SAFETY RULES
Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Kita setting engine pesawat dari sampingpun ada bahayanya, kemaren waktu menyettingkan needlevalve punya Mr.Wawan malah saya kena kerikil yang tersedot propeller yang full throttle pas didahi saya, bisa Anda bayangkan kerikil kecil bisa masuk ke dahi dan baru tiga hari kemudian ketauan masih ada kerikilnya dibekas luka. Dan masih untung nggak kena mata.
- Bambang Suroto
- trainee
- Posts: 12
- Joined: 02 Aug 2007, 01:57
- Location: Cilacap Jawa Tengah
- Syafik
- Major General
- Posts: 4021
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Terimakasih buat para senior yang memberi input dan informasi yang sangat berharga, bisa dijadikan pedoman lain kali kalai untuk lebih berhati terhadap segala resiko yang terjadi di hobby ini...
Pertanyaan saya, bagaimana kalau adjust throtle untuk heli engine, apakah blade saja yang dicopot atau dg flybarnya... karena cukup berbahaya kalau udah full speed
Pertanyaan saya, bagaimana kalau adjust throtle untuk heli engine, apakah blade saja yang dicopot atau dg flybarnya... karena cukup berbahaya kalau udah full speed
- x wing
- Senior Airman
- Posts: 109
- Joined: 06 Mar 2007, 10:23
- Location: Pamulang
- Contact:
- aamwood
- Senior Airman
- Posts: 108
- Joined: 04 May 2007, 22:23
Aku kasih saran yah .... cuman saran saja ...
Kalu main heli, usahakan jangan pakai blade grip plastic. Kalau bisa upgrade ke metal. Heli merk apapun juga aku sarankan ganti ke metal saja.
Soalnya aku pernah ngalamin. Blade lepas sampai 30 meter karena blade grip plasticnya pecah. Padahal dari luar dak kelihatan ada cacatnya. Dan blade grip itu juga baru dipakai terbang kurang dari 30 kali. Jadi hati hati.
Kalu main heli, usahakan jangan pakai blade grip plastic. Kalau bisa upgrade ke metal. Heli merk apapun juga aku sarankan ganti ke metal saja.
Soalnya aku pernah ngalamin. Blade lepas sampai 30 meter karena blade grip plasticnya pecah. Padahal dari luar dak kelihatan ada cacatnya. Dan blade grip itu juga baru dipakai terbang kurang dari 30 kali. Jadi hati hati.
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Bila terjadi lost contact saat heli menjelang takeoff...
Bila terjadi "lost contact" (karena batt lepas, Rx or Tx error) pada helicopter pada saat heli menjelang take off, kondisi: Heli masih ditanah tapi rpm main blade sudah lumayan tinggi putarannya... Ada beberapa tips untuk menghentikannya:
1. Jangan panik.. dan Jangan sekali-kali mencoba mengentikan dengan menekan center rotor dgn tangan!
Segera Buka baju dan lempar ke mainrotor, baju akan otomatis ngelibet di mainrotor dan blades akan berhenti berputar.
2. Apabila rpm masih low (blades belum terlalu kencang berputar), segera ambil bambu panjang dan masukan dengan cepat dan tepat ke sela-sela landing skid pada heli... selanjutnya bambu tsb diberi pemberat kiri&kanannya supaya heli tdk bisa terbang (bambu bisa diinjak oleh dua orang) dan tunggu sampai bbm di tangki habis...
3. Apabila situasi tidak terkendali, dan kedua cara diatas tidak berhasil... segera ambil batu, toolbox atau kayu dan segera HANCURKAN heli... cara ini cukup beresiko karena pecahan blade bisa mengenai tubuh...
Tips diatas saya dapat dari seorang pilot heli senior... (it's TOO LATE for me... but not too late for others pilots!)
1. Jangan panik.. dan Jangan sekali-kali mencoba mengentikan dengan menekan center rotor dgn tangan!
Segera Buka baju dan lempar ke mainrotor, baju akan otomatis ngelibet di mainrotor dan blades akan berhenti berputar.
2. Apabila rpm masih low (blades belum terlalu kencang berputar), segera ambil bambu panjang dan masukan dengan cepat dan tepat ke sela-sela landing skid pada heli... selanjutnya bambu tsb diberi pemberat kiri&kanannya supaya heli tdk bisa terbang (bambu bisa diinjak oleh dua orang) dan tunggu sampai bbm di tangki habis...
3. Apabila situasi tidak terkendali, dan kedua cara diatas tidak berhasil... segera ambil batu, toolbox atau kayu dan segera HANCURKAN heli... cara ini cukup beresiko karena pecahan blade bisa mengenai tubuh...
Tips diatas saya dapat dari seorang pilot heli senior... (it's TOO LATE for me... but not too late for others pilots!)
- Redblur
- Captain
- Posts: 1654
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 730
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Redblur wrote:Apa.......batu???
kejadian ini pernaqh terjadi di cinere
Lepton lost contact karena batrai TX habis heheheh
aku ama om gundul400 bingung di apain
dia nekat deh.......berhasil heheh
Nekatnya gimana Om? ada tips & trick cara jinakkan heli dgn kondisi spt itu? Lepton kalo lagi fullspeed RPM nya tinggi banget... tangan kalo kesambar pasti buntung! Untung saat itu tidak terjadi apa-apa pada om gundul....
btw, Cara ke-3 dari tips yg saya tulis adalah pilihan terakhir... karena kondisi spt itu sgnt kritis sehingga pilot harus bertindak cepat sebelum heli mengudara!