...the Sweeeet Spot !
duh, saya belom bisa kemana-mana nih pak. Hp macet, pesawat gak ditangan, mampir warnet cuma sekejap...
Kapan ya bisa ngobrol lagi....(apalagi soal ginian).
Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
ayo Eyang......apa tuh sweet spot?.......
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Budi wrote:ayo Eyang......apa tuh sweet spot?.......
Kalo pas lagi hover... tiba-tiba melintas didepan pilot.. seorang cewe sexy.... Nah itulah namanya Sweet Spot om.. hehehe...
- eidri
- Senior Master Sergeant
- Posts: 582
- Joined: 16 Apr 2007, 21:32
- Location: Starhill
- Contact:
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Budi wrote:Augustinus Aurelius wrote:pake throtle curve? Hmm... berarti mirip heli dong eyang?
Pake throtle curve model grafiknya seperti huruf "V" (idle up) gitu ya... atau? ..... Wah makin penasaran nih..
Anyway, thanks buat infonya...
Kalo dari cara cerita Eyang suhu sih sepertinya throttle management itu lebih ke arah mencari "sweet spot".
sweet spot, dimana posisi thrust=berat pesawat (hovering throttle position)
Jadi throttle curve normal, hanya pada titik titik sweet spot di buat landai atau tidak sensitif, sehingga pada saat bermain dgn rudder, throttle tidak terganggu........
bener nggak sih Eyang.......mana neh Eyang nya?
blajar handlaunch....ntar ketemu sweet spotny....hehehehe.....
(maaf ya eyang....bongkar rahasia lagi....hehehehe...)
trus kalo ketemu sweet spotnya baru diatur throttle curvenya.....
throttle curvenya gak kaya heli dalam posisi idle, tapi di daerah sweet spot grafiknya cenderung dibikin linear (bener gak seh?)
jadi kalo kita gedein throttle psawatny gak langsung naek trus kal ngecilin gak langsung turun juga.....
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
oo gitu yaa... Hmmm Sweet Spot...
Ayoo dong dri... gass lagi... jangan setengah-setengah buka kerannya donk...
plisss...
Ayoo dong dri... gass lagi... jangan setengah-setengah buka kerannya donk...
plisss...
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
eidri wrote:blajar handlaunch....ntar ketemu sweet spotny....hehehehe.....
(maaf ya eyang....bongkar rahasia lagi....hehehehe...)
trus kalo ketemu sweet spotnya baru diatur throttle curvenya.....
throttle curvenya gak kaya heli dalam posisi idle, tapi di daerah sweet spot grafiknya cenderung dibikin linear (bener gak seh?)
jadi kalo kita gedein throttle psawatny gak langsung naek trus kal ngecilin gak langsung turun juga.....
Eidri, kemana aja...??.......
lebih tepatnya....dibikin datar pada 'sweet spot', karena rudder berada di stik yang sama dengan throttle (mode 2) jadi setiap kompensasi rudder, throttle biasanya terganggu......
seperti di Expo pada titik2 tertentu di curva........
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
belajar hand launch.......saya itu masih takut hand launch, terlalu deket sama propeller..........mungkin nanti kalo udah piawai hover, baru mau handlaunch seperti Eyang Suhu......
Tapi sayangnya.....untuk bisa tahu sweet spot, emang kuncinya di saat handlaunch.......dimana pada saat berat pesawat sama dgn thrust, pesawt bisa dilepas tanpa harus di lempar ke atas.......feelingnya lebih mudah dapet kalo hand launch....
cuma......seeerrreeeeeemmmmmmmmm!!!!
Tapi sayangnya.....untuk bisa tahu sweet spot, emang kuncinya di saat handlaunch.......dimana pada saat berat pesawat sama dgn thrust, pesawt bisa dilepas tanpa harus di lempar ke atas.......feelingnya lebih mudah dapet kalo hand launch....
cuma......seeerrreeeeeemmmmmmmmm!!!!
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Budi wrote:belajar hand launch.......saya itu masih takut hand launch, terlalu deket sama propeller..........mungkin nanti kalo udah piawai hover, baru mau handlaunch seperti Eyang Suhu......
Tapi sayangnya.....untuk bisa tahu sweet spot, emang kuncinya di saat handlaunch.......dimana pada saat berat pesawat sama dgn thrust, pesawt bisa dilepas tanpa harus di lempar ke atas.......feelingnya lebih mudah dapet kalo hand launch....
cuma......seeerrreeeeeemmmmmmmmm!!!!
Awasss hati-hati omm!! Ngga mau nakut-nakutin... cuman lebih baik jangan dicoba handlunch dulu kalo skill belum mantap...
Pesawat 3D mungkin karakternya terbangnya forgiven... tapi percayalah... semua type propeller/blade pasti unforgiven...!!
...jangan sampai kena musibah seperti saya om...
- Ary
- Master Sergeant
- Posts: 499
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Budi wrote:eidri wrote:blajar handlaunch....ntar ketemu sweet spotny....hehehehe.....
(maaf ya eyang....bongkar rahasia lagi....hehehehe...)
trus kalo ketemu sweet spotnya baru diatur throttle curvenya.....
throttle curvenya gak kaya heli dalam posisi idle, tapi di daerah sweet spot grafiknya cenderung dibikin linear (bener gak seh?)
jadi kalo kita gedein throttle psawatny gak langsung naek trus kal ngecilin gak langsung turun juga.....
Eidri, kemana aja...??.......
lebih tepatnya....dibikin datar pada 'sweet spot', karena rudder berada di stik yang sama dengan throttle (mode 2) jadi setiap kompensasi rudder, throttle biasanya terganggu......
seperti di Expo pada titik2 tertentu di curva........
Untuk yg Mode 1 kan throttle satu stik aileron,apakah tdk terganggu jg throttlenya ya bila kita kompensasi aileronnya Om ?
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly
Ary wrote:Untuk yg Mode 1 kan throttle satu stik aileron,apakah tdk terganggu jg throttlenya ya bila kita kompensasi aileronnya Om ?
kalau dari logikanya....seharusnya sama Oom, soalnya sweet spot setting hanya utk throttle....jadinya tetep diberlakukan sama kurvanya.........hal ini untuk menghindari aileron menggangu sweet spot throttle position pada saat mengkompensasi Aileron supaya nggak masuk torque roll pada saat hover.........
Eyang suhu mana neeeh?.......saya jadi berasumsi .........
Oom AA, thanks remindernya.......setuju banget, SAFETY FIRST.......!!