SAFETY RULES
Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
SAFETY RULES
Mohon masukan teman2 semua apa aja yg mesti kita perhatikan, mulai dari persiapan sampe landing .
Harapan semua tentunya kita bisa terbang dg aman, karena walau pesawat nya kecil, bertenaga elektrik dan terbuat dari gabus, tetep aja ada resiko mencederai baik penonton maupun pilotnya sendiri
Selain itu dg menjamurnya banyak LHS/toko hobby yg jual pesawat/hely elektirk yg terjangkau, maka orang makin mudah mendapatkan barang2 ini yg diiklankan bisa dimainkan dimana saja tanpa perlu lapangan yg luas.
Hal diatas tentu saja mesti menjadi perhatian kita bersama, dan juga mohon bantuan LHS yg ada di forum ini untuk mengenalkan saftey rules ini kepada calon pembelinya, terutamapembeli pemula.
Terima kasih
Harapan semua tentunya kita bisa terbang dg aman, karena walau pesawat nya kecil, bertenaga elektrik dan terbuat dari gabus, tetep aja ada resiko mencederai baik penonton maupun pilotnya sendiri
Selain itu dg menjamurnya banyak LHS/toko hobby yg jual pesawat/hely elektirk yg terjangkau, maka orang makin mudah mendapatkan barang2 ini yg diiklankan bisa dimainkan dimana saja tanpa perlu lapangan yg luas.
Hal diatas tentu saja mesti menjadi perhatian kita bersama, dan juga mohon bantuan LHS yg ada di forum ini untuk mengenalkan saftey rules ini kepada calon pembelinya, terutamapembeli pemula.
Terima kasih
- tn
- Staff Sergeant
- Posts: 229
- Joined: 17 Jan 2007, 17:44
- Location: seribu sungai (Banjarmasin)
- Contact:
kuncinya satu om...
setiap newbee yg akan mulai main/masuk dalam hoby ini,kita jelaskan.bahwa ini bukan main anak kecil.semua resiko yg bakal terjadi adalah ini....ini..ini....
pattern terbang juga harus mulai di kenalkan sejak dini,contohnya : ga boleh terbang secara lingkaran (terbang dg pattern lingkaran : badan pilotnya muter ngikuti pesawatnya).ga boleh terbang di atas shelter,penonton,parkir...
untuk pattern terbang yg benar (sepertinya ini sudah baku dalam aeromodelling) adalah 60 drajat kiri pilot,60 derajat kanan pilot.dilarang keras terbang pesawat di belakang pilot
titik point pilot berdiri harus di tempat yg telah dtentukan (ga boleh di shelter,apalagi di hal parkir)
sebelum take off or landing...perhatikan (minimal ada yg memperhatikan) lalulintas orng/penonton)
gunakan/pasang jaring pengaman/pembatas antara runway dan titik point pilot berdiri.ini penting agar pilot ga kesana kemari saat pswtnya terbang..
yg ga kalah penting lagi agar para senior,lebih sering mengenalkan buku panduan pattern terbang yg dari FASI (rasanya dapat di download di web nya FASI)
mungkin ada om2ku yg lain yg pengen menambahkan ?! monggo
wasslam
tono
setiap newbee yg akan mulai main/masuk dalam hoby ini,kita jelaskan.bahwa ini bukan main anak kecil.semua resiko yg bakal terjadi adalah ini....ini..ini....
pattern terbang juga harus mulai di kenalkan sejak dini,contohnya : ga boleh terbang secara lingkaran (terbang dg pattern lingkaran : badan pilotnya muter ngikuti pesawatnya).ga boleh terbang di atas shelter,penonton,parkir...
untuk pattern terbang yg benar (sepertinya ini sudah baku dalam aeromodelling) adalah 60 drajat kiri pilot,60 derajat kanan pilot.dilarang keras terbang pesawat di belakang pilot
titik point pilot berdiri harus di tempat yg telah dtentukan (ga boleh di shelter,apalagi di hal parkir)
sebelum take off or landing...perhatikan (minimal ada yg memperhatikan) lalulintas orng/penonton)
gunakan/pasang jaring pengaman/pembatas antara runway dan titik point pilot berdiri.ini penting agar pilot ga kesana kemari saat pswtnya terbang..
yg ga kalah penting lagi agar para senior,lebih sering mengenalkan buku panduan pattern terbang yg dari FASI (rasanya dapat di download di web nya FASI)
mungkin ada om2ku yg lain yg pengen menambahkan ?! monggo
wasslam
tono
- ucha
- Airman First Class
- Posts: 96
- Joined: 19 Jan 2007, 09:29
- Location: Manado - Sulut
- kucing
- Senior Master Sergeant
- Posts: 576
- Joined: 20 Jan 2007, 12:04
- Location: BINTARO
Sefety udah jelas disebutin om2x ku diatas....cuma nambahin aja nih...dan biasanya jadi penyebab Crash..dan menyangkut perasaan(hati)
1. Ragu2x....mending jangan terbang(perasaan hati ndak enak)
2. Terlalu Percaya Diri yg berlebihan...(lupa akan bahaya)
Karena menurut saya main Aeromodelling kaya menghayati...jadi pasti main perasaan.......kalau salah ya maaf ya om...
1. Ragu2x....mending jangan terbang(perasaan hati ndak enak)
2. Terlalu Percaya Diri yg berlebihan...(lupa akan bahaya)
Karena menurut saya main Aeromodelling kaya menghayati...jadi pasti main perasaan.......kalau salah ya maaf ya om...

- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 740
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
Sedikit tambahan Safety First
sedikit tambahan..
1. Jangan melakukan manuver yang terlalu ekstrim jika memang belum terampil.
2. Jangan memaksakan diri untuk menerbangkan pesawat jika lapangan tidak memungkinkan.. misalnya sudah banyak dipakai orang untuk berolah raga.. (ini sudah kami terapkan di saat latihan terbang.. jika situasi tidak memungkinkan kami batal terbang dan hanya ngobrol di tepi lapangan sambil membahas aeromodelling)
3. Jangan mengerjai teman yang sedang nonton dengan cara menerbangkan pesawat terlalu rendah seolah2 mau menyambar teman.. (hahaha. kalo yang satu ini sudah cukup pengalaman sekali saja... hampir jadi korban pilot yang niatnya cuman main2.. alhasil para penonton pada tiarap di rumput dan berhamburan... cukup sekali ya... sapa nih?? )
4. Landing juga perlu diperhatikan.. ini pengalaman sendiri.. karena landing yang kurang safe akhirnya WD nubruk ke pinggang orang yang lagi jalan.. weleh.. jadi malu nih...
sekian dari saya..
1. Jangan melakukan manuver yang terlalu ekstrim jika memang belum terampil.
2. Jangan memaksakan diri untuk menerbangkan pesawat jika lapangan tidak memungkinkan.. misalnya sudah banyak dipakai orang untuk berolah raga.. (ini sudah kami terapkan di saat latihan terbang.. jika situasi tidak memungkinkan kami batal terbang dan hanya ngobrol di tepi lapangan sambil membahas aeromodelling)
3. Jangan mengerjai teman yang sedang nonton dengan cara menerbangkan pesawat terlalu rendah seolah2 mau menyambar teman.. (hahaha. kalo yang satu ini sudah cukup pengalaman sekali saja... hampir jadi korban pilot yang niatnya cuman main2.. alhasil para penonton pada tiarap di rumput dan berhamburan... cukup sekali ya... sapa nih?? )
4. Landing juga perlu diperhatikan.. ini pengalaman sendiri.. karena landing yang kurang safe akhirnya WD nubruk ke pinggang orang yang lagi jalan.. weleh.. jadi malu nih...
sekian dari saya..
- NF
- Administrator
- Posts: 4082
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
rules yang di ajarkan oleh senior saya..alm bpk Andy widodo...
1. jangan terbang di atas penonton
2.selalu periksa perlengkapan model ( batere tx dan rx yg utama), kondisi dari pesawat / model itu sendiri
3. perhatikan kondisi lapangan
4.biasakan terbang dgn teman/"buddy", jangan seorang diri krn temen bisa sbg"tukang pikir"
5. cukup istirahat sbl terbang
6. jika habis crash, usahakan check total dari pesawat/heli dan kalo perlu konsultasikan dgn teman lain
7. p3k jangan lupa
8.sosialisasikan "safety flyer"
....mungkin bisa di tambahkan lagi atau jika ada yg salah mohon di koreksi....
1. jangan terbang di atas penonton
2.selalu periksa perlengkapan model ( batere tx dan rx yg utama), kondisi dari pesawat / model itu sendiri
3. perhatikan kondisi lapangan
4.biasakan terbang dgn teman/"buddy", jangan seorang diri krn temen bisa sbg"tukang pikir"
5. cukup istirahat sbl terbang
6. jika habis crash, usahakan check total dari pesawat/heli dan kalo perlu konsultasikan dgn teman lain
7. p3k jangan lupa
8.sosialisasikan "safety flyer"
....mungkin bisa di tambahkan lagi atau jika ada yg salah mohon di koreksi....
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- NF
- Administrator
- Posts: 4082
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
add.....
9.bagi yang pakai tali gantungan tx..., hati hati waktu start engine, adjust needle krn talinya bisa tersedot arus udara ke propeller...
10. biasakan adjusting dari belakang propeller (arah dari pesawat) jangan dari depan.
11. hati hati KOBA / FOD .(Kerusakan Oleh Benda Asing / Foreign Object Damage) = batu kecil, kertas atau bahkan obeng kecil yg tersedot arus udara propeller..
12.selalu check frequency clear ? sebelum hidupin tx kita.
9.bagi yang pakai tali gantungan tx..., hati hati waktu start engine, adjust needle krn talinya bisa tersedot arus udara ke propeller...
10. biasakan adjusting dari belakang propeller (arah dari pesawat) jangan dari depan.
11. hati hati KOBA / FOD .(Kerusakan Oleh Benda Asing / Foreign Object Damage) = batu kecil, kertas atau bahkan obeng kecil yg tersedot arus udara propeller..
12.selalu check frequency clear ? sebelum hidupin tx kita.
- x wing
- Senior Airman
- Posts: 118
- Joined: 06 Mar 2007, 10:23
- Location: Pamulang
- Contact:
Naaahhh ini nih.. aku mau bagi pengalaman....
Semenjak aku tau aeromodelling sekitar tahun 1986 (pa' Dahlan di TVRI) dan meng-Explore hampir semua Toko Hobby di Jakarta, yang punya Toko atau pelayan nya; kenapa mereka ngga' respon mengenai hal2x sepele padahal sebenar nya PENTING seperti Hobby ini bukan Mainan biasa...
Rata2x toko2x yang aku singgahi, mereka kurang/tidak mencium calon pembeli ini masih nol besar, setengah2x, atau Pengalaman mengenai Hobby ini.... alhasil aku nya yang agresif nanya...
nah PESAN ku untuk semua pemilik Toko Hobby di seluruh indonesia ; jangan segan2x nge-"Bawelin" pada calon pembeli dengan tujuan SAFETY RULES tertanam di benak nya...
IRONIS nya ada beberapa Toko2x hobby di Jakarta... pemilik atau pelayan nya DIAAAAMMM aja (pasang muka Rusia/Jutek) seolah menyepelekan calon pembeli (gw sumpain ga laku lo dagangannye (kidding))..
jadi terbesit di fikiran ku untuk mengaget kan mereka...dan berteriak di depan mereka "Hey.. kalo jualan itu pasang muka ramah dan santun donk"
PESAN tambahan
jangan gara2x hal sepele SAFETY RULES ga sampai pada calon pembeli 
Semenjak aku tau aeromodelling sekitar tahun 1986 (pa' Dahlan di TVRI) dan meng-Explore hampir semua Toko Hobby di Jakarta, yang punya Toko atau pelayan nya; kenapa mereka ngga' respon mengenai hal2x sepele padahal sebenar nya PENTING seperti Hobby ini bukan Mainan biasa...
Rata2x toko2x yang aku singgahi, mereka kurang/tidak mencium calon pembeli ini masih nol besar, setengah2x, atau Pengalaman mengenai Hobby ini.... alhasil aku nya yang agresif nanya...
nah PESAN ku untuk semua pemilik Toko Hobby di seluruh indonesia ; jangan segan2x nge-"Bawelin" pada calon pembeli dengan tujuan SAFETY RULES tertanam di benak nya...
IRONIS nya ada beberapa Toko2x hobby di Jakarta... pemilik atau pelayan nya DIAAAAMMM aja (pasang muka Rusia/Jutek) seolah menyepelekan calon pembeli (gw sumpain ga laku lo dagangannye (kidding))..
jadi terbesit di fikiran ku untuk mengaget kan mereka...dan berteriak di depan mereka "Hey.. kalo jualan itu pasang muka ramah dan santun donk"
PESAN tambahan


- Charles
- Senior Master Sergeant
- Posts: 706
- Joined: 30 Jul 2007, 16:56
- Location: Surabaya
Pengalamanku koq beda ya sama Bung X wing. Setiap masuk hobby shop yang belum kenal, pasti ditanya "udah pernah terbang apa belum", "udah nerbangin pesawat apa aja", dll. Malah pernah ada teman yang baru memulai hobby ini, langsung menawar Mustang yang engine, ditolak yang jual. Si teman ngotot sampe nunjukin duit (biar yang jual tau kalo dia sanggup beli), tetap saja ditolak. Paling tidak saya sudah ngalamin ini di beberapa toko. Pernah juga sih ngalami yang punya toko cuek bebek, yang penting barang laku...
Sedikit tambahan untuk keamanan terbang :
1. Cek baterai tx dan rx sebelum terbang, untuk menghindari hilang kontrol. Kalau hilang kontrol biasanya pesawat landing seenaknya, gak peduli itu genteng rumah, kepala orang, mobil dll. Yang jelas dia jarang milih runway....
2. Kalau terbang lebih dari satu pesawat supaya diperhatikan arah terbang, bila perlu dibuat jalur terbang untuk menghindari tabrakan. Tabrakannya gak bahaya, tapi habis tabrakan pesawat terpental kemana, itu yang bahaya. Sekali lagi, dia agak enggan milih runway...
Sedikit tambahan untuk keamanan terbang :
1. Cek baterai tx dan rx sebelum terbang, untuk menghindari hilang kontrol. Kalau hilang kontrol biasanya pesawat landing seenaknya, gak peduli itu genteng rumah, kepala orang, mobil dll. Yang jelas dia jarang milih runway....
2. Kalau terbang lebih dari satu pesawat supaya diperhatikan arah terbang, bila perlu dibuat jalur terbang untuk menghindari tabrakan. Tabrakannya gak bahaya, tapi habis tabrakan pesawat terpental kemana, itu yang bahaya. Sekali lagi, dia agak enggan milih runway...