Pemula 1 wrote:Sekalian Suhu.....Wing loading itu dihitung gunanya buat apa? pengaruh ke size engine nggak Suhu?
Wah harus tanya sama embahnya Aerodynamics oom
Yg jelas iklan pesawat2 3D itu selalu.., Ini kecap no.1, Very
Low Wing Loading bla bla bla...
Kalo saya ya sebagai (salah satu) jalan buat tau karakteristik terbang nya, dlm hal ini Stall Speed nya.
Buat "Spoiled Pilot" kayak saya, yg suka Fun Fly/Floater, pasti nyari yg Wing Loading nya rendah kan...
Trus ujung2 nya biar lebih gampang hover (eitss, Wing Loading has nothing to do with Hover)
Kalo kita "Berdiri" (istilah Su.22), kita kan fly by prop..., not by Wing ya
Lha dalam dunia penerbangan kan urusannya selalu kompromi...
Menurut saya Wing Loading itu berhubungan dengan seberapa cepat pesawat melaju untuk tetap terbang "Baik" di udara.
Kalo FunFly saya itu Hi WL, gampang stall, gak bisa pelan, gak floater, gak forgiving..., gak Fun lagi deh.
Lha trus kalo pesawat Scale (WarBird misalnya).., terbangnya kayak Magic atau wayang Edge saya.., kan aneh oom.
Jadi buat Scale.., terbang "Baik" malah harus wing loading nya Hi kan...?, wualah tambang bingung saya.
Makin tinggi WL, makin cepet stall...
Jadi menurut saya ya gitu.., mau anu..., itu nya harus di anuin..dst (kompromi deh, maunya kita apa).
Sehingga dari penjelasan (dengan pengetahuan minim saya tsb) diatas, jelas ada pengaruh ke engine size.
Contohnya Glider gak pake engine.., nah perlu WL Hi atau Lo...
Atau pesawat tempur yg engine nya segede bagong itu...
Gimana sayapnya Glider, gimana pulak sayapnya F-16..?
Makanya Planker oom Dom's ini kan rencana nya buat Fun Fly, Low Stall Speed, Forgiving dlsb.., iya gak oom Dom's ?
So menurut saya, WL nya harus rendah toh.., dan liat sayapnya di foto dg AUW 2.5kg, kira2 sih kayaknya cukup rendah.

, tapi oom, jangan dengerin Pendekar 7J lah..., kesaktiannya udah rontok luntur,
Mari kita sama2 tanya sama pakarnya yg kumpeten..., saya juga pengen tau nih.
... tolong Pak Pakar, sharing2 bagi knowledge nya dong
