SAFETY RULES

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kita setting engine pesawat dari sampingpun ada bahayanya, kemaren waktu menyettingkan needlevalve punya Mr.Wawan malah saya kena kerikil yang tersedot propeller yang full throttle pas didahi saya, bisa Anda bayangkan kerikil kecil bisa masuk ke dahi dan baru tiga hari kemudian ketauan masih ada kerikilnya dibekas luka. Dan masih untung nggak kena mata.
User avatar
Bambang Suroto
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 02 Aug 2007, 01:57
Location: Cilacap Jawa Tengah

Post by Bambang Suroto »

Memang kita selalu beruntung terus ya pak Sudja'i... kena dahi untung aja nggak kena mata... untung aja mata di kacain.. he 3x.


_______________________________________
Ada niat ada usaha....terbanglah pesawatku....
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Terimakasih buat para senior yang memberi input dan informasi yang sangat berharga, bisa dijadikan pedoman lain kali kalai untuk lebih berhati terhadap segala resiko yang terjadi di hobby ini...

Pertanyaan saya, bagaimana kalau adjust throtle untuk heli engine, apakah blade saja yang dicopot atau dg flybarnya... karena cukup berbahaya kalau udah full speed
User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

kalo menurut ku blade aja yang di lepas :-)

(xixiixxii wong belom pernah pake heli engine ko' kasih saran)
User avatar
aamwood
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 04 May 2007, 22:23

Post by aamwood »

Aku kasih saran yah .... cuman saran saja ...
Kalu main heli, usahakan jangan pakai blade grip plastic. Kalau bisa upgrade ke metal. Heli merk apapun juga aku sarankan ganti ke metal saja.

Soalnya aku pernah ngalamin. Blade lepas sampai 30 meter karena blade grip plasticnya pecah. Padahal dari luar dak kelihatan ada cacatnya. Dan blade grip itu juga baru dipakai terbang kurang dari 30 kali. Jadi hati hati.
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau setting needle valve di engine Raptor50 saya selalu memakai Temperatur Gun untuk memonitor panas mesin, kalau terlalu panas di rich, dan yang mudah bila habis terbang kita pegang backplate engine bila masih bisa kepegang artinya mesin tidak terlalu panas.
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Bila terjadi lost contact saat heli menjelang takeoff...

Post by AgoesAurelz »

Bila terjadi "lost contact" (karena batt lepas, Rx or Tx error) pada helicopter pada saat heli menjelang take off, kondisi: Heli masih ditanah tapi rpm main blade sudah lumayan tinggi putarannya... Ada beberapa tips untuk menghentikannya:
1. Jangan panik.. dan Jangan sekali-kali mencoba mengentikan dengan menekan center rotor dgn tangan!
Segera Buka baju dan lempar ke mainrotor, baju akan otomatis ngelibet di mainrotor dan blades akan berhenti berputar.
2. Apabila rpm masih low (blades belum terlalu kencang berputar), segera ambil bambu panjang dan masukan dengan cepat dan tepat ke sela-sela landing skid pada heli... selanjutnya bambu tsb diberi pemberat kiri&kanannya supaya heli tdk bisa terbang (bambu bisa diinjak oleh dua orang) dan tunggu sampai bbm di tangki habis...
3. Apabila situasi tidak terkendali, dan kedua cara diatas tidak berhasil... segera ambil batu, toolbox atau kayu dan segera HANCURKAN heli... cara ini cukup beresiko karena pecahan blade bisa mengenai tubuh...

Tips diatas saya dapat dari seorang pilot heli senior... (it's TOO LATE for me... but not too late for others pilots!)
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

Apa.......batu???

kejadian ini pernaqh terjadi di cinere

Lepton lost contact karena batrai TX habis heheheh


aku ama om gundul400 bingung di apain

dia nekat deh.......berhasil heheh
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 730
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

wah... ngeri juga ya kalo sampai kejadian ginian.. teringat cerita yang heli engine.. tiba2 ketekan full throtel dalam ruangan... yg bersangkutan berlarian keluar nunggu sampe bbmnya abis ... kekekkee
sapa itu ya? hehehe ada yang tau??
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Redblur wrote:Apa.......batu???

kejadian ini pernaqh terjadi di cinere

Lepton lost contact karena batrai TX habis heheheh


aku ama om gundul400 bingung di apain

dia nekat deh.......berhasil heheh


Nekatnya gimana Om? ada tips & trick cara jinakkan heli dgn kondisi spt itu? Lepton kalo lagi fullspeed RPM nya tinggi banget... tangan kalo kesambar pasti buntung! Untung saat itu tidak terjadi apa-apa pada om gundul....

btw, Cara ke-3 dari tips yg saya tulis adalah pilihan terakhir... karena kondisi spt itu sgnt kritis sehingga pilot harus bertindak cepat sebelum heli mengudara!
Post Reply