheheh...... please terangin ajah yah
sederhananya gini om, waktu terbang kan beban berat pesawat cuman di tanggung sama sayapnya yg luasnya terbatas
maka supaya entu pesawat bisa ngapung mestinya bebana yg ditanggung sayap tentu juga dibatasin, artinya disini adalah massa per satuan luasnya ( dalam aeromodelling kita ngitungnya dg gr/dm2, saya gak pake oz/sqr ft karena males konversinya)
oleh karena itu perlu banget diperhatiken faktor wingload tsb jangan sampe entu pesawat jadi kayak batu.
yg saya inget patokannya gini ( untuk elektrik ya,tolong dikoreksi kalo salah..kalo utk kelas engine saya kurang tau) :
1. mikro flyer : 5 s/d 10 gr/dm2
2. glider : 10 s/d 15 gr/dm2
3.Slow flyer : 15 s/d 25 gr/dm2
4. sport : 25 s/d 30 gr/dm2