QuadCopter Info/Review by Budi
Forum rules
Mohon perhatian !!
1. Ini room untuk mendiskusikan produk2 heli dan multi rotor , bukan promosi produk ..
2. HS ( pemilik , sales, makelar ) dilarang mempromosikan / mendiskusikan barang dagangannya di room ini .
3. Dilarang mengadakan transaksi jual beli disini
4. Admin/ Moderator berhak mengedit , menghapus postingan / thread yang dianggap tidak sesuai .
5. Member yang melanggar aturan main akan dibanned .
Peraturan akan direvisi sewaktu waktu bilamana perlu .
Mohon perhatian !!
1. Ini room untuk mendiskusikan produk2 heli dan multi rotor , bukan promosi produk ..
2. HS ( pemilik , sales, makelar ) dilarang mempromosikan / mendiskusikan barang dagangannya di room ini .
3. Dilarang mengadakan transaksi jual beli disini
4. Admin/ Moderator berhak mengedit , menghapus postingan / thread yang dianggap tidak sesuai .
5. Member yang melanggar aturan main akan dibanned .
Peraturan akan direvisi sewaktu waktu bilamana perlu .
- jedx
- Technical Sergeant
- Posts: 313
- Joined: 17 Jan 2007, 16:34
- Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
- Contact:
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Augustinus Aurelius wrote:om P1... cari pesawat balsa/fiber yg cakep2 seperti itu dimana sih? kasi contact numbernya donk..
duh.....nggak ada yg spesifik beli dimana oom, bahasa inggrinya : sak nemunya.....saya biasanya hunting baik LHS maupun yg di luar.........kalo kagi di singapore, bisa ber hari2 nguprek2 fook hai building, semangatnya...cari yg classic...kalo ada yg vintage .....
- rpramusinto
- Senior Airman
- Posts: 125
- Joined: 26 Jan 2007, 00:48
- Location: Bekasi
- Contact:
Pemula 1 wrote:ya oom....please2......mau dong skematiknya....................... sebagian bahan dah ada...
BTW, VTAIL Mixer itu apa ya Oom? belinya dimana? .....maklum pemula banget....
Om P1 kalo ga salah V-tail mixer itu mixing antara rudder dgn elevator.. kalo radio JR 9 ch si kayanya udah ada menu V-tailnya, tp kalo di mode heli si emang ga ada, terpaksa program sendiri untuk mix nya, tp kalo mau beli ada kok di UH atau www.hobbycity.com murah bgt ko hargaya gak sampe 100rb.. semoga gak salah info dan ga salah sambung.. tulalit...tulalit..
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
- jaka
- Senior Airman
- Posts: 111
- Joined: 18 Aug 2007, 17:38
- Location: bandung
- Contact:
kang dian udah lama banget ngoprek ini.....cita 2 nya belum tercapai tapi.....rencana ni benda bakal hanya diperintah aja lalu jalan 2 kota bandung dengan durasi batre nya....kita tunggu aja...hehehe
ni ada link buatan jerman wah pusing lihatnya.....ada yang 8 baling 2 malah....
http://www.asctec.de/main/index.php?id= ... ng=en&cat=
ni ada link buatan jerman wah pusing lihatnya.....ada yang 8 baling 2 malah....
http://www.asctec.de/main/index.php?id= ... ng=en&cat=
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
tapi dalam prakteknya bisa saja digunakan untuk keperluan lainnya, misalnya untuk mixer flaperon, dll
kalau yg di menu TX, vtail mixer cara kerjanya sama juga, cuman sudah di patenkan pada channel rudder dan elevator, dan proses mixingnya terjadi di TX.
sedangkan dengan modul ini, proses mixing dilakukan setelah RX (di pesawat).
mohon ijin para suhu sekalian untuk mencoba menjabarkan cara kerjanya ...
kalau yg di menu TX, vtail mixer cara kerjanya sama juga, cuman sudah di patenkan pada channel rudder dan elevator, dan proses mixingnya terjadi di TX.
sedangkan dengan modul ini, proses mixing dilakukan setelah RX (di pesawat).
mohon ijin para suhu sekalian untuk mencoba menjabarkan cara kerjanya ...
Last edited by christoffel on 17 Nov 2008, 00:14, edited 1 time in total.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
dalam kasus pesawat yg ini, kira2 mixer ini digunakan untuk mixing throtle terhadap fungsi elevator/aileron/rudder.
misalnya untuk elevator up, diperlukan menambah throttle ESC depan, dan mengurangi throttle ESC belakang.
sedangkan untuk throttle up, diperlukan menambah throttle ESC depan, dan throttle ESC belakang
Bisa saja dilakukan mixing dari tx untuk kedua fungsi ini, pada 2 ch berbeda, tapi hal ini akan menyulitkan pemasangan gyro, karena signal yg harus dikompensasi jadi 2 channel dengan direction yg berbeda. Karena itu, jauh lebih mudah bila mixing dilakukan sesudah gyro ... sehingga diperlukanlah vtail mixer ini ...
nb:
3 gyro diperlukan masing2 untuk kompensasi elevator, aileron, dan rudder ...
misalnya untuk elevator up, diperlukan menambah throttle ESC depan, dan mengurangi throttle ESC belakang.
sedangkan untuk throttle up, diperlukan menambah throttle ESC depan, dan throttle ESC belakang
Bisa saja dilakukan mixing dari tx untuk kedua fungsi ini, pada 2 ch berbeda, tapi hal ini akan menyulitkan pemasangan gyro, karena signal yg harus dikompensasi jadi 2 channel dengan direction yg berbeda. Karena itu, jauh lebih mudah bila mixing dilakukan sesudah gyro ... sehingga diperlukanlah vtail mixer ini ...
nb:
3 gyro diperlukan masing2 untuk kompensasi elevator, aileron, dan rudder ...
Last edited by christoffel on 16 Nov 2008, 23:40, edited 2 times in total.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
untuk contoh elevator diatas :
misalnya ditentukan ch2 dari tx/rx untuk elevator, dan ch3 untuk throttle.
untuk gerakan stick elevator up, throttle esc depan harus ditambah, sedangkan throttle esc belakang harus dikurangi.
jadi ch2 dari rx, masuk ke gyro untuk elevator, kemudian masuk ke input mixer Ib. output Qa ke esc depan (Ib bertambah, Qa bertambah), yg Qb ke esc belakang (Ib bertambah, Qb berkurang).
ch 3 dari rx, dimanipulasi dulu di mixer rudder (baca bagian mixer rudder di paling bawah) lalu masuk ke input mixer Ia sebagai signal throttle untuk elevator. (Ia bertambah, Qa bertambah,Qb juga bertambah)
...
misalnya ditentukan ch2 dari tx/rx untuk elevator, dan ch3 untuk throttle.
untuk gerakan stick elevator up, throttle esc depan harus ditambah, sedangkan throttle esc belakang harus dikurangi.
jadi ch2 dari rx, masuk ke gyro untuk elevator, kemudian masuk ke input mixer Ib. output Qa ke esc depan (Ib bertambah, Qa bertambah), yg Qb ke esc belakang (Ib bertambah, Qb berkurang).
ch 3 dari rx, dimanipulasi dulu di mixer rudder (baca bagian mixer rudder di paling bawah) lalu masuk ke input mixer Ia sebagai signal throttle untuk elevator. (Ia bertambah, Qa bertambah,Qb juga bertambah)
...
Last edited by christoffel on 16 Nov 2008, 23:57, edited 2 times in total.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
hal yg sama diterapkan juga untuk aileron, misalnya ditentukan pada ch 1.
jadi, ch 1 ke gyro aileron, terus ke mixer Ib.
mixer Ia di sambungkan ke throtle untuk aileron (signal throttle yg telah dimanipulasi oleh mixer rudder) dari mixer ruder.
Qa ke esc kiri, Qb ke esc kanan, sedemikian sehingga arah guling pesawat sesuai dg stick aileron dari tx.
arah putaran motor kiri dibuat sama dengan motor kanan.
arah putaran motor depan dibuat sama dengan motor belakang, tapi berlawanan dg motor kanan/kiri.
jadi, ch 1 ke gyro aileron, terus ke mixer Ib.
mixer Ia di sambungkan ke throtle untuk aileron (signal throttle yg telah dimanipulasi oleh mixer rudder) dari mixer ruder.
Qa ke esc kiri, Qb ke esc kanan, sedemikian sehingga arah guling pesawat sesuai dg stick aileron dari tx.
arah putaran motor kiri dibuat sama dengan motor kanan.
arah putaran motor depan dibuat sama dengan motor belakang, tapi berlawanan dg motor kanan/kiri.
Last edited by christoffel on 16 Nov 2008, 23:58, edited 1 time in total.