Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Kepala cenat cenut , sering menghayal , melamun , berhalusinasi , kebanyakan ide ??? Daripada kesambet , lebih baik tuangkan ide Anda disini

Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny

Post Reply
User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by mcat »

wah klo berhasil bener2 minimalis nih, nanti lama2 HS jadi jualan pertamax deh.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

arief wrote:baru baca dan cuma bisa komentar idenya brilliant sekali =D>


Idenya dari kepepet p. Arief. Kalau ga kepepet mestinya ga mikir.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

Engine OS55AX yang digunakan.

Image

Mesin ini bekas, saya dapatkan dalam kondisi yang sudah kurang baik. Karburator doll, silinder dan piston beret parah, tempat baut untuk pasang ke engine mount pecah. Arm throttle rusak (difoto saya ganti dgn arm servo). Tidak ada mufflernya. Setelah saya perbaiki, saya coba dengan bahan bakar metanol 5% nitro. Setelah menyala dengan baik, tanpa mengadakan perubahan apapun pada enginenya, saya coba dengan bahan bakar pertamax yang sudah saya ceritakan diatas.

Kondisi mesin seperti itulah yang membuat saya nekat mencobanya dengan pertamax. (Nothing to loose). Jadi jangan dianggap mesin harus baik untuk bisa nyala dengan pertamax. Dan engine ini saya start dengan tangan, tanpa starter.
Last edited by justinus on 03 Dec 2008, 16:38, edited 2 times in total.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

Pesawat uji cobanya. Pesawat ini adalah gabungan 2 pesawat hancur yang sudah dibuang pemiliknya. Bagian pertama adalah sayap, bagian pesawat yang lain adalah ekor. Saya membuat body baru untuk menggabung dua pesawat yang hancur tadi.

Image

Rencana selanjutnya: memcoba dengan bensin premium seperti usul pak Budi, mengurangi detonasi, karena saya lihat memang silinder head masih goyang2.
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by handoyo6299 »

Semalem udah keringetan sampe segede jagung, nggak bersahil juga, belum nemu nich musti gimana, mana waktu fuel saya kembalikan pakai Nitro 20% juga belum hidup, wah susyeh juga ya, tapi harus tetp semangat ach, biar bisa.
Info untuk campuran, pertamax 1 lt plus 2Toil .25ltr, maksudnya biar angka cetanenya bertambah, tapi belum berhasil ampe tangan pegel, maklum pull start, nanti malem harus mencoba lagi, hiks? udah terlanjur janji sich ](*,) ](*,) ](*,)
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

handoyo6299 wrote:Semalem udah keringetan sampe segede jagung, nggak bersahil juga, belum nemu nich musti gimana, mana waktu fuel saya kembalikan pakai Nitro 20% juga belum hidup, wah susyeh juga ya, tapi harus tetp semangat ach, biar bisa.
Info untuk campuran, pertamax 1 lt plus 2Toil .25ltr, maksudnya biar angka cetanenya bertambah, tapi belum berhasil ampe tangan pegel, maklum pull start, nanti malem harus mencoba lagi, hiks? udah terlanjur janji sich ](*,) ](*,) ](*,)


Itu yang saya bilang kemarin. Engine kecil memang lebih susah. Tapi saya kirim semangat aja. Waktu saya pertama kali bisa nyalain dengan pertamax memang sampai tangan pegel. :)
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by Budi »

handoyo6299 wrote:Semalem udah keringetan sampe segede jagung, nggak bersahil juga, belum nemu nich musti gimana, mana waktu fuel saya kembalikan pakai Nitro 20% juga belum hidup, wah susyeh juga ya, tapi harus tetp semangat ach, biar bisa.
Info untuk campuran, pertamax 1 lt plus 2Toil .25ltr, maksudnya biar angka cetanenya bertambah, tapi belum berhasil ampe tangan pegel, maklum pull start, nanti malem harus mencoba lagi, hiks? udah terlanjur janji sich ](*,) ](*,) ](*,)



Oom Handoyo, kalo punya hair dryer, coba mesinnya di panasin dulu pakai hairdryer sampai bener2 panas.......harusnya sih lebih mudah.....
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by handoyo6299 »

Siap kumendan, kayaknya musti di preheat dulu yak,....baydewey, kenapa waktu fuel dikembaliken asline juga kagak mau hidup ya oom, jangan-jangan.....tapi tak coba preheat aja dulu aach, thanks suhu. :bow: :bow: :bow: :bow:
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by justinus »

Budi wrote:
Oom Handoyo, kalo punya hair dryer, coba mesinnya di panasin dulu pakai hairdryer sampai bener2 panas.......harusnya sih lebih mudah.....


P. Budi. Engine saya kalau panas nyetaternya sulit, lebih gampang kalau dingin. Teorinya gimana kok terbalik dgn pernyataan P.Budi?

Memang dengan pertamax saya perlu manasin engine ini lebih lama baru stabil.
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Engine OS55AX dengan bahan bakar Pertamax.

Post by Budi »

wah itu namanya anomali, tapi mungkin juga karena udara yg masuk kurang banyak oksigennya, secara volume kurang mampat(packed) ...........buktinya needle valve harus di-cekek habis......kalo dingin udara dan carb nya maka jumlah oksigen untuk volume yg sama akan lebih besar, jadi lebih mudah di stater. karena pembakaran intinya akan terjadi pada campuran yang pas.....

secara teori, campuran bahanbakar udara- akan lebih mudah terbakar pada temperatur yang lebih tinggi......karena pergerakan molekulnya lebih aktif dan lebih mudah terurai dari fasa cair ke fasa uap.....(bahan bakar tidak terbakar pada fasa cair tapi fasa uap, oleh karena itu neddle venturi diperlukan untuk vaporize liquid)
Post Reply